Menu
EF English First

Pengertian dan Struktur Spoof Text

grammarjenis teks
2020.04.14
PENGERTIAN DAN TUJUAN

Dari semua jenis teks bahasa Inggris, spoof text merupakan jenis teks yang dianggap paling menyenangkan untuk dipelajari. Spoof text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang isinya mengenai cerita lucu. Tujuan komunikatif dari jenis teks ini adalah untuk menghibur pembaca atau mendengar dari cerita tersebut.

Di dalam Cambridge Advance Learner’s Dictionary Online terdapat dua makna spoof:

  1. Makna pertama yaitu spoof sebagai kata benda yang bermakna “a funny and silly piece of writing, music, theatre, etc. that copies the style of an original work”.

    (“sebuah hasil karya lucu dan bodoh dari tulisan, musik, teater, dan sebagainya, yang menggandakan atau mengopi gaya dari hasil karya sebenarnya”).

  2. Makna kedua yaitu spoof sebagai kata kerja dengan makna “to try to make someone believe in something that is not true, as a joke”.

    (“mencoba membuat sesorang percaya akan sesuatu yang tidak benar, sebagai bahan candaan”).

STRUKTUR

Terdapat tiga struktur kebahasaan yang dimiliki oleh spoof text, yaitu:

1. Orientation

Seperti halnya jenis teks narasi lainnya, spoof text juga diawali dengan orientation yaitu bagian dimana penulis memulai untuk memperkenalkan cerita dengan pengenalan tokoh, latar, dll.

2. Events

Pada bagian ini penulis menceritakan kejadian yang masih dalam kejadian wajar.

3. Twist

Twist merupakan bagian teks yang menceritakan kebalikan dari kejadian wajar di bagian events. Twist merupakan bagian akhir dari spoof text yang menceritakan kejadian akhir lucu dan tidak disangka-sangka sebelumnya.

CIRI KEBAHASAAN

Spoof text memiliki empat ciri yang membedakannya dengan jenis teks bahasa Inggris lainnya, yaitu:

  1. Menggunakan past tense

  2. Menggunakan action verb

  3. Menggunakan kata keterangan waktu dan tempat

  4. Diceritakan secara kronologis