Menu
EF English First

Perbedaan Learn dan Study

vocabularykosakata
2020.04.20

Kata “study” dan “learn” memiliki arti yang sama, yaitu belajar atau mempelajari. Namun sebenarnya ada perbedaan dalam penggunaannya.

STUDY

Study adalah mempelajari, misalnya mempelajari sejarah, menghafal rumus matematika, menghafal angka, dan mempelajari biologi.

LEARN

Sementara itu, learn bukan sekedar mempelajari, learn adalah aktivitas untuk mendapatkan kemampuan.

CONTOH:

Ada dua orang bernama Tika dan Tini. Keduanya ingin belajar tentang fashion. Tika kemudian mempelajari pola jahit, bagaimana menggunting, membentuk pola, dan membaca majalah tentang fashion. Tika mempelajari pola pakaian yang baik.

Dalam hal ini Tika study, karena ia hanya mempelajari tanpa mendapat kemampuan menjahit. Ia hanya tahu dari majalah dan hanya teori.

Sedangkan Tini, di bawah pengawasan ibunya ia belajar menjahit. Ia belajar menjahit dari bahan kain yang murah. Pertama ia membuat pakaian untuk anak kecil. Potongan kainnya juga masih kecil. Secara bertahap, ia membuat pola pakaian dan belajar menggunting kain. Setelah itu ia menjahit kedua sisi. Dalam waktu 6 minggu, Tini sudah bisa menjahit pakaian untuk anak kecil.

Dalam hal ini Tini learn, karena ia mempelajari suatu ilmu sampai ia bisa mempraktekan.


Itu dia perbedaan antara study dan learn. Ingin belajar lebih banyak tentang bahasa Inggris? Yuk, kamu bisa simak artikel lainnya yang ada di EF Blog.

Selain itu, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan hanya di EF.