Menu
kata penutup surat
Reading and Writing

Penggunaan Kata Penutup Surat pada Bahasa Inggris

2020.05.07

Dalam menulis surat kepada kolega kita, baik dalam lingkungan bisnis atau kasual, terdapat aturan untuk menulis kata penutup dalam bahasa Inggris. Kata penutup ini penting untuk menunjukkan penghargaan kita terhadap penerima surat.

Pada tahun 1928, H. W. Fowler menuliskan kata-kata tersebut dan penggunaannya. Huruf yang menjadi huruf besar adalah huruf pertama saja.

Apa saja kata penutup surat dalam bahasa Inggris. Kamu dapat melihatnya dalam contoh di bawah ini:

Jika Belum Terlalu Mengenal Penerimanya

- Yours faithfully

Yours faithfully digunakan pada Inggris British. Penggunaannya dipakai ketika dalam surat hanya diawali dengan “Dear Sir” tidak diikuti nama atau namanya tidak diketahui.

- Yours truly

Yours truly banyak dipakai pada Inggris Amerika. Penggunaannya sama dengan “Yours faithfully”. Ketika surat dimulai dengan kata “Dear Sir”, gunakan kata penutup “Yours truly”

- Yours very truly

Resmi tapi ramah

- Yours sincerely

Dalam undangan kepada teman tetapi bukan surat yang tidak resmi. (in invitations and friendly but not intimate letters)

Jika Sudah Mengenal dengan Baik Penerimanya

- Yours sincerely

Yours sincerely digunakan pada surat resmi dan kita tahu nama penerimanya. Yours sincerely ini juga digunakan di Inggris. Orang-orang Amerika cenderung memakai dengan susunan terbalik, seperti Sincerely yours.

- Best/Best regards

Banyak ahli berpikir bahwa "Best" merupakan cara terbaik untuk mengakhiri surat. Kata ini dinilai baik karena cukup pendek, jelas serta menunjukkan kedekatan dengan penerima. Kita juga bisa memanjangkannya menjadi "Best regards" jika perlu.

- Looking forward

Pesan ini mengindikasikan bahwa kita menantikan balasan selanjutnya dari si penerima.

- Best Wishes

Penutup ini memberikan kesan bahwa kita sangat menghargai sang penerima surel. Gunakan penutup ini terutama jika pesan yang dikirimkan berupa ucapan selamat, seperti ulang tahun atau kelahiran.

Penutup Informal (Hanya untuk Surat/Pesan Tidak Formal)

Untuk menutup surat atau pesan tidak formal, misalnya ke teman dekat atau kolega yang sudah sangat mengenal kita dengan baik, kita juga dapat menggunakan penutup seperti 'Cheers', 'Adios', 'Take care', 'Love' atau 'See you around'.

Penutup informal dapat juga mengindikasikan kedekatanmu dengan sang penerima surat, namun kamu harus ingat untuk tidak menggunakannya kepada orang yang belum kamu terlalu kenal.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku