Menu
analytical exposition text
Reading and Writing

Penjelasan dan Tujuan Analytical Exposition Text

2020.04.03

Pengertian Analytical Exposition Text

Memahami struktur suatu teks atau kalimat adalah bagian penting dalam belajar bahasa Inggris. Selain bertujuan untuk memperkaya pengetahuan, menguasai bentuk teks dapat mempermudah kita dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Salah satu bentuk teks adalah Analytical Exposition Text. Analytical Exposition Text termasuk ke dalam jenis Argumentation Text, di mana teks tersebut menjelaskan tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang ada di sekitar.

Secara bahasa, “Analytical” bermakna memeriksa atau menguji sesuatu secara hati-hati. Dan “Exposition” memiliki arti penjelasan secara luas. Sehingga, secara harfiah, Analytical Exposition adalah teks yang mencoba untuk memberikan secara komprehensif atau menyeluruh tentang suatu masalah dengan menampilkan pendapat-pendapat pendukung secara hati-hati.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Struktur Kebahasaan

1. Thesis

Seperti halnya dengan jenis teks lain pada umumnya, thesis berisikan pandangan penulis mengenai suatu permasalahan secara sederhana. Bagian ini merupakan bagian perkenalan topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraf pertama dari Analytical Exposition Text.

2. Series of Argument

Bagian ini berisikan beberapa penjelasan lanjutan dari keterangan sederhana thesis. Dalam bagian ini penulis menghadirkan argumen atau pendapat yang mendukung ide pokok penulis. Semakin banyak argumen yang ditampilkan, maka pembaca akan semakin percaya bahwa topik yang dibahas adalah topik yang penting. Sebaiknya, pada bagian ini disajikan pendapat para ahli.

3. Conclusion/ Reiteration

Bagian ini merupakan bagian penutup yang selalu terletak pada bagian akhir paragraf yang berisikan penulisan kembali atau penempatan kembali ide pokok yang terdapat di paragraf pertama.

Tujuan Komunikatif

Tujuan utama dalam Analytical Exposition Text adalah mencoba meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penitng untuk dibahas atau metndapat perhatian dengan cara pemberian argumen atau pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tersebu. Di dalam Analytical Exposition Text tidak hanya mengandung satu argumen, namun dapat berisi beberapa argumen yang memiliki tujuan sama. Anda dapat menemukan contohnya dengan mudah pada editorial berita, teks iklan/ advertisement, pamflet, dan sebagainya.