Menu
bagian bunga dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Parts of Flower! Mengenal Bagian Bunga dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.26

Bunga memiliki berbagai macam warna, seperti kuning, merah, ungu, dan putih. Tak hanya itu, bentuk dan ukuran bunga juga sangat beragam. Mengapa begitu? Berbicara tentang bunga, Tom akan memberitahumu bagiab-bagian bunga dalam bahasa Inggris beserta gambar bagian bunga yang bisa kamu download. Yuk cari tahu disini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bunga adalah bagian dari tanaman yang paling unik, cantik, dan menarik. Keunikannya dapat dilihat dari ukuran, susunan, dan struktur bunga yang bervariasi. Sebelum mengetahui bagian bunga dan fungsinya, mari berkenalan terlebih dahulu dengan bunga.

Bunga dan Fungsinya

food vlogger

Bunga atau flower adalah struktur penting pada tumbuhan yang bertanggung jawab dalam proses reproduksi dengan menghasilkan biji. Biji-biji ini menjadi kunci untuk kelangsungan hidup tumbuhan, memungkinkan mereka berkembang biak. Komponen utama bunga, seperti kelopak, mahkota, benang sari, dan putik, bekerja sama dalam menjalankan fungsi-fungsi khususnya dalam reproduksi tumbuhan berbunga. Fungsi bunga bagi tumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Penyerbukan: Bunga membantu tumbuhan berkembang biak dengan menarik serangga, burung, atau angin. Hewan-hewan ini membawa serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain, membantu pembentukan biji.

  • Pembentukan Biji: Bunga adalah tempat bertemunya sel telur tumbuhan dan serbuk sari. Ini adalah langkah penting yang membuat biji tumbuh menjadi tanaman baru.

  • Melindungi Organ Reproduksi: Kelopak dan mahkota pada bunga berfungsi melindungi organ reproduksi tumbuhan dari kerusakan fisik dan cuaca buruk.

  • Menyediakan Makanan: Beberapa bunga menghasilkan nektar, cairan manis yang menarik hewan penyerbuk. Saat hewan-hewan ini minum nektar, mereka tanpa sengaja membantu penyerbukan.

Bagian-Bagian Bunga dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui fungsi dari bunga, sekarang kita berpindah ke bagian-bagian bunga dalam bahasa Inggris. Kira-kira ada bagian apa saja? Apa masing-masing fungsi dari bagian bunga? Berikut penjelasannya untuk EFriends:

Tangkai Bunga (Pedicel)

Pertama, batang atau tangkai bunga merupakan elemen yang menghubungkan bunga dengan batang tanaman. Dalam bahasa Inggris tangkai bunga disebut "pedicel". Fungsinya adalah untuk memberikan dukungan serta memungkinkan pertumbuhan dan tegaknya bunga.

Dasar Bunga (Receptacle)

Dasar bunga (receptacle) itu seperti fondasi bagi bunga. Ini seperti bagian bawah bunga yang menempel pada tangkainya. Receptacle memiliki tugas dasar bunga adalah menopang dan membantu benang sari dan putik. Bagian dasar bunga yang mendukung benang sari dan putik disebut ovarium.

Kelopak Bunga (Sepal)

Selanjutnya, ada kelopak atau "sepal". Bagian ini sebagai pelindung bunga, loh! Ada lima sepal yang menyerupai kelopak bunga dan melingkari mahkota bunga. Biasanya sepal berwarna hijau seperti batang dan daun. Selain jadi pelindung sebelum bunga mekar, sepal juga tetap utuh meski kelopak bunga sudah gugur, lho!

Mahkota Bunga (Petal)

Lalu, mahkota bunga (petal) berada di bawah kelopak dan biasanya berwarna cerah. Fungsinya seperti undangan bagi hewan penyerbuk, seperti lebah atau burung. Warna-warni dan bau harumnya menarik perhatian mereka, membantu proses penyerbukan dengan cara yang cantik dan harum.

Benang Sari (Stamen)

Kemudian, benang sari (stamen) adalah bagian bunga yang menghasilkan serbuk sari (pollen). Benang sari fungsinya sebagai alat perkembangbiakan jantan yang akan digunakan untuk menyerbuki putik bunga. Benang sari terdiri dari dua bagaian, di bawah ini:

  • Kepala Sari (Anthers) : Bagian ini seperti gundukan kecil yang berisi serbuk sari.

  • Filamen (Filaments) : Filamen ini seperti tiang penyangga dari kepala sari.

Putik (Pistil)

Terakhir, bagian putik (pistil) merupakan bagian bunga yang menerima serbuk sari dari benang sari. Putik merupakan bagian dari bunga yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan betina yang akan mengandung sel telur tumbuhan. Jika terjadi penyerbukan yang berhasil, putik akan menghasilkan biji. Putik atau pistil ini punya tiga bagian penting lho di bawah ini adalah bagian-bagian dari putik:

  • Kepala putik (Stigma) : Ini bagian paling atas pistil yang kayak kepala. Stigma ini punya tugas menangkap serbuk sari dan membantu pembentukan biji.

  • Tangkai putik (Style) : bagian ini merupakan tabung yang membawa serbuk sari ke ovarium. Jadi, Mereka seperti jembatan kecil yang membantu pembuahan.

  • Ovarium (Ovary) : Ovarium ini seperti rumah bagi pembuahan para bunga. Di sini, serbuk sari bertemu dengan telur dan membentuk biji. Selanjutnya, ovarium akan menjadi buah setelah melakukan pembuahan, loh!

Jika kamu masih kesulitan, Tom punya poster yang akan membantumu lebih mudah belajar dan menguasai topik ini, lho. Yuk, lihat posternya dengan klik tombol di bawah ini!

Seru banget ya, belajar mengenal bagian-bagian bunga dalam bahasa Inggris! Jangan lupa, kamu bisa mengunduh poster bunga di atas untuk melihat lebih jelas bagaimana setiap bagian ini terlihat. Setiap bagian bunga memiliki peran penting dalam kehidupan bunga. Ayo bersama-sama menjaga dan menyayangi alam!

Kalau kamu masih kesulitan menjelaskan tentang bagian-bagian tumbuhan menggunakan Bahasa Inggris, Tom siap membantumu! Ada kelas gratis di EF khusus untuk EFriends. Yuk, klaim tiketmu sekarang cukup dengan mendaftarkan nomor handphone! Tempat terbatas!

Yuk ikuti pengalaman belajar seru di kelas EF bersama guru-guru yang asyik!