Menu
i.e. & e.g.
Reading and Writing

Penggunaan i.e. & e.g. dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.10.20

Saat membaca bacaan bahasa Inggris kamu pasti sering menemui singkatan "i.e." dan "e.g." Apakah kamu sudah tahu arti dari kedua singkatan tersebut? Jika belum, kali ini Tom akan mengulasnya khusus untukmu, supaya kamu makin mahir menggunakan kedua singkatan tersebut dalam writing!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

"i.e." dan "e.g."sering ditemui dalam berbagai artikel, jurnal dan berbagai bacaan dalam bahasa Inggris. Pada saat menggunakannya seringkali terjadi kesalahan karena tidak memahami arti dan maksud dari kedua akronim tersebut. "i.e." dan "e.g." memiliki makna dan fungsi yang berbeda. Yuk, pahami pengertian hingga cara menggunakan "i.e." dan "e.g."

Apa Itu "i.e."?

i.e. adalah

"i.e." adalah singkatan dari frasa bahasa Latin "id est," yang diterjemahkan sebagai "it is" atau "that is." Dalam bahasa Inggris, "i.e." digunakan untuk memberikan penjelasan atau klarifikasi lebih lanjut tentang sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya. Ini digunakan untuk menggambarkan suatu hal dengan lebih rinci. Supaya tidak bingung, kamu bisa melihat contoh di bawah ini:

  • I have many hobbies, i.e., painting and playing football.
    Aku memiliki banyak hobi, yaitu, melukis dan bermain sepakbola.

  • The store sells a variety of fruits, i.e., apples, oranges, and bananas.
    Toko tersebut menjual berbagai jenis buah, yaitu, apel, jeruk, dan pisang.

  • He excels in math, i.e., he is the top student in his class.
    Dia sangat pandai matematika, yaitu, dia adalah siswa terbaik di kelasnya.

Apa Itu "e.g."?

e.g. adalah

"e.g." adalah singkatan dari frasa bahasa Latin "exempli gratia," yang berarti "for example" atau "for instance" dalam bahasa Inggris. "e.g." digunakan untuk memberikan contoh atau ilustrasi dari sesuatu yang telah disebutkan. Ini digunakan untuk memberikan beberapa contoh yang mungkin mewakili kategori atau konsep yang lebih besar. Berikut adalah contoh penggunaan dari "e.g":

  • I enjoy outdoor activities, e.g., hiking and camping.
    Aku menikmati aktivitas di luar ruangan, misalnya, mendaki dan berkemah.

  • She has traveled to many countries, e.g., France, Italy, and Japan.
    Dia telah mengunjungi banyak negara, misalnya, Prancis, Italia, dan Jepang.

  • The menu offers a variety of desserts, e.g., chocolate cake, ice cream, and cheesecake.
    Menu ini menawarkan berbagai hidangan penutup, misalnya, kue cokelat, es krim, dan cheesecake.

Penggunaan "i.e. dan e.g."

Penting untuk menggunakan "i.e." dan "e.g." dengan benar agar pesan yang kamu sampaikan dalam tulisan tetap jelas dan akurat. Berikut adalah cara penggunaan "i.e." dan "e.g." yang harus kamu ingat:

  • "i.e." digunakan untuk memberikan penjelasan atau klarifikasi. Gunakan "i.e." ketika kamu ingin menguraikan atau mempersempit makna sesuatu yang telah kamu sebutkan sebelumnya.

  • "e.g." digunakan untuk memberikan contoh atau ilustrasi. Gunakan "e.g." ketika kamu ingin memberikan beberapa contoh yang mungkin mewakili hal yang telah kamu sampaikan sebelumnya.

  • Selalu letakkan titik setelah "i.e." dan "e.g." dan gunakan huruf kecil setelahnya. Misalnya, "She loves outdoor activities, i.e., activities that take place in nature."

  • Jika kamu menggunakan "i.e." atau "e.g." dalam kalimat, tandai dengan koma sebelum dan sesudahnya, kecuali jika terletak di akhir kalimat.

Apakah EFriends sudah paham mengenai "i.e." dan "e.g." dalam bahasa Inggris? Jika kamu sedang belajar writing, kamu bisa mencoba menyisipkan akronim "i.e." dan "e.g." dengan menggunakan kalimat lengkap dalam bahasa Inggris ya.

Nah sekarang kamu sudah belajar cara untuk menggunakan i.e atau e,g dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, apakah kamu ingin belajar meningkatkan kemampuan writing-mu?

Yuk ambil kesempatan kamu untuk bergabung dalam kelas GRATIS EF Kids & Teens Indonesia! Kamu bisa belajar bahasa Inggris langsung dengan guru yang profesiona dan metode yang menyenangkan..

Segera daftarkan nomor handphonemu pada formulir yang ada pada laman ini sekarang! Jangan sampai terlewat!