Menu
tips bagi pemula bahasa inggris
Education Advice

Kamu Pemula dalam Bahasa Inggris? Jangan Khawatir!

teenager tipstips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.09.28

Mungkin beberapa dari kamu ingin mulai untuk belajar bahasa Inggris, dan kamu tidak tahu dari mana kamu harus mengambil langkah pertama. Kira-kira, bagaimana cara memulai belajar bahasa Inggris sebagai pemula?

Sebagian di antara kamu mungkin merasa bahwa bahasa Inggris sulit dipelajari, terutama jika sebelumnya kamu belum pernah benar-benar serius untuk mempelajarinya. Cita-cita untuk menjadi seorang bilingual mungkin terasa jauh bagi kamu, sedangkan banyak sekolah mensyaratkan bahasa Inggris sebagai patokan kelulusan.

Beli Kursus, Bisa Gratis Kursus?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF dengan potongan harga khusus* dan kesempatan mendapatkan program gratis*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Jika kamu satu di antara orang-orang yang khawatir tersebut, tenang saja! Kamu masih punya kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan baik melalui beberapa trik yang dapat kamu lakukan sehari-hari. Banyak pilihan yang bisa kamu ambil untuk menjadi fasih dalam bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan.

Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mulai belajar bahasa Inggris!

Kelilingi Dirimu dengan Bahasa Inggris

tips bahasa inggris buat pemula

Apa cara termudah untuk memulai belajar sebuah bahasa?

Jawabannya cukup sederhana: Kelilingi dirimu dengan bahasa tersebut!

Saat mendengar pernyataan ini, kamu tidak perlu merasa kewalahan. Kamu dapat mulai mencatat beberapa kosakata baru dalam bahasa Inggris secara berangsur-angsur, atau bahkan mendengarkan lagu favoritmu sambil membaca liriknya. Kuncinya, kamu harus membuat bahasa Inggris menjadi ‘familiar’ bagimu.

Kamu juga bisa mulai mencari teman untuk berlatih berbicara bahasa Inggris denganmu, misalnya dengan mengikuti forum belajar bahasa Inggris online, atau mencari guru yang dapat membimbingmu dengan baik.

Menjadikan Bahasa Inggris sebagai Hobi, Bukan Sekedar ‘Pelajaran’

buku bahasa inggris buat pemula

Apakah kamu tahu bahwa salah satu hal yang dapat membantumu belajar sebuah bahasa dengan cepat, adalah kamu harus ‘mencintai’ bahasa tersebut? Yup. Saat kamu belajar dalam metode yang tidak kamu sukai, atau lebih parah, membuat kamu membencinya, kamu akan merasa bahwa bahasa tersebut sangat sulit dipelajari.

Jadikan bahasa Inggris salah satu dari hobi yang kamu cintai. Misalnya saja dengan mencari cerita dalam bahasa Inggris, atau bahkan memainkan games berbahasa Inggris. Saat kamu mengkorelasikan hal yang kamu sukai dengan bahasa Inggris, saat itu lah kamu akan belajar menjadikannya sebagai salah satu hobimu.

Jangan Terburu-buru!

tips dan trik belajar bahasa untuk pemula

Yep. Take your time. Kamu harus memberikan dirimu waktu untuk belajar. Bahasa Inggris merupakan sebuah kemampuan dasar yang akan kamu bawa sampai kamu dewasa nanti. Salah satu hal yang harus kamu ingat adalah, ada tahap yang harus kamu lalui untuk mencapai level fasih dalam bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris tidak melulu mengenai reading atau structure, kamu juga akan menemukan listening, idiomatic English bahkan perbedaan aksen di tiap negara saat kamu sedang belajar.

Mencari Metode paling Tepat untuk Belajar yang Sesuai dengan Dirimu

metode belajar bahasa inggris untuk pemula

Jawaban ini memang mungkin terdengar klasik. Tapi, penelitian membuktikan bahwa anak-anak cenderung memiliki tipe kecerdasan yang berbeda-beda, yang tentunya berpengaruh pula pada cara mereka belajar.

Perilaku ini kemudian akan berpengaruh pada metode pembelajaran yang mereka ikuti; apakah sudah cocok dengan kepribadian mereka?

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk kursus, carilah tempat kursus yang memiliki metode pengajaran yang dapat meraih segala aspek utama dalam pembelajaran. Hal ini kemudian dapat membantumu mencerna bahasa Inggris dengan lebih mudah.

(Psst, EF punya jawaban atas pertanyaanmu ini! Kamu bahkan bisa mengeceknya di sini untuk menerima voucher khusus buat kamu!)

Selamat belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben