Menu
simple future tense

Penggunaan Simple Future Tense dalam Bahasa Inggris

grammartensessimple future tense
2020.04.01

Kita mengetahui bahwa di dalam bahasa Inggris, terdapat kurang lebih 🔗16 tenses bahasa Inggris yang harus dipelajari untuk menyempurnakan kemampuan dan pengetahuan kita dalam 🔗bahasa Inggris.

Ada banyak cara mempelajari 16 tenses ini, dimulai dengan belajar bahasa Inggris sendiri di rumah, dipelajari di sekolah, atau Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Walaupun sebenarnya 16 tenses ini masih mudah untuk di pelajari, tapi memang akan lebih baik jika Anda memiliki seseorang yang dapat memandu Anda saat mempelajarinya.

Dari 16 tenses bahasa Inggris, apakah Anda sudah mengenal semua tenses pada Bahasa Inggris? Bahasa Inggris memiliki tiga bentuk umum tenses, yakni present (sekarang), past (dulu) dan future (masa depan). Lalu bentu-bentuk tenses pun terbagi ke dalam beberapa bagian atau jenis dengan memiliki ketiga bentuk di atas.

Artikel ini akan membahas penggunaan Simple future tense beserta contohnya. Simple Future Tense adalah salah satu dari 16 tenses bahasa Inggris yang harus di pelajari. Perlu diingat bahwa tenses ini digunakan untuk menceritakan peristiwa yang akan terjadi atau peristiwa di masa depan.

Bila diterjemahkan kata future dalam nama tenses Simple Future ini berarti “masa depan”. Sehingga, pada penggunaanya, future tense memiliki aturan yang harus dilakukan saat Anda menggunakan tenses ini, yakni dengan menggunakan will maupun shall, yang berarti akan. Dalam sebuah kalimat, sesudah kata will atau shall pasti akan diikuti oleh kata kerja selanjutnya atau kata kerja bantu. Pada umumnya, will lebih sering digunakan pada percakapan maupun pada sebuah teks.

Untuk lebih memahami mengenai bentuk atau aturan yang ada di dalam Simple Future Tense, berikut ini kami sajikan rumus-rumus yang bisa Anda gunakan saat menggunakan Simple Future Tense. Rumus terbagi menjadi tiga bagian, yakni:

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

Simple Future Tense (Kalimat Positif)

Subjek + will/ shall + verb 1 atau S + To Be (is, am, are) + Going To + Verb 1 + O

Di atas, adalah rumus yang digunakan untuk membuat sebuah kalimat dalam bentuk Simple Future Tense dengan kalimat positif. Untuk lebih mengerti mengenai bentuk kalimat dalam Simple Future Tense ini, beirkut contoh penggunaan Simple Future Tense pada kalimat positif :

• She will go to Bandung tomorrow morning (Dia akan pergi ke Bandung besok pagi)

• I am going to finish all my homework tonight (Saya akan menyelesaikan semua pekerjaan rumah saya malam ini)

• Beni will take another test tomorrow since he cannot attend the first test yesterday (Beni akan mengikuti tes lain besok karena dia tidak bisa datang ke tes pertama kemarin)

• They will visit Jakarta tonight (Mereka akan mengunjungi Jakarta malam ini)

• Freddie will join the band to perform at nearby café tonight (Freddie akan bergabung dengan band itu untuk tampil di kafe terdekat malam ini)

• Brian shall writes a new song since he is known as the master of song-writing (Brian harus menulis lagu baru karena dia terkenal sebagai ahli dalam menulis lagu)

• I will study (Saya akan belajar)

• Doni is going to get married tomorrow at the villa near the beach (Doni akan menikah besok di sebuah vila dekat laut)

• I am going to give this sweater to my sister, as she’s always had a fever due to the cold weather (Saya akan memberikan sweater ini untuk adik saya, karena dia selalu terkenda demam karena cuaca yang dingin)

• I heard Mary will visit you at the hospital today (Saya dengar Mary akan datang mengunjungimu di rumah sakit malam ini)

Simple Future Tense (Kalimat Negatif)

Subjek + will/ shall + NOT + verb 1 atau S + To Be (is, am, are) + NOT + Going To + Verb 1 + O

Rumus yang digunakan dalam bentuk kalimat negatif Simple Future Tense memiliki bentuk yang hampir sama dengan Simple Future Tense dengan bentuk kalimat positif. Yang membedakan hanyalah penggunaan ‘NOT’ dalam rumusannya. Untuk lebih mengerti, perhatikan contoh penggunaan simple future tense pada kalimat negatif :

• She will not go to Bandung tomorrow morning (Dia tidak akan pergi ke Bandung besok pagi)

• I am not going to finish all my homework tonight (Saya tidak akan menyelesaikan semua pekerjaan rumah saya malam ini)

• Beni will not take another test tomorrow since he cannot attend the first test yesterday (Beni tidak akan mengikuti tes lain besok karena dia tidak bisa datang ke tes pertama kemarin)

• They will not visit Jakarta tonight (Mereka tidak akan mengunjungi Jakarta malam ini)

• Freddie will not join the band to perform at nearby café tonight (Freddie tidak akan bergabung dengan band itu untuk tampil di kafe terdekat malam ini)

• Brian shall not writes a new song even though he is known as the master of song-writing (Brian tidak harus menulis lagu baru walaupun dia terkenal sebagai ahli dalam menulis lagu)

• I will not study (Saya tidak akan belajar)

• Doni is not going to get married tomorrow at the villa near the beach, it’s 2 days from now (Doni tidak akan menikah besok di sebuah vila dekat laut, tapi dua hari dari sekarang)

• I am not going to give this thin jacket to my sister, as she’s always had a fever due to the cold weather (Saya tidak akan memberikan jaket tipis ini untuk adik saya, karena dia selalu terkenda demam karena cuaca yang dingin)

• I heard Mary will not visit you at the hospital today (Saya dengar Mary tidak akan datang mengunjungimu di rumah sakit malam ini)

Simple Future Tense (Kalimat Interogatif)

Will/Shall + Subjek + Verb 1 + O + ? atau To Be (Is, Am, Are) + S + Going To + Verb 1 + O + ?

Brntuk terakhir dari Simple Future Tense adalah dalam bentuk kalimat tanya. Perhatikan contoh penggunaan simple future tense pada kalimat tanya berikut ini:

Will she go to Bandung tomorrow morning? (Akankah dia pergi ke Bandung besok pagi?)

• Am I going to finish all my homework tonight? (Apakah saya akan menyelesaikan semua pekerjaan rumah saya malam ini?)

Will Beni take another test tomorrow since he cannot attend the first test yesterday? (Apakah Beni akan mengikuti tes lain besok karena dia tidak bisa datang ke tes pertama kemarin?)

Will they visit Jakarta tonight? (Apakah mereka akan mengunjungi Jakarta malam ini?)

Will Freddie join the band to perform at nearby café tonight? (Apakah Freddie akan bergabung dengan band itu untuk tampil di kafe terdekat malam ini?)

• Shall Brian writes a new song since he is known as the master of song-writing? (Apakah Brian harus menulis lagu baru karena dia terkenal sebagai ahli dalam menulis lagu?)

Will I study? (Apakah saya akan belajar?)

Is Doni going to get married tomorrow at the villa near the beach? (Apakah Doni akan menikah besok di sebuah vila dekat laut?)

• Am I going to give this sweater to my sister? As she’s always had a fever due to the cold weather (Apakah saya akan memberikan sweater ini untuk adik saya? Karena dia selalu terkenda demam karena cuaca yang dingin)

Will Mary visit you at the hospital today? (Apakah Mary akan datang mengunjungimu di rumah sakit hari ini?)

Selain tiga bentuk di atas, Simple Future Tense memiliki dua fungsi lain selain berfungsi untuk menyatakan kejadian yang akan datang, yakni berfungsi untuk menyatakan akibat perbuatan tertentu dan berfungsi untuk memohon seseorang melakukan sesuatu, lihat contoh berikut:

Contoh kalimat menyatakan akibat perbuatan tertentu :

  • If you don’t work tomorrow, I will fire you (Jika kamu tidak bekerja besok, aku akan memecatmu)

  • If I help her, she will give me money (Jika aku menolongnya, dia akan memberikan aku uang)

  • Contoh kalimat pemohonan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu

    • Will you bring this chair? (Tolong bawakan kursi ini)

    • Will you help me, Jane? (Bisakah kamu membantuku, Jane?)

    Itulah di atas contoh rumus dan penggunaan Simple Future Tense dalam bahasa Inggris. Mudah bukan? Selamat belajar!