Menu
olahraga ini bisa kamu lakukan sebelum belajar
Education Advice

Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Sebelum Belajar

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.10.02

Apakah kamu pernah merasa malas untuk berolahraga? Hal ini akan terjadi ketika tubuh terasa lelah sepanjang waktu meskipun sudah cukup makan dan tidur. Sebagian dari kita pasti akan mengalaminya jika kurang olahraga. Padahal, kamu bisa melakukan olahraga ini sebelum belajar. Eh, gimana caranya?

Olahraga adalah kegiatan fisik yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat tersebut di antaranya adalah menjaga tubuh agar tetap fit dan dijauhkan dari berbagai penyakit, merangsang pertumbuhan yang ideal, memperlancar peredaran darah, serta masih banyak manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan jika berolahraga.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Keutamaan dari olahraga selain kesehatan tubuh adalah kesehatan otak. Tidak heran bila orang yang rutin olahraga akan mendapat nilai tertinggi di kelasnya. Bagaimana bisa? Tentu jawabannya adalah dengan berolahraga, kemampuan kognitif otak akan meningkat. Kemampuan kognitif ini yang dapat membantu kamu lebih fokus dalam belajar dan dapat meningkatkan daya pikir.

Oleh karena itu ada baiknya jika sebelum belajar kamu melakukan olahraga terlebih dahulu. Lalu, olahraga apa saja dapat dilakukan sebelum belajar? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas πŸ˜‰

Stretching

Stretching

Olahraga santai yang dapat kamu lakukan ialah stretching. Ketika tubuh sudah jauh lebih rilex, maka belajar pun akan lebih nyaman.

Terdapat empat gerakan stretching yang dapat kamu lakukan, seperti spinal rotations, leg pendulum, hip circles, dan large arm circles. Kamu bisa mengulangi setiap gerakan selama 5-10 kali sebelum belajar.

Yoga

Yoga

Terdapat banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin melakukan yoga. Di antaranya adalah meningkatkan fokus dan membantu kamu untuk mengatasi depresi serta mengurangi stress sehingga mood kamu kembali ceria.

Jika kamu seorang pemula, kamu bisa melakukan beberapa gerakan yoga efektif yang paling mudah seperti mointain pose, downward facing dog pose, plank pose, triangle pose, tree pose, warrior pose, dan seated forward bend pose.

Jogging

Jogging

Jika kamu senang melakukan olahraga outdoor, jogging bisa menjadi pilihan kamu. Manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan jogging adalah dapat menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, dan dapat mencegah berbagai penyakit seperti stroke, jantung, dan diabetes.

Ternyata selain olahraga dapat memberikan banyak manfaat ke otak kita, kegiatan ini juga bisa memperbaiki suasana hati, menarik ya! Apabila suasana hati kamu sudah membaik, maka kamu akan lebih fokus untuk belajar. πŸ˜‰

Berenang

berenang

Apakah kamu suka berenang? Gaya apa saja yang sudah kamu kuasai? Khusus untuk kamu yang suka sekali berenang, maka pilihan kamu sudah sangat tepat. Rutinitas olahraga renang ini juga memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Apalagi jika kamu melakukannya di pagi hari. Tubuh akan lebih segar dan mood kamu akan lebih baik nantinya. Secara tidak langsung, kamu juga ikut mendukung Child Health Day yang selalu diperingati pada hari senin pertama di bulan Oktober juga loh.

Bersepeda

Bersepeda

Pada umumnya ketika akan menghadapi ujian, tingkat stres dalam tubuh akan meningkat. Terdapat beberapa orang akan lebih malas untuk belajar. Jika kamu salah satunya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga bersepeda. Terdapat penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports, bahwa bersepeda bisa meningkatkan daya ingat kita.

Intinya, dengan olahraga secara rutin dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak sehingga dapat bekerja secara optimal. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah ke otak akan semakin lancar dan tingkat kecerdasan pun akan meningkat.

Jika kamu sudah olahraga di pagi hari, kamu juga bisa ikut kelas demo GRATIS di EF untuk belajar bahasa Inggris dengan guru yang profesional. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak promo dan aktivitas seru di dalamnya. Menarik bukan?

Oleh karena itu, yuk gabung dengan EF!

Ben Small Stars
Author
Ben