Menu
Penemu Wanita yang Mengubah Dunia
News and Lifestyle

Para Wanita yang Penemuannya Mengubah Dunia

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.02.04

Haloha! Apakah kamu mengenal penemu wanita yang bisa mengubah dunia? Sesuai dengan kontribusinya, banyak sekali temuan yang diciptakannya pada jaman dahulu dan sangat membantu banyak orang hingga saat ini. Yuk kita kenali siapa saja penemu wanita dan hasil temuannya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Biasanya kita sering mengenal inovasi yang diciptakan oleh laki-laki. Akan tetapi, apakah ada penemu perempuan? Jika menelisik sejarah temuan atau inovasi pada jaman dahulu kala, ternyata ada loh wanita-wanita brilian yang bisa mengubah dunia dengan hasil temuannya di bidang sains dan teknologi.

Penasaran siapa saja? Let’s get right into it!

1. Hedy Lamarr

hedy lamarr

Apakah kamu salah satu pengguna WiFi? Adanya WiFi saat ini sangat memudahkan kita untuk mengakses internet. Ternyata penemu teknologi cikal bakal WiFi ini adalah seorang wanita loh!

Ia adalah Hedy Lamarr, seorang aktris, produser film, matematikawan, dan penemu kelahiran Austria. Temuan yang diciptakan oleh Hedy Lamar adalah teknologi lompatan frekuensi yang merupakan bentuk komunikasi radio. Teknologi ini akhirnya menjadi cikal bakal teknologi nirkabel seperti WiFi, Bluetooth, dan GPS.  

2. Dr. Grace Murray Hopper

grace murray hopper

Dijuluki sebagai “the mother of computer science”, Dr. Grace Murray Hopper berhasil menciptakan istilah “bug” untuk mendeteksi masalah pada komputer. Ia merupakan seorang laksamana dan menjadi seorang penemu hebat setelah bekerja pada pengembangan IBM-Harvard Mark 1.

Berdasarkan hal itu, hasil temuannya pun mengantarkan Dr. Grace Murray Hopper menerima banyak penghargaan sebagai penemu wanita, seperti National Medal of Technology pada tahun 1991.

3. Marie Van Brittan Brown

penemu cctv

Sebagai penemu wanita yang berhasil mengubah dunia, Marie Ban Brittan Brown berhasil menciptakan sistem keamanan rumah yang menjadi teknologi CCTV di saat ini.

Berawal dari keresahannya terhadap keamanan lingkungan, Marie dan suaminya berinisiatif untuk merancang sistem keamanan sirkuit tertutup untuk memantau pengunjung yang datang ke rumah dari kamera. Kemudian Ia dapat memproyeksikan gambar tersebut ke monitor televisi layaknya CCTV yang kerap kita gunakan sekarang.

4. Ann Tsukamoto

penemu wanita peredaran darah

Berjasa di bidang medis, Ann Tsukamoto adalah penemu wanita yang berhasil mendapat paten yang bermanfaat dalam memahami sistem peredaran darah pada pasien yang menderita penyakit kanker. Temuan ini akhirnya bisa membantu proses penyembuhannya.

5. Marry Anning

Marry Anning

Sejak muda, Mary Anning selalu memburu fosil sebagai kegiatan perekonomiannya. Pada usia 12 tahun, Marry Anning menemukan fosil yang sangat berpengaruh pada dunia sains.

Temuan Marry Anning berhasil mengubah cara pandang ilmuan akan asal usul sejarah planet Bumi, bahkan teori evolusi Charles Darwin pun didasarkan pada temuan Marry Anning.

6. Tu Youyou

kayu manis untuk malaria

Tu Youyou merupakan penemu wanita di bidang farmasi dan kimia. Ia berhasil menemukan obat malaria dan menyelamatkan banyak nyawa. Berdasarkan penelitiannya, Tu Youyou memahami bahwa pengobatan herbal dengan kayu manis dapat mengobati demam atau gejala malaria.

7. Stephanie Kwolek

penemu kevlar untuk rompi anti peluru

Apakah kamu tahu Kevlar? Kevlar adalah serat sintetis ringan yang lebih kuat dari baja. Fungsi Kevlar digunakan sebagai rompi anti peluru dan bahan utama untuk bodi pesawat. Temuan Kevlar ini ternyata diinisiasi oleh Stephanie Kwolek, penemu wanita yang berjasa dalam industri penerbangan, pertambangan, dan otomotif.

8. Margarita Salas

ilmuan DNA dan virus

Margarita Salas merupakan penemu wanita yang sangat berjasa di dunia sains. Temuannya dapat mengubah dunia yang berfokus pada penelitian Spanyol di dunia biokimia dan biologi molekuler.

Hasil temuannya berkonsentrasi pada virus dan DNA.  

Nah sekarang kita sudah mengenal beberapa penemu wanita dan hasil temuannya yang dapat mengubah dunia. Apakah kamu juga ingin menciptakan sebuah inovasi yang mampu mengubah dunia seperti mereka?

Yuk, kita awali perjalanan ini dengan ikut bergabung di kelas demo GRATIS EF untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang kerap dipakai dalam dunia sains dan teknologi.  

Di kelas ini kita akan diajarkan oleh guru yang profesional tentang cara memahami grammar dan meningkatkan kosakata dengan cepat dan mudah. Tertarik untuk bergabung? Daftarkan diri kamu dengan isi nomor telepon di halaman ini sekarang juga! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben