Menu
penggunaan a an the

Penggunaan A, An, dan The dalam Bahasa Inggris

grammartata bahasatips belajar bahasa Inggris
2020.04.11

Perbedaan A, An, dan The

Saat berbicara dalam bahasa Inggris dan 🔗belajar bahasa inggris, pernahkan kamu merasa bingung kapan harus memakai kata ‘a dog’ atau ‘the dog’? Di sini kami akan menjelaskan kapan kita harus menggunakan kata ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ di dalam kalimat sehari-hari.

Kata ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ adalah jenis kata artikel yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu definite dan indefinite. Kata ‘the’ termasuk definite, yang berarti sudah pasti. Sedangkan kata ‘a’ dan ‘an’ termasuk indefinite, yang berarti tidak pasti atau secara general. Kita menggunakan kata ‘the’ saat kita ingin menyatakan suatu hal yang pasti. Kata ‘a’ dan ‘an’ digunakan saat kita ingin menyatakan suatu hal yang sifatnya umum atau general.

Contohnya saat hari sedang siang, kita melihat ada satu matahari dan banyak awan. Jadi kita akan mengatakan:

  • The sun is shining bright today.

  • I saw a cloud shaped like a tree.

Penggunaan ‘a’, ‘an’, dan ‘the’ dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk benda yang sama, hanya situasinya saja yang dapat membedakan kapan menggunakan kata artikel tersebut. Kita menggunakan ‘the sun’ karena kita menyatakan suatu benda yang pasti kita tahu dan maksud seperti matahari. Kita menggunakan kata ‘a’ atau ‘an’.

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

Contoh Penggunaan A, An, dan The

The

  • Jakarta is the capital city of Indonesia.

  • Monumen Nasional is Indonesia’s national monument.

  • I found the glasses you were looking for.

  • Have you looked at the brief I gave you?

  • Switch the computer off when you’re done.

A/An

  • I saw a star tonight.

  • I had an omelette for breakfast today.

  • She ordered a drink inside the restaurant.

  • Do you have a pen?

  • We want to buy a notebook

Setelah mengerti kapan Anda harus menggunakan the atau a/an didalam sebuah kalimat, sekarang Anda juga harus mengetahui bagaimana menggunakan a dan an. Apakah yang membedakan a dan an?

Sebenarnya, membedakan penggunaan “A” dan “An” sangatlah mudah. Jika kata benda atau huruf yang ditulis berbunyi konsonan, maka Anda harus menggunakan “A,” sedangkan jika kata benda atau huruf yang ditulis berbunyi huruf vocal, maka Anda dapat menggunakan “An.” Untuk memperjelas, mari kita lihat contoh dibawah ini:

Penggunaan A:

  • A car

  • A pen

  • A book

Penggunaan An:

  • An omelette

  • An apple

  • An idea

Namun, ada hal yang perlu diingat dalam menulis “A” atau “An” dalam sebuah kalimat. Ada beberapa kata yang walaupun di awali huruf konsonan, tetap menggunakan “An” dibandingkan dengan “A,” begitupun sebaliknya.

Misalnya kata Honor, jika ditulis, kata honor diawali dengan “An” dibandingkan “A,” karena saat pengucapan, kata Honor lebih terdengar seperti huruf vokal, karenanya lebih menggunakan “An” dibandingkan “A.” Contoh lainnya adalah kata hour. Penggunaannya dalam kalimat bisa sebagai berikut “It’s been an hour since he left.”

Hal yang sama juga berlaku untuk kata ini, yaitu unit. Walaupun di awali dengan huruf vokal namun cara membaca kata unit terdengar seperti diawali dengan huruf konsonan dalam bahasa Inggris. Karenanya, saat menulis unit, cenderung menggunakan “A” menjadi A unit dibandingkan An unit.

Contoh lainnya adalah kata university. Jika menggunakan kalimat, contohnya adalah sebagai berikut: “Your son has grown up already, he just got into a university, right?”

Sedangkan untuk menggunakan the, Anda bisa menggunakannya dalam sejumlah kondisi dan situasi tertentu.

Untuk menyebutkan sesuatu yang telah Anda sebut sebelumnya. Contohnya, “My brother came home with his soon-to-be wife. The girl is his lecturer’s daughter.”

Untuk menyebutkan sesuatu yang sudah pasti keberadaannya. Contohnya, “The Sun shines so brightly today.”

Untuk menjelaskan seseorang atau objek secara spesifik. Contohnya, “Have you seen the man with a red hoodie?”

Untuk menjelaskan tingkatan ordinal number dan superlatives. Contoh: “Mom, can you buy me the newest collection of this brand clothes?” atau “he is the youngest son from the Young family.”

Untuk menjelaskan kelompok orang tertentu. Contohnya, “We should help the poor to get back from poverty.”

Untuk diterapkan di dalam klausa yang berawalan only. Contoh penggunaan dalam kalimatnya adalah “You are the only person I can trust right now.”

Untuk menunjukkan kawasan geografis seperti sungai, pegunungan, pulau, dan lain sebagainya. Misalnya, “It doesn’t cost much money to travel to the Prau Mountain.”

Untuk menuliskan Negara yang memiliki kata republic, states, dan kingdom. Misalnya, “I was accepted in Oxford University in the United Kingdom.”

Untuk menuliskan nama bangunan atau monumen terkenal. Misalnya: “I was selected to be the intern at the Embassy of the United States in Indonesia.”

Itu dia cara menggunakan “A”, “An”, dan “The” dalam bahasa Inggris. Selamat belajar!