Menu
perbedaan sometime
Grammar and Vocabulary

Perbedaan Kata Sometime, Sometimes, dan Some Time

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.10.29

Pernah tidak kamu mendengar atau membaca kata sometime, sometimes, dan some time dalam waktu yang bersamaan? Kira-kira, apa perbedaan dari frasa tersebut?

Meskipun cara pelafalan ketiganya sama, terdapat perbedaan makna yang berpotensi membuat orang bingung apa maksud dari kalimat yang kita gunakan. Oleh karena itu, yuk kita pelajari bersama perbedaan dan cara penggunaan dari sometime, sometimes, dan some time. 😉

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Arti Sometime

Pada dasarnya, sometime lebih mengacu pada periode waktu tertentu yang berfungsi sebagai adverbs atau kata keterangan. Adverb ini merupakan kata yang menjelaskan verbs, adjectives, dan adverb lainnya.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, sometime memiliki arti sebagai “kapan-kapan”. Contoh kalimat penggunaannya sebagai berikut:

  • Can I visit your house sometime? (Bolehkah kapan-kapan saya mengunjungi rumahmu?)

  • Do you wanna come to Ben's house sometime? (Main ke rumah Ben kapan-kapan yuk?)

  • I'll play over to your house sometime (Kapan-kapan deh aku main ke rumahmu)

Arti Sometimes

Jika sometime memiliki arti “kapan-kapan”, maka sometimes diartikan “kadang-kadang”. Kedua kata ini memiliki arti yang berbeda dan jika kita salah menempatkan keduanya, kira-kira apa yang akan terjadi? Tentu, mereka yang mendengarkan atau membacanya akan berpikir tujuh kali tentang maksud yang kamu sampaikan.

Sometimes merupakan kata keterangan yang menjelaskan seberapa sering sesuatu yang dilakukan terjadi atau frekuensi dari apa dilakukan. Contoh kalimat penggunaannya sebagai berikut:

  • Sometimes he goes to school by bicycle (Kadang-kadang dia pergi ke sekolah dengan sepeda)

  • He likes to stay up late sometimes (Dia kadang-kadang suka sekali begadang)

  • He sometimes goes to Dubai for vacation (Dia kadang-kadang pergi Dubai untuk berlibur)

  • Sometimes, I have bad dreams when I'm sleeping. (Terkadang, aku bermimpi buruk setiap malam)

  • Sometimes he is cheerful, and sometimes he's not because he misses his mother (Kadang-kadang dia ceria, kadang-kadang dia juga sangat sedih merindukan Ibunya)

Arti Some Time

Some time merupakan frasa yang diartikan “beberapa waktu” atau periode waktu maupun jangka waktu tertentu. Some merupakan adjective yang menjelaskan kata benda waktu.

Apabila kita menuliskan sometime dengan some time mungkin akan seperti ini,

  • It will take some time to have a discussion with you.

    (Akan memakan waktu beberapa lama untuk berdiskusi denganmu)

  • I will take sometime to have dinner with you next week

    (Aku akan kapan-kapan untuk makan malam dengan kamu minggu depan)

Berdasarkan dua kalimat di atas, sudah jelas bukan apa perbedaannya? Jadi, jangan sampai salah ya menggunakan kata some time dalam kalimat. Contoh kalimat penggunaannya yang benar sebagai berikut:

  • Can you spare some time to discuss our project tonight? (Bisakah kamu meluangkan waktu untuk mendiskusikan proyek kita malam ini?)

  • I baked cakes for Halloween. Would you take some time to have dinner at my house? (Aku memanggang kue untuk merayakan Halloween. Maukah kamu meluangkan waktu untuk makan malam di rumahku?)

Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa membedakan arti sometime, sometimes, dan some time? Ternyata ada banyak sekali loh kosakata dalam bahasa Inggris yang memiliki pelafalan sama namun artinya berbeda. Ada juga yang penulisannya sama, namun melafalkannya berbeda. Apa saja itu?

Jika kamu penasaran, ikutan kelas demo GRATIS belajar bahasa Inggris di EF yuk! Dijamin deh kamu dapat mempelajari kosakata baru dengan mudah dan cepat. Tentunya, akan diajarkan oleh guru-guru yang sangat profesional.

Oleh karena itu, buruan tag tempatmu sekarang juga sebelum kehabisannn!! 😱

Ben Small Stars
Author
Ben