Menu
Konjungsi Both...And
Grammar and Vocabulary

Penggunaan Konjungsi Both…And dalam Bahasa Inggris

grammarstructure
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.19

Belajar bahasa Inggris tidak melulu mempelajari tenses ataupun vocabulary. Dalam bahasa Inggris, ada banyak kata-kata yang memiliki fungsi tertentu dalam suatu kalimat. Kata-kata itu dapat berfungsi sebagai penghubung, kata keterangan, kata ganti, dan lainnya.

Nah, di dalam penjelasan ini kamu akan mempelajari cara penggunaan konjungsi atau penghubung both...and.  Pada dasarnya, both…and berarti “baik.. maupun” yang digunakan untuk menghubungkan dua kata yang memiliki kesamaan atau terlibat bersama.

Kamu perlu memahami penggunaan konjungsi ini agar tidak salah dalam penerapannya. Sebab both…and bisa diterapkan ke empat bentuk kata, yaitu noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan). Lalu, bagaimana sebenaranya penerapan both…and pada keempat bentuk kata itu?

Yuk, simak penjelasan beserta contoh nya di sini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Penggunaan untuk noun

Penggunaan both… and untuk noun atau kata benda digunakan untuk menerangkan dua  kata benda yang terlibat secara bersamaan. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

- He has passed all the test, both the reading and the listening test.
(Dia telah lulus semua tes, baik tes membaca maupun tes menulis.)

- You have to read those books, both the blue one and the red one
(Kamu harus membaca buku-buku itu, baik yang biru maupun yang merah.)

Penggunaan untuk verb

Penggunaan both…and pada verb atau kata kerja berfungsi untuk menghubungkan dua pekerjaan yang dilakukan pada waktu atau tempat yang sama. Contohnya adalah sebagai berikut:

- He does all the jobs in his house, both cleaning the house and cooking for the family.
(Dia melakukan semua pekerjaan di rumah, baik membersihkan rumah maupun memasak untuk keluarga.)

- I have done everything, both studying hard and practicing my skills.
(Aku telah melakukan segalanya, baik belajar giat maupun melatih kemampuanku.)

Penggunaan untuk adjective

Both…and pada adjective atau kata sifat berfungsi untuk menhubungkan dua kata sifat yang memiliki makna yang sama atau kedudukan yang sama. Contoh cara menggunakannya sebagai berikut.

- Everyone admires him because he is both great and famous.
(Semua orang mengaguminya karena dia hebat dan terkenal.)

- You are both smart and kind.
(Kamu itu pintar dan juga baik.)

Penggunaan untuk adverb

Both…and untuk adverb atau kata keterangan digunakan untuk menghubungkan dua keterangan tempat atau waktu yang memiliki kesamaan. Berikut contoh penggunaannya:

- He is always busy all the time, both in the afternoon and night.
(Dia selalu sibuk sepanjang waktu, baik siang maupun malam.)

- I have searched for the wallet everywhere, both at the bedroom and the living room. (Aku telah mencari dompetnya ke mana-mana, baik di kamar maupun di ruang keluarga.)

Setelah mengetahui cara menggunakan both...and, pengetahuan grammar bahasa Inggris kamu tentunya semakin bertambah. Jadi, kamu harus terus belajar agar semakin mahir berbahasa inggris setiap harinya. Masih banyak grammar atau tata bahasa Inggris yang sangat penting untuk kamu pelajari.

Kamu tidak perlu khawatir saat kesulitan memahami grammar dalam Bahasa Inggris, karena kamu bisa bergabung dengan EF dan belajar Bahasa Inggris bersama dengan teman-teman kamu. Di EF kamu tidak hanyak belajar grammar saja, tetapi kamu juga akan dibimbing dengan metode-metode belajar lainnya yang lebih seru. Ayo, jadi terampil berbahasa Inggris bersama EF!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben