Menu
perbedaan despite in spite
Grammar and Vocabulary

Perbedaan Despite dan In Spite of

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.16

Apakah kamu sering mendengar seseorang mengucapkan despite atau in spite of dalam bahasa Inggris? Keduanya digunakan dalam struktur kalimat yang sama. Lalu, apa perbedaan despite dan in spite of?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam bahasa Indonesia, despite dan in spite of memiliki arti ‘meskipun’ atau ‘walaupun’. Kedua kata ini kerap kita gunakan di kehidupan sehari-hari untuk memberikan keterangan dari kalimat yang dimaksud.

Pada dasarnya, despite dan in spite of diikuti oleh kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Meskipun kedua kata ini memiliki makna yang sama, sering sekali muncul di benak kita tentang kata apa yang tepat untuk digunakan dalam sebuah kalimat. Apakah despite atau in spite of?

Oleh karena itu untuk mengetahui perbedaan despite dan in spite of, simak artikel ini sampai tuntas ya!

Despite

Despite lebih sering digunakan dalam kalimat yang formal. Kata ini digunakan untuk memberikan keterangan dengan kesan yang membandingkan antar kalimat. Pola kalimat despite ialah sebagai berikut:

Despite + noun phrase

Contoh kalimat memakai kata despite:
  • Ben went to school despite the rain (Ben pergi ke sekolah meskipun hujan)

  • Despite eating candy and chocolate regularly, Elise remained slim (Meski rutin makan permen dan cokelat, Elise tetap langsing)

  • Despite being on a diet, she ate a lot (Meskipun dia sedang diet, dia makan terlalu banyak)

  • Ben has to smile despite being sad (Ben harus tersenyum meski sedang sedih)

In Spite of

Perbedaan yang paling mendasar antara in spite of dan despite adalah konteks pengucaannya. Ada beberapa idiom yang tidak dapat dipisahkan dengan in spite of. Walau pada dasarnya, pola kaliimat in spite of tidak jauh berbeda dengan despite, yaitu:

In spite of + noun phrase

Contoh kalimat memakai kata in spite of:
  • Ben went to school in spite of the rain (Ben pergi ke sekolah meskipun hujan)

  • In spite of eating candy and chocolate regularly, Elise remained slim (Walaupun rutin makan permen dan cokelat, Elise tetap langsing)

  • In spite of her being on a diet, she ate too much (Walaupun dia sedang diet, dia makan terlalu banyak)

  • Ben has to smile in spite of being sad (Ben harus tersenyum walau sedang sedih)

Despite dan in spite of dalam bahasa Inggris merupakan kata sinonim. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi akan salah kata dalam kalimat yang kamu gunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan despite dan in spite of.

Apabila masih ragu dan takut terjebak dengan banyaknya kosakata bahasa Inggris yang hampir sama, kamu juga bisa loh bertanya langsung pada guru di kelas demo GRATIS EF untuk mempelajari perbedaannya dengan cepat dan mudah.

Selain itu, cara mendaftarnya sangat mudah! Hanya dengan isi nomor telepon dalam formulir di halaman ini, kamu sudah bisa menjadi bagian dari kelas demo GRATIS di EF.

Jika tidak sekarang, kapan lagi? Yuk, DAFTAR SEKARANG JUGA!

Ben Small Stars
Author
Ben