Menu
since dan while bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Penggunaan Since dan While dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.09.07

Pernahkah kamu mendengar tentang since dan while? Keduanya kerap digunakan sebuah aksi yang berlangsung secara bersamaan dengan aksi lainnya. Kira-kira kalimat apa yang cocok untuk menggunakan since dan while?

Sebelum itu, kamu perlu tahu dulu beberapa hal terkait subordinate conjunction. Terutama dalam penggunaan since dan while. Terdapat tujuh macam subordinate conjunction, yaitu berdasarkan waktu, tempat, pertentangan, sebab-akibat, syarat, dan cara.

Penggunaan since dapat menyatakan sebab/alasan/akibat dari suatu peristiwa. Sedangkan kata while digunakan untuk menyatakan contrast (pertentangan). Kita juga bisa menggunakan kedua kata ini untuk menunjukkan waktu.

Masih bingung cara penggunaan kedua kata tersebut? Yuk, belajar bersama!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Since

Penggunaan since dalam bahasa Inggris dapat diawali dengan menentukan jenis kalimat apa yang ingin diutarakan. Apabila kalimat tersebut merujuk pada waktu, maka since artinya “sejak”. Sementara itu, jika ingin menggunakan since sebagai suatu pernyataan akan sebab/alasan/akibat maka dapat diartikan sebagai “karena”.

Kalimat since yang menyatakan waktu, akan berfokus pada kapan aksi sebelumnya terjadi. Terdapat dua fokus utama, yaitu merujuk pada waktu di masa lalu yang masih terjadi hingga saat ini, dan dari waktu di masa lalu yang sudah selesai di masa tersebut.

Penggunaan since berdasarkan subordinate conjunction ini umumnya diawali oleh main clause dengan menggunakan bentuk perfect tense. Selain itu, kita juga bisa menggunakan past tense setelah kata since untuk menyatakan waktu di masa lalu hingga sekarang.

Formula yang dapat digunakan, yaitu:

formula-since

Contoh kalimat since:

  • She has been out of the garden since you called her.(Dia telah keluar dari taman sejak terakhir kali kamu menelepon)

  • Since moving from Jakarta to Cianjur a few months ago, I have learned how to speak Sundanese (Sejak pindah dari Jakarta ke Cianjur beberapa bulan yang lalu, saya telah belajar Bahasa Sunda)

Sedangkan penggunaan since yang memiliki arti “karena” harus diikuti oleh kalimat seperti contoh berikut:

  • Rudi could pass the exam since he studied hard.(Rudi bisa lulus ujian karena dia selalu belajar dengan giat)

While

Pada dasarnya, while memiliki arti yang hampir sama dengan kata when. Perbedaannya berada pada aksi mana yang secara bersamaan sedang atau telah di interupsi oleh aksi lainnya. Rahasia penggunaan kata while yang tepat dalam Bahasa Inggris biasanya menggunakan formula dari continuous tense.

Formula yang dapat kamu gunakan, yaitu:

while-formula

Contoh kalimat while:

  • While she was sleeping, we were playing outside. (Ketika dia tidur, kami bermain di luar)

  • While I was listening to horror stories, someone surprised me from behind .(Ketika saya sedang mendengarkan cerita horor, seseorang mengejutkan saya dari belakang)

Kata while juga digunakan sebagai penyeimbang dari dua gagasan yang bertentangan (contrast). Akan tetapi, kalimat tersebut tidak berkontradiksi satu sama lain. Perhatikan kalimat berikut:

  • We would always choose the beach for our holiday, while my brother always picked the mountains. (Kami selalu memilih pantai untuk liburan keluarga, sedangkan kakak saya selalu ingin ke gunung)

Kesimpulan

Setelah mempelajari cara penggunaan kata since dan while di atas, apakah kamu sudah bisa menentukan kalimat mana yang ingin diutarakan? Keduanya memang memiliki makna yang hampir sama. Namun terdapat satu pembeda utama, yaitu jenis tenses dari kata tersebut.

Jika since menggunakan bentuk dari perfect tense dengan fokus utama pada penggunaan V3, maka while lebih kepada aksi dari continuous tense yang berfokus pada penggunaan V-ing.

Apabila kamu ingin mengenal lebih banyak terkait jenis-jenis tenses dengan mudah, EF merupakan tempat terbaik yang dapat membantu kamu menguasai grammar dengan cepat. Tentunya kamu akan dibantu oleh pengajar yang profesional yang tidak akan membuat pelajaranmu membosankan.

Buat kamu yang tertarik, kamu bisa mendapatkan kelas demo GRATIS dengan mengisi formulir yang ada di halaman ini.

Jadi, tunggu apalagi, daftar sekarang!

Ben Small Stars
Author
Ben