Menu
literasi digital
Reading and Writing

Pengertian Literasi Digital dan Cara Memanfaatkannya

2021.08.06

Pernahkah kamu mengunggah foto di internet, mengobrol dengan temanmu melalui chat, atau membagikan keseharianmu di media sosial? Semua kegiatan itu kita lakukan di dalam media digital.

Bagi generasi muda dunia digital bukan lagi menjadi sesuatu hal yang asing. Hampir seluruh kegiatan kita baik yang berhubungan dengan akademik atau sosial membutuhkan adanya media digital.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Di tengah dunia digital yang begitu luas, sebagai generasi muda harus bisa memanfaatkan, mengolah, dan menggunakan konten dan informasi secara bijak. Itulah mengapa kita membuthkan yang disebut sebagai Literasi Digital.

Literasi digital ini sama pentingnya seperti membaca, menulis, atau berhitung, lho! Apalagi di tengah dunia modern seperti sekarang yang serba berhubungan dengan internet. Sebagai orang yang setiap hari mengakses media digital, yuk kita kenalan lebih dekat lagi dengan literasi digital dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Apa itu Literasi Digital?

menulis secara digital

Kalian pasti sudah familiar dengan istilah “Literasi Digital” tapi apakah kalian sudah tahu apa artinya? Yap, bisa dibilang literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara cakap baik secara kognitif atau teknikal.

Literasi digital dianggap penting supaya kita bisa mengikuti perkembangan di dunia saat ini. Sebenarnya apa sih pentingnya literasi digital? Mengapa kita semua harus melek dengan hal ini?

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat jutaan informasi yang ada internet. Untuk itu, sebagai pengguna internet yang cerdas kita harus bisa bertanggung jawab atas informasi yang kita peroleh serta menjaga keamanan data dan privasi kita.

Manfaatkan Literasi Digital Dengan Maksimal

Akses pada dunia digital yang luas dan tidak terbatas memungkinkan kita untuk menjelajahi berbagai informasi. Untuk itu kita harus memanfaatkan literasi digital secara maksimal dan bertanggung jawab, berikut adalah manfaat dari literasi digital:

  • Kita bisa memanfaatkan literasi digital untuk mempermudah mencari informasi terkini yang selalu up to date.

  • Dalam hal sosial pun kita bisa memiliki jaringan teman tidak terbatas yang bisa kita dapatkan diseluruh dunia.

  • Proses komunikasi akan semakin mudah dengan bantuan media sosial dan berbagai media digital lainnya kita akan dengan gampang berkomunikasi dengan orang lain.

  • Adanya literasi digital juga membuat kita bisa berpikir lebih kreatif dan kritis pada berbagai hal yang ada.

Nah, itu dia sedikit ulasan yang harus kamu tahu tentang literasi digital. Setelah membaca artikel di atas, kira-kira apakah kamu sudah memanfaatkan literasi digital secara matang dan maksimal? Oh iya, pada tanggal 8 September diperingati sebagai International Literacy Day yang menunjukkan bahwa literasi memang merupakan sesuatu yang penting.

Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional, EF mengadakan lomba menulis bertajuk EF International Literacy Day Competition. Untuk kamu yang suka menulis, ini saat yang tepat untuk menunjukkan bakatmu dengan mengikuti kompetisi ini. Psst, ada berbagai hadiah menarik menanti untuk kamu menangkan.

Segera daftarkan dirimu sekarang!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas