Menu
pentingnya bahasa Inggris
Education Advice

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan

2020.04.16

Di era global seperti sekarang ini, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasional seperti bahasa inggris sudah sangat tersebar luas, tentunya untuk para calon entrepreneur dan pencari kerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa Inggris agar bisa mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini.

Seperti Apa Pengaruh Bahasa Iggris di Dunia Internasional?

Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia.

Setiap hari, jutaan orang menggunakan bahasa inggris di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Ketika kepala negara saling bertemu dalam konferensi tingkat dunia, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling sering digunakan.

Begitu pula saat orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka.

Jika kamu masih duduk dibangku sekolah maupun kuliah, maka kamu mempunyai kesempatan untuk mempelajari dan menguasai bahasa Inggris.

Jika kamu sudah lulus dari sekolah maupun perguruan tinggi, kamu seharusnya sudah siap memasuki dunia kerja dengan skill bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh tempat kamu bekerja.

Bagi yang sudah menjadi karyawan, keterampilan berbahasa Inggris bisa terus ditingkatkan. Dengan skill bahasa Inggris yang baik, kariermu kemungkinan besar akan terus menanjak.

Jika kamu bekerja di perusahaan asing, maka tuntutan keterampilan bahasa Inggris lebih besar lagi.

Berkomunikasi via e-mail atau conference call dengan perusahaan pusat ataupun perusahaan cabang di negara lainnya menjadi pekerjaaan sehari-hari bagi mereka yang bekerja di perusahaan asing. Semuanya menggunakan bahasa internasional: yaitu bahasa asing.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris di Indonesia

kemampuan bahasa inggris indonesia

Menurut riset, kemampuan bahasa Inggris memiliki kaitan erat dengan kemajuan suatu negara. Kultur dalam satu negara juga dapat berubah seiring dengan keterbukaan mereka terhadap informasi, yang didapatkan dengan inisiatif para warga-nya untuk mendapatkan sumber berita yang kredibel, pengetahuan yang tidak mengenal batas hingga kecenderungan untuk membagikan topik-topik yang bersifat krusial.

Tidak berhenti sampai di sana, kaitan ini bahkan berpengaruh pada kondisi ekonomi dan jumlah pendapatan. Menurut data bank dunia pada tahun 2017, pendapatan bersih per kapita memiliki kesinambungan dengan kemampuan bahasa Inggris suatu negara. Semakin baik kemampuannya, semakin tinggi pula pendapatan yang didapatkan.

Pendapatan per kapita di Indonesia berada di peringkat sangat rendah walau kemampuan bahasa Inggris-nya berada satu level di atasnya. Tingginya angka populasi di Indonesia juga menyumbang peran dalam rata-rata keseluruhan.

PNB per kapita dan penetrasi internet di Indonesia memiliki angka di bawah rata-rata global.

Hal ini menyiratkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kualitas bahasa Inggris sumber daya manusianya. Pendekatan yang masif dan pembangunan kesadaran akan peran bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia merupakan hal yang dibutuhkan sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Mempelajari bahasa ini bukan lagi menjadi satu kewajiban untuk mendapatkan nilai atau peringkat yang bagus di sekolah, namun juga sebagai pertahanan dalam menghadapi arus globalisasi yang kian menantang. Bahasa Inggris dapat membuka akses akan aset tanpa batas yang dibutuhkan oleh orang-orang di Indonesia.

Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dewasa ini, dengan kemudahan teknologi dan kompetisi yang semakin meningkat di sektor pendidikan komersil, seharusnya generasi penerus bangsa mempunyai banyak kesempatan untuk memperbaiki kualitas masing-masing.

Dalam memilah sumber pendidikan atau calon pengajar, patut diperhatikan cara mengajar yang paling efektif untuk perkembangan diri para peserta didik.

Guru yang mengajar harus mempunyai kompetensi yang dibutuhkan, sehingga ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Cara pengajaran pun harus disesuaikan dengan pola pembelajaran siswa-siswi di Indonesia. Dengan analisis dan perancangan kurikulum yang baik, diharapkan hal ini dapat menimbulkan kecenderungan bagi generasi penerus bangsa untuk menyukai pelajaran bahasa Inggris.

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku