Menu
only if dan providing/provided that
Grammar and Vocabulary

Penggunaan Only If dan Providing atau Provided That dan Contohnya

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.03.31

Kalimat di atas yang berbunyi β€œOnly if it rains will the picnic be cancelled”, merupakan contoh penggunaan only if. Penasaran lebih jauh tentang penggunann only if dan contohnya dalam bahasa Inggris? Jangan lewatkan pembahasannya pada artikel di bawah!

Untuk mengekspresikan sesuatu dalam bahasa Inggris, kita semestinya menggunakan kalimat yang benar. Agar bisa mewujudkannya, kamu perlu memiliki pemahaman grammar atau tata bahasa Inggris yang baik. Oleh karena itu, kali ini Ben akan berbagi informasi tentang penggunaan only if dan providing/provided that. Sebenarnya, kapan only if dan providing/provided that digunakan? Bagaimana contohnya? Gulir layar gawaimu ke bawah untuk mempelajarinya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kegunaan Only If dan Providing/Provided That

Dalam bahasa Inggris, only if dan providing/provided that digunakan dalam kalimat pengandaian. Lalu, bagaimanakah aturan pemakaiannya?

Only if digunakan pada sebuah kalimat apabila kamu hendak mengungkapkan adanya satu kondisi (sebab) yang menyebabkan suatu hasil atau suatu akibat tertentu. Kamu dapat mengganti "only if" dengan "providing/provided that". Pada kalimat pengandaian, penggunaan keduanya dapat saling dipertukarkan.

Rumus Only If dan Providing/Provided That

- Only if: main clause (hasil/akibat) + only if + subclause (sebab)
- Only if: only if + subclause (sebab) + main clause (hasil/akibat)
Jika menggunakan pola ini, yang mana only if terletak di awal kalimat, maka subject dan verb pada main clause posisi atau letaknya dibalik.
- Providing/provided that: providing/provided that + subclause (sebab) + tanda koma + main clause (hasil/akibat)

Contoh Only If dan Providing/Provided That

- I will study abroad only if I get a fully-funded scholarship. (Aku akan belajar di luar negeri hanya jika aku mendapatkan beasiswa penuh.)
- Only if I get a fully-funded scholarship will I study abroad. (Hanya jika aku mendapatkan beasiswa penuh, aku akan belajar di luar negeri.)
- Providing/provided (that) I get a fully-funded scholarship, I will study abroad. (Hanya asalkan aku mendapatkan beasiswa penuh, aku akan belajar di luar negeri.)

- You can get into the theme park only if you have a ticket. (Kamu bisa masuk ke taman hiburan hanya jika kamu memiliki tiket.)
- Only if you have a ticket can you get into the theme park. (Hanya jika kamu memiliki tiket kamu bisa masuk ke taman hiburan.)
- Providing/provided (that) you have a ticket you can get into the theme park. (Hanya asalkan kamu memiliki tiket, kamu bisa masuk ke taman hiburan.)

- He will go to the concert only if his mom gives permission. (Dia akan pergi ke konser hanya jika ibunya memberi izin.)
- Only if his mom gives permission will he go to the concert. (Hanya jika ibunya memberi izin, dia akan pergi ke konser.)
- Providing/provided (that) his mom gives permission, he will go to the concert. (Hanya asalkan ibunya mengizinkan, dia akan pergi ke konser.)

Setelah mempelajari penggunaan only if dan providing/provided that, tentunya pengetahuanmu akan grammar atau tata bahasa Inggris jadi bertambah. Dengan begitu, semoga kamu dapat mengemukakan kalimat berbahasa Inggris dengan tepat, ya!

Pssst, kalau ingin bahasa Inggrismu semakin berkembang, bergabunglah di EF! Kami memiliki guru yang profesional dan metode yang unik. Tidak hanya teori, kamu juga akan mempelajari bahasa Inggris dengan menerapkannya sebagai alat komunikasi saat kegiatan belajar. Jadi, dapat dipastikan keterampilan dan kepercayaan dirimu dalam berbahasa Inggris akan meningkat pesat!

Tertarik mendaftar? Kebetulan kami sedang memiliki penawaran spesial loh untuk kamu yang mendaftar di bulan ini. Dengan promo seru dari EF, kamu berkesempatan untuk mendapatkan diskon kursus spesial. Kamu juga akan diberikan bonus kelas GRATIS* jika mengisi formulir melalui voucher yang ada di laman ini.

Jadi, tunggu apalagi?

Sampai jumpa di kelas!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben