Menu
penggunaan either neither

Penggunaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

grammarstructure
2020.05.07

Di dalam belajar bahasa Inggris kamu pasti pernah menemukan sebuah kosakata bahasa Inggris yang serupa namun memiliki cara penggunaan yang sangat berbeda satu dan yang lainnya.

Padahal untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sempurna, kamu harus memiliki pemahaman yang baik terhadap seluruh materi yang ada termasuk penggunaan kosakata tertentu dan bagaimana menggunakannya. Belajar bahasa Inggris memang memiliki banyak hal yang harus kamu pelajari, dan memang memiliki materi yang cukup banyak sehingga kamu tidak bisa melakukannya dalam sekejap. Namun, jika kamu belajar bahasa Inggris disertai komitmen, kamu pasti bisa melakukannya!

Salah satu kata yang sering digunakan dengan keliru adalah kata either dan neither. Banyak yang sering tertukar menggunakannya, padahal kedua kata ini digunakan untuk menjelaskan dua hal yang berbeda.

Bagaimana caranya? Simak di penjelasan berikut:

Pengertian Either

Kata either dalam bahasa Inggris digunakan setelah kata kerja yang berbentuk negatif. Kata ini juga digunakan untuk memberikan persetujuan terhadap sebuah pendapat negatif. Either juga bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah pilihan dari dua opsi yang ada atau mengajukan dua pilihan.

Jika belum memiliki pilihan dari dua opsi yang diajukan, kamu juga bisa menggunakan kosakata ini. Either jika ditemui oleh dua pilihan maka akan disatukan dengan kata ‘or’.

Di dalam sebuah kalimat, ada empat bagian yang biasanya bisa menggunakan either, keempat bagian itu adalah sebagai pronoun (kata ganti), conjunction (kata penghubung), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan).

Saat digunakan sebagai kalimat adverbial, either memiliki arti ‘juga’. Namun, either memiliki makna yang berbeda digunakan sebagai pronoun, conjuction dan adjective, yaitu ‘salah satu’ atau ‘yang lainnya.’

Contoh :

Either one of the girls would make it to the final.

Kata either di atas berperan sebagai pronoun untuk kata ‘girls’. Kalimat di atas memiliki arti “Salah satu dari para perempuan itu akan masuk ke babak akhir.”

My friend offers me either going to Japan or skiing in Iceland for our graduation trip.

Pada kalimat di atas, either berfungsi sebagai conjunction atau kata penghubung diantara dua kalimat. Kalimat di atas memiliki arti “Temanku menawarkan pergi ke Jepang atau ski di Islandia untuk trip kelulusan kami nanti.”

Johnny can either take the camera tomorrow.

Pada kalimat ini, either berfungsi sebagai adjective untuk menerankan bahwa Johnny dapat membawa kamera besok. Jika diartikan, kalimat diatas memiliki arti “Johnny juga bisa membawa kamera besok.”

Jerry doesn't seem to be in a good mood, and you are not, either.

Jerry seperti sedang tidak dalam perasaan yang baik dan kamu juga tidak. Pada kalimar di atas, either berfungsi sebagai adverb yang memiliki arti ‘juga.’

Pengertian Neither

Kosakata ini digunakan untuk memberi persetujuan atau kesepakatan atas pernyataan negatif. Kosakata ini ditempatkan sebelum kata positif dan diikuti. Selain itu, kosakata ini bisa digunakan untuk menolak dua kemungkinan. Neither jika dihadapkan atas dua pilihan maka akan digabungkan dengan kata ‘nor’.

Kebalikan dari either, kata neither digunakan untuk memberi persetujuan atau kesepakatan atas pernyataan negatif. Neither ditempatkan sebelum kata positif dan diikuti oleh kata kerja sebelum subjek.

Sama seperti either, neither di dalam kalimat juga bisa digunakan sebagai pronoun (kata ganti), conjunction (kata penghubung), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan). Penggunaan neither sebagai pronoun, conjunction, atau adjective dalam kalimat mengandung makna “bukan salah satu” atau “bukan juga yang lainnya”. Namun dalam kalimat adverbial, neither bermakna “tidak juga/tidak demikian”.

Contoh:

Neither of the football teams has arrived yet.

Dalam kalimat ini neither digunakan sebagai pronoun untuk menunjukkan kata “footballs”, jika di artikan, kalimat ini memiliki arti, “tidak ada satupun tim sepak bola yang sudah datang.”

Sasha hasn't come out from her room since morning, but she neither slept nor study.

Kalimat di atas memiliki arti “Sasha tidak keluar dari kamarnya sejak pagi, tapi dia tidak tidur atau belajar.” Kata neither pada kalimat di atas memiliki fungsi sebagai conjuction. Kata neither menjadi penghubung di antara kalimat ‘dia tidak tidur’ dan ‘dia tidak belajar.’

Aris is not playing basketball, and neither am I.

Kalimat di atas memiliki arti “Aris tidak bermain sepak bola dan aku juga tidak.” Hal ini menunjukkan bahwa di dalam kalimat di atas, neither memiliki fungsi sebagai adverb yang menjelaskan bahwa Aris tidak bermain bola basket, maka saya juga tidak akan bermain.

Contoh Soal

Untuk menambah pemahamanmu, mari berlatih soal di bawah ini:

  1. I’m not sure where he’s from. He’s …. American or British.

  2. I don’t like …. of the Lord of the Ring movies.

  3. …. of us can go to the party tonight.

  4. …. of them lives here

  5. You don’t like fried chicken, do you? I don’t ….

  6. Glenn didn’t do his homework and …. did Harris.

  7. ‘Do you want spicy food or sweet cakes?’ ‘….. I don’t mind.’

  8. …. Billy nor Doni attend the class yesterday.

  9. Do …. of you have any money I can borrow?

  10. I don’t want …. juice or smoothies

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

Jawaban:

  1. either

  2. either

  3. neither

  4. neither

  5. either

  6. neither

  7. either

  8. neither

  9. either

  10. either