Menu
EF English First

Penjelasan dan Contoh Exclamatory Sentence

grammartata bahasa
2020.04.29

Exclamatory sentence atau kalimat seruan merupakan tipe kalimat dalam bahasa Inggris yang menyatakan perasaan yang kuat (strong feeling) melalui seruan. Kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan seseorang tentang sesuatu secara spontan, perasaan bahagia, sedih, heran, dan sebagainya. Pada bagian akhir exclamatory sentence ini selalu diakhiri dengan tanda baca ‘!’ (exclamation mark/tanda seru).

Dalam kalimat bahasa Inggris, tipe kalimat lainnya adalah declarative, interrogative dan imperative sentence. Ketiga kalimat tersebut, terutama declarative sentence, jika diucapkan dengan intonasi yang sesuai dapat digunakan untuk membentuk exclamatory sentence.

PERBEDAAN EXCLAMATORY DAN IMPERATIVE SENTENCE

Exclamatory dan imperative sentence sama-sama digunakan untuk meminta atau memberikan perintah. Perbedaannya terletak pada tanda baca yang diletakkan pada bagian akhir di kedua tipe kalimat ini. Exclamatory sentence diakhiri dengan menggunakan tanda seru (!), sementara imperative sentence diakhiri tanda baca titik (.). Namun, terkadang imperative sentence perlu dinyatakan dengan emosi atau perasaan yang kuat. Pada situasi tersebut, imperative berubah menjadi exclamatory sentence.

Contoh imperative sentence:

  • Please don’t touch my doll.(Tolong jangan sentuh boneka saya).

Kalimat di atas secara sederhana meminta untuk tidak menyentuh boneka.

Contoh exclamatory sentence:

  • Don’t touch my doll! (Jangan menyentuh boneka saya!)

Kalimat tersebut menekankan bahwa menyentuh boneka adalah suatu hal yang tidak boleh dilakukan, yang mungkin saja dapat menyebabkan boneka rusak atau kotor.

CONTOH EXCLAMATORY SENTENCE

Berikut beberapa contoh exclamatory sentence yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • What a lovely eyes! (Alangkah indah matanya!)

  • What a very beautiful place! (Tempat yang sangat indah!)

  • Hey! Your mom comes! (Hei! Ibu Anda telah tiba!)

  • How lucky she is! (Betapa beruntungnya dia!)

  • It is a wonderful day! (Ini hari yang cerah!)

  • Oh, no! I did many mistakes last day! (Oh, tidak! Saya membuat banyak kesalahan kemarin!)

  • Watch out, Jeny! (Awas, Jeny!)

  • Don’t close the window! (Jangan tutup jendela itu!)

Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu exclamatory sentence dan bagaimana cara penggunaannya. Untuk kamu yang penasaran dengan materi bahasa Inggris lainnya, bisa langsung cek artikel yang ada di EF Blog.

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara langsung, juga bisa loh ikut kelas di EF. Yuk buruan daftar dengan isi nomor mu di kolom bawah yang sudah tersedia.