Menu
cara deteksi hoax
News and Lifestyle

Perangi Hoax! Kenali Hoax dan Cara Menghindarinya

2021.08.31

Istilah hoax mungkin sudah sering kalian dengar. Baik di dunia maya atau di berbagai berita, kata-kata hoax sering muncul untuk mengindikasikan adanya berita atau informasi palsu yang tersebar.

Hoax yang tersebar secara terus menerus bisa berbahaya, karena adanya informasi salah yang bisa merugikan jika dibiarkan. Jangan sampai kalian mudah percaya dan termakan dengan adanya berbagai berita hoax.

Untuk itu, ayo kita pelajari bersama bagaimana untuk mengenali hoax dan bagaimana cara menghindarinya.

Simak baik-baik ya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Deteksi Hoax Sejak Dini

hoax internet

Jika kita melihat apakah suatu berita atau informasi merupakan berita palsu ada beberapa ciri yang biasanya terlihat jelas.

Pertama, kamu bisa melihat dari judul berita yang ditampilkan. Berita palsu biasanya memiliki judul berita yang bombastis, subjektif, dan cenderung dibesar-besarnya. Apabila kamu sudah melihat judul berita seperti ini lakukan kesesuaian dengan isi berita.

Berita yang mengandung hoax juga biasanya diterbitkan oleh situs atau website yang tidak kredibel sumbernya. Di sini kita perlu pintar untuk mencermati sumber berita tersebut situs yang akurat atau tidak.

Berikutnya jika berita menunjukkan sebuah foto atau video, kamu perlu waspada dan teliti untuk melihat keaslian dari foto dan video tersebut. Bisa jadi, foto dan video yang ditampilkan sudah diedit sedemikian rupa sehingga tidak jelas keasliannya.

Cara Menghindari Berita Hoax?

memerangi berita palsu

Jika kamu sudah tahu bahwa berita tersebut merupakan berita hoax, yang perlu kamu lakukan adalah STOP untuk menyebarluaskan dan mengirim berita itu ke orang lain. Hal ini supaya kamu tidak turut jadi salah satu penyebar hoax yang bisa merugikan orang banyak.

Perlu diingat bahwa sekarang sudah banyak situs untuk mendeteksi hoax yang bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa memanfaatkan mesin pencarian Google untuk mendeteksi gambar dan video merupakan hoax atau bukan.

Jadi, jangan mudah percaya dengan adanya informasi-informasi yang banyak tersebar.

Pastikan kamu lakukan recheck supaya memastikan berita tersebut akurat sebelum kamu menyebarkannya untuk orang lain. Pastikan juga bahwa sumber informasi yang kamu terima berasal dari sumber yang kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, kamu pasti tidak ingin menjadi orang yang turut menyebarkan hoax ‘kan? Jadilah pelajar yang cermat, teliti, dan juga waspada. Dan yang paling penting jangan mudah untuk termakan berita hoax!

Kalau informasi yang satu ini jaminan bukan merupakan hoax, yup kamu bisa mendapatkan kelas demo secara GRATIS hanya dengan klik tombol berwarna pink pada halaman ini, dan masukkan nomor telepon yang kamu miliki.

Dengan bergabung dengan EF, kamu bisa mendapatkan belajar materi bahasa Inggris yang seru dan menyenangkan! Kamu juga akan dibimbing oleh guru-guru profesional sehingga kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat!

Menarik ‘kan?

Yuk segera bergabung dengan EF!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas