Menu
Penggunaan Huruf Kapital Bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

Ini Dia Aturan Penggunaan Huruf Kapital Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.12.11

Pernahkah kamu memperhatikan cara atau aturan menulis huruf kapital yang baik dan benar? Hal tersebut tentunya berlaku dalam semua penggunaan bahasa di dunia, termasuk bahasa Inggris. Aturan penggunaan huruf kapital bukan ada tanpa alasan. Lalu, mengapa demikian?

Penggunaan huruf kapital dalam bahasa Inggris berguna untuk mempermudah penyampaian informasi. Selain itu, penggunaan tersebut juga tak terlepas dari bidang akademik maupun profesional karena memiliki kepentingan yang sangat besar. Di antaranya adalah untuk mengerjakan tugas, ujian, menyusun laporan, hingga mengirimkan e-mail.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Semakin teliti kamu menggunakan huruf kapital dalam bahasa Inggris, maka semakin baik pula hasil yang didapatkan. Pernahkah kamu mendengar pepatah yang mengatakan bahwa tulisan merupakan cerminan diri? Karena ketelitian seseorang dapat juga dilihat dari hasil penulisannya. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari cara serta perbedaan penggunaan huruf kapital dalam bahasa Inggris beserta contoh dan pembahasannya.

Penulisan Huruf Kapital Bahasa Inggris yang Harus Diperhatikan

Terdapat aturan khusus terkait penggunaan huruf kapital dalam bahasa Inggris. Catat bila perlu dan pahami setiap penjelasan yang diberikan dengan cermat!

1. Awal Kalimat

Contoh:

A quick brown fox jumps over the lazy dog

Jika dalam bahasa Indonesia kamu diajarkan cara yang sama untuk mengawali kalimat dengan huruf kapital, tentunya hal tersebut tetap berlaku dalam bahasa Inggris. Usahakan selalu menggunakan huruf kapital setiap memulai kalimat baru setelah tanda baca titik (.) juga, ya!

2. Awal Kutipan

Contoh:

She said, “They won’t go to school during the pandemic”

Dalam penulisan kutipan setelah tanda baca (“), biasakanlah untuk meletakkan huruf kapital di awal kalimat. Hal tersebut berguna untuk menandai informasi kalimat dalam kutipan.

3. Gelar

Contoh:

Bachelor of Cultural Sciences

Andrew O’Brien, PhD.

Berdasarkan contoh di atas, penulisan gelar dalam bahasa Inggris dapat ditulis menjadi dua bagian. Pada contoh pertama, penulisan gelar merujuk pada Sarjana Humaniora secara umum. Penggunaan huruf kapital ditulis pada awalan setiap kata yaitu ‘Bachelor’ dan ‘Cultural Sciences’. Dalam hal ini, kata of’ tidak menggunakan huruf kapital karena merupakan preposisi.

Sedangkan pada contoh kedua, penulisan gelar merujuk pada singkatan dari gelar itu sendiri, yaitu PhD (Doctor of Philosophy) atau Doktor Filsafat yang diletakkan setelah nama. Penggunaan huruf kapital pada gelar terkait disesuaikan dengan pedoman yang sudah ada dalam bahasa Inggris, yaitu pada huruf ‘P’ dan ‘D’.

4. Judul Buku, Film, Publikasi

Contoh:

The Sound and the Fury

Apakah kamu merasa bingung mengapa penulisanThe’ di awal kalimat ditulis dengan huruf kapital, namun setelahnya tidak? Dalam bahasa Inggris, penulisan ‘the’ pada judul yang diletakkan di awal kalimat selalu menggunakan huruf kapital. Sedangkan jika penulisan the’ pada judul terletak di tengah kalimat, aturan tersebut tak berlaku sama.

5. Bahasa, Etnik, Kebangsaan, Ras

Contoh:

She’s a British girl who speaks English

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penulisan awal kalimat pasti diawali huruf kapital. Selanjutnya, kata British’ merupakan istilah kebangsaan yang harus diawali huruf kapital, contoh lainnya adalah Indonesian’. Terakhir, yaitu kata English’ di sini merupakan penulisan bahasa di suatu negara yang tentunya harus dimulai dengan huruf kapital pula.

6. Nama Orang

Contoh:

Paul McCartney

Penulisan nama orang, baik dalam bahasa Inggris atau bahasa mana pun selalu diawali dengan huruf kapital. Fungsinya selain karena aturan penggunaan adalah untuk menunjukkan rasa hormat pada setiap individu atau kelompok yang namanya dituliskan.

7. Nama Tempat

Contoh:

Eiffel Tower

Borobudur Temple

Indonesia

Liverpool

Hal ini berlaku untuk penggunaan huruf kapital pada nama tempat yang spesifik seperti nama kota hingga negara di dunia. Dengan aturan ini, hasil tulisanmu akan lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca.

8. Penutup Surat

Contoh:

Regards,

Noah Centineo

Baik dalam surat konvensional maupun e-mail dalam bahasa Inggris, ucapan salam penutup selain nama juga harus ditulis menggunakan huruf kapital. Karena salam penutup selalu ditulis di awal penutupan. Jangan lupa juga untuk memberikan tanda baca koma (,) setelahnya.

9. Profesi

Contoh:

Joe Biden, President

Copywriter

Lecturer

Teacher

Selain pada penulisan nama, penggunaan huruf kapital dalam bahasa Inggris juga berlaku pada segala jenis profesi yang ada di dunia. Fungsinya adalah untuk mempertegas sekaligus memperjelas informasi yang diberikan.

10. Tanggal

Friday, December 25th 2020

Sama halnya seperti dalam bahasa Indonesia, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris juga mewajibkan kita untuk memperhatikan penggunaan huruf kapital. Dalam hal ini, tentunya aturan selalu berfokus pada penulisan hari serta bulan.

Penulisan Huruf Kapital Bahasa Inggris yang Harus Dihindari

Selain ketentuan penggunaan huruf kapital di atas, ada pula ketentuan penulisan bahasa Inggris yang tidak memerlukan penggunaan huruf kapital. Berikut adalah penjelasannya:

1. Articles (a, an, the)

Contoh:

Karen is an actress

There’s a rabbit who jumps against the tree

Seperti yang sudah pernah disinggung pada penulisan judul di atas, articles dalam bahasa Inggris memang tidak boleh ditulis menggunakan huruf kapital, kecuali jika ditulis di awal kalimat atau judul.

2. Preposisi (at, on, in, for, etc)

Contoh:

Emily has an appointment at 6:30 am

We live in London

I can’t sit on the grass

I will be waiting for you

Penggunaan preposisi baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia tidak memerlukan penggunaan huruf kapital. Hal tersebut dikarenakan fungsi preposisi adalah sebagai pelengkap dalam kalimat.

3. Konjungsi (and, or, but)

Contoh:

It was both amazing and unbelievable!

Do I look good with or without glasses?

He wants to come too, but...

Sama halnya dengan preposisi, konjungsi dalam bahasa Inggris juga hanya berfungsi sebagai pelengkap kalimat saja, yaitu sebagai kata penghubung. Oleh karena itu, penulisannya tidak memerlukan huruf kapital sama sekali, bahkan dalam penulisan judul sekali pun.

Itulah penjelasan mengenai aturan penggunaan huruf kapital dalam bahasa Inggris yang harus kamu pahami agar mendapat hasil penulisan yang baik dan benar.

EF menyediakan kelas dengan pembahasan grammar yang detail dengan cara yang unik dan tidak membosankan.

Yuk, pelajari grammar lebih seru dengan menekan tombol berwarna pink di bawah ini!

Selamat belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben