Menu
penjelasan infinitive verb
Grammar and Vocabulary

Penjelasan Infinitive Verb beserta Contoh

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.11

Infinitive adalah kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda, kata sifat, atau kata keterangan. Fungsi dari infinitive verb adalah untuk menyatakan pendapat, tujuan suatu objek, tindakan, serta menjawab pertanyaan siapa, apa, atau mengapa.

Rumus dasar dari infinitive biasanya dimulai dengan kata “to” dan diikuti oleh bentuk dasar dari sebuah verb.

Nah, infinitive verb tidak terkonjugasi seperti bentuk kata kerja lainnya, sehingga akan tetap berbentuk infinitive dalam sebuah kalimat. Infinitive verb hadir dengan berbagai macam bentuk, jangan bingung simak penjelasan dan contoh kalimat infinitive verb berikut ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Infinitive Verbs sebagai Nouns

Bentuk infinitive dapat berfungsi sebagai nouns (kata benda) ketika mengikuti kata kerja tertentu. Fungsi dari infinitive verb dapat sebagai objek langsung atau objek tidak langsung.

Contoh:

  • I want to swim in the beach. (Saya ingin berenang di pantai)

  • To dance in the stage is her greatest dream. (Menari di atas panggung adalah impian terbesarnya)

2. Infinitive Verbs sebagai Adjectives

Ketika infinitive verbs bertindak sebagai adjectives (kata sifat) akan menggambarkan kata benda yang diikuti. Adjectives adalah kata yang memodifikasi (menambah atau menjelaskan) kata benda. Jadi, infinitive verbs berfungsi sebagai kata sifat ketika memodifikasi atau menjelaskan kata benda dalam sebuah kalimat.

Contoh:

  • The food I like to make is fried noodles. (Makanan favorit saya untuk dimasak adalah mie goreng)

  • Jesslyn wants a movie to watch. (Jesslyn menginginkan film untuk ditonton)

3. Infinitives Verbs sebagai Adverbs

Kata keterangan (adverbs) memodifikasi atau menjelaskan kata sifat, kata kerja, atau kata keterangan lainnya. Mereka memberikan informasi tambahan tentang apa, di mana, bagaimana, dan sejauh mana. Terkadang kata keterangan juga menjawab pertanyaan, “Mengapa?”

Infinitives verbs berfungsi sebagai kata keterangan ketika digunakan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kata sifat, kata kerja, atau kata keterangan lainnya dalam kalimat.

Contoh:

  • Dad is going to the supermarket to buy an apple (Ayah akan pergi ke swalayan untuk membeli apel)

  • I went to college to become an architect (Saya pergi berkuliah untuk menjadi seorang arsitek).

4. Bare Infinitives

Kamu telah melihat beberapa contoh kata kerja infinitif yang menyertakan kata "to" tetapi tidak semua infinitive ternyata menggunakan kata “to”. Ini dikenal sebagai bare infinitives, yang berfungsi dengan cara yang persis sama seperti infinitives verb. Mereka mengikuti modal auxiliary verbs (can, should, shall, would, will, could, may, might, dan sebagainya) dalam sebuah kalimat.

Bare infinitives berfungsi sebagai objek dari modal verbs dalam kalimat. Mereka berfungsi dengan cara yang sama dalam kalimat dengan kata kerja persepsi (hear, see, feel, sense) dan kata kerja izin (bid, let, need, know, help, had better, sooner than, would rather, dan sebagainya).

Contoh:

  • Robert might lend us his book.
    (Robert mungkin akan meminjamkan bukunya.)

  • I saw her run 5 laps.
    (Saya melihat dia berlari 5 putaran.)

  • My brother helps me do my homework.
    (Kakak saya membantu saya mengerjakan pekerjaan rumah.)

Nah, itu dia penjelasan infinitive verb dan contoh penggunaannya. Setelah mengetahui bentuk infinitive verb di atas, jangan lupa untuk berlatih sehingga kalian tidak bingung ketika menjumpainya.

Belajar bahasa Inggris menyenangkan bukan? Kalau kamu ingin lebih mahir dalam berbahasa Inggris, yuk bergabung dengan EF! Di EF kamu akan belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan dan metode yang unik.

Mempelajari bahasa Inggris akan lebih seru karena EF memiliki guru-guru berpengalaman yang pastinya akan membuat kamu lebih mudah memahami materi. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu karena bulan ini ada promo menarik. Sampai jumpa di kelas!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben