Menu
teknik menulis catatan
Education Advice

Optimalkan Belajarmu dengan Teknik Cornell Note-Taking

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.02

Pernahkah kamu merasa bingung saat mencari cara terbaik untuk menulis catatan saat belajar? Salah satu metode yang dapat membantu meningkatkan pemahaman informasi adalah teknik Cornell Note-Taking. Apa itu? Bagaimana cara mengaplikasikannya agar catatanmu aesthetic dan lebih rapi?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Teknik Cornell Note-Taking bukan sesuatu yang rumit, kok. Malah, teknik ini bisa membantu kamu untuk lebih fokus dan memahami materi pembelajaran dengan lebih baik. Yuk, simak penjelasan dari Tom di bawah ini!

Apa itu Teknik Cornell Note-Taking

tips menulis catatan

Teknik Cornell Note-Taking diperkenalkan oleh Walter Pauk dari Cornell University. Dengan metode ini, kamu diajak untuk lebih aktif mencatat informasi dengan cara yang lebih terstruktur, dan membuatmu lebih fokus serta mudah memahami apa yang dipelajari.

Tujuan dari teknik ini adalah agar kamu tidak sekadar menulis materi pelajaran yang gurumu sampaikan, tapi benar-benar memproses dan memahami materi tersebut dengan baik. Dengan mencatat ide pokok dan merangkumnya, kamu bisa dengan cepat me-review kembali informasi dalam mempersiapkan diri untuk ujian atau diskusi di kelas.

Cara Menggunakan Teknik Cornell Note-Taking

Cornell note taking
  • Bagi Halaman Menjadi Tiga Bagian
    Pertama, bagi halaman catatanmu menjadi tiga bagian. Bagian pertama, yang biasanya di sebelah kiri. Ini disebut sebagai kolom "keyword" atau "kata kunci". Bagian tengah adalah kolom "notes" atau "catatan" yang berisi ide pokok dari materi pelajaranmu. Sedangkan bagian bawah halaman diberi nama "summary" atau "ringkasan".

  • Tulis Tanggal dan Judul
    Kedua, sebelum mulai mencatat, jangan lupa tulis tanggal dan judul materi yang sedang kamu pelajari ya. Ini akan membantumu mengorganisir catatanmu nanti.

  • Menulis Kata Kunci
    Pada kolom "keyword", catatlah kata kunci atau poin utama dari materi yang sedang dipelajari. Gunakan poin atau singkatan untuk mempermudah pemahaman. Kamu juga bisa menuliskan pertanyaan terkait materi yang tidak kamu pahami.

  • Catat Catatan Utama
    Lalu, di kolom "notes", tuliskan catatan utama dari pembelajaranmu. Gunakan kalimat singkat dan jangan lupa untuk menulis ulang apa yang dikatakan guru dengan bahasamu sendiri. Saat kamu menulis menggunakan gayamu sendiri, ini akan memudahkan kamu dalam memahami sebuah materi pelajaran.

  • Membuat Ringkasan
    Terakhir, setelah selesai mempelajari suatu bagian, buatlah ringkasan singkat di bagian bawah halaman. Ini bisa membantu kamu mengingat kembali materi secara keseluruhan.

Manfaat Menggunakan Teknik Cornell Note-Taking

manfaat teknik cornell
  1. Memaksimalkan Pemahaman
    Teknik Cornell Note-Taking menjadi andalan untuk memaksimalkan pemahamanmu terhadap materi pembelajaran. Dengan merangkum informasi secara singkat dan mengorganisirnya dalam kolom utama, otakmu terlibat lebih aktif dalam memproses informasi. Dengan ini kamu memberikan petunjuk pada otak untuk fokus pada hal-hal penting, sehingga kamu dapat lebih memahami inti dari setiap pelajaran. Dengan begitu, proses pembelajaranmu tidak hanya menjadi pasif, melainkan lebih berinteraksi dengan informasi yang diterima.

  2. Meningkatkan Daya Ingat
    Menerapkan teknik Cornell Note-Taking punya dampak positif pada daya ingat jangka panjangmu, lho EFriends. Melalui aktivitas menulis, kamu tidak hanya sekadar membaca dan mendengarkan, tetapi juga secara aktif menciptakan jejak memorimu sendiri. Oleh karena itu, materi yang dicatat dengan teliti dan disusun dengan baik cenderung lebih mudah diingat dalam jangka waktu yang lebih panjang.

  3. Memudahkan saat Ujian
    Salah satu keunggulan utama metode Cornell adalah kemudahan dalam membaca kembali catatan. Dengan memiliki kolom "key ideas" di samping kolom "notes", saat menjalani ujian, kamu memiliki panduan yang akan memudahkanmu dalam belajar. Dengan begitu, persiapan ulanganmu menjadi lebih terarah dan efisien.

  4. Efisiensi Waktu
    Salah satu hal yang membuat teknik Cornell Note-Taking begitu efektif adalah kemampuannya untuk menghemat waktu. Dengan catatan yang sudah terstruktur dengan baik, kamu tidak perlu menghabiskan waktu berlebihan untuk merapikan atau mencari informasi yang penting. Ketika kamu ingin me-review, catatan pelajaran sudah tersedia dalam format yang mudah dimengerti dan langsung siap dipelajari. Dengan begitu, waktu belajarmu bisa dimanfaatkan dengan lebih efisien.

Teknik Cornell Note-Taking adalah alat yang hebat untuk membantu kamu belajar dengan lebih efektif. Tertarik untuk mencobanya dalam belajar? Dengan menggunakan teknik ini, proses belajarmu semakin optimal dan hasilnya memuaskan. Jangan lupa berbagi tips ini dengan teman-temanmu!

Ingin tips belajar lainnya? Kamu bisa lho bergabung menjadi EF Student. Di EF, ada banyak tips yang akan kamu dapat khususnya tips belajar Bahasa Inggris. Tentunya kamu akan ditemani dengan guru-guru yang profesional dan kegiatan pembelajaran yang seru!

Yuk ikuti keseruannya dengan mecoba kelas EF GRATIS! Hanya dengan mengisi nomor HP-mu di kolom yang ada pada laman ini.

See you at the class EFriends!