Menu
on time vs in time
Grammar and Vocabulary

On Time vs In Time, Ketahui Perbedaannya Supaya Kamu Nggak Telat

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.28

On time dan in time. Keduanya sama-sama berbicara soal waktu. Biasanya banyak digunakan saat membuat janji untuk bertemu atau saat ada undangan. Tapi, apa sih perbedaan on time dan in time? Lalu, apa itu out of time? Tom akan kupas semuanya di artikel ini.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Waktu, sebuah kekuatan tak kasat mata yang mengatur hidup kita, sering kali membuat kita terlalu santai atau terlalu buru-buru. On time dan in time, dua kata yang hampir selalu ada saat kita membuat janji atau diundang ke suatu acara. Di undangan, kamu pasti akan menemui catatan kecil bertuliskan “please arrive on time.”

On time dan in time juga jadi perbedaan budaya di negara berbeda. Misalnya saat diundang ke acara pesta di rumah dan pemilik rumah mengundangmu untuk datang jam 7 malam. Ada budaya yang menganggap jika tamu datang jam 6:45 adalah sebuah hal yang kurang sopan, tapia da juga sebaliknya. Atau ada pula tamu yang baru datang di jam 8:00 dianggap biasa saja. Hmm, mulai membingungkan ya EFriends?

Supaya kamu tidak salah waktu, kamu harus tahu dulu apa yang membedakan on time, in time dan juga out of time.

On Time: Tepat Waktu

on time

On time, kata yang paling sering kita dengar. Nah, kalau kamu melakukan sesuatu "on time", itu artinya kamu melakukannya pada waktu yang tepat, sesuai dengan yang dijadwalkan atau yang diharapkan. Contohnya, kalau kamu harus datang ke sekolah jam 7 pagi, dan kamu sampai di sana tepat jam 7 pagi, itu berarti kamu datang "on time". Atau saat jadwal pesawatmu adalah jam 15:30, dan pesawat sudah boarding di jam 15:30, maka jadwalnya bisa dikatakan on time. Selalu ingat, keberhasilan itu dimulai dari kesadaran untuk melakukan sesuatu on time, EFriends.

Fitur utama dari “on time”:
  • Berfokus pada ketepatan waktu dan kepatuhan terhadap jadwal yang telah ditentukan.

  • Sering digunakan dengan kata kerja seperti "mulai", "tiba", "kirim", "antar", atau "terjadi".

  • Menciptakan rasa profesionalisme.

In Time: Masih Ada Waktu

in time

Berikutnya, ada yang namanya "in time". Sedikit berbeda dari "on time", kalau kamu melakukan sesuatu "in time", itu artinya kamu masih melakukan sesuatu sebelum batas waktu tertentu atau sebelum terlambat. Jadi, meskipun kamu tidak tepat waktu secara persis, kamu masih punyav kesempatan untuk menyelesaikan atau melakukan sesuatu sebelum terlambat. Misalnya, jadwal ujian dimulai jam 8 pagi dan kamu sampai di kelas jam 7:30 pagi. Meskipun tidak tepat waktu, kamu masih bisa masuk "in time" sebelum ujian dimulai dan kamu masih bisa melakukan hal lain misalnya belajar atau menyiapkan alat tulismu.

Fitur utama dari “in time
  • Menekankan urgensi dan potensi konsekuensi negatif jika tindakan tersebut tidak dilakukan.

  • Sering dipasangkan dengan kata kerja seperti "tiba", "selesai", "mencapai", "mencegah", "berhenti", atau "merebut".

  • Menciptakan perasaan lega dan puas.

Out of Time: Terlambat

in time

Selain on time dan in time, ada yang namanya "out of time". Ini yang paling mengkhawatirkan, EFriends. Saat kamu out of time, itu artinya kamu sudah terlambat atau melewati batas waktu yang ditentukan. Misalnya, kalau kamu harus mengumpulkan tugas tanggal 10 Februari, tapi kamu baru mengumpulkannya di hari esok, itu artinya kamu sudah out of time. Contoh lainnya, kalau kamu diundang ke pesta dan diminta hadir jam 18:30 tapi kamu justru datang jam 20:00 saat semua orang sudah mulai pulang, itu termasuk “out of time”. Ingat ya, usahakan untuk tidak sampai berada dalam situasi "out of time", karena bisa berdampak buruk pada banyak hal.

Fitur utama dari “out of time”:
  • Menyoroti hilangnya peluang dan konsekuensi negatif dari keterlambatan.

  • Sering digunakan dengan kata kerja seperti "ketinggalan", "tiba", "selesai", "kirim", "menyesal", atau "kalah".

  • Menimbulkan rasa frustasi dan hilangnya potensi.

Itu tadi penjelasan dari tiga kata krusial yang berhubungan dengan waktu, jadwal dan janji. Ingat ya EFriends, lakukan sesuatu pakai prinsip in time dan on time. Jangan sampai kamu out of time karena Kunci keberhasilan itu ada di manajemen waktu yang baik.

Kalau kamu mau belajar istilah-istilah lain yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris, ikutan kelas gratis dari EF aja! Selain banyak kegiatan seru, kamu juga bisa bertemu teman baru dan bersenang-senang bersama. Yuk daftar sekarang!