Menu
cara menulis happy new year
Reading and Writing

New Year atau New Year’s? Cara Menulis Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.03

Hai EFriends! Saat kita memasuki awal tahun baru, pasti kamu ingin mengirimkan ucapan yang tepat, kan? Nah, ternyata ada perbedaan penting antara "New Year," "New Year's," dan "New Years" dalam bahasa Inggris. Yuk, kita bahas supaya ucapan kamu tetap keren dan benar!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahun baru selalu diiringi oleh kegembiraan dan semangat baru. Di tengah-tengah euforia menyambut tahun yang baru, banyak orang merasa bingung tentang cara penulisan yang benar untuk menyampaikan ucapan selamat tahun baru dalam Bahasa Inggris. Apakah kita harus menggunakan "New Year," "New Year’s," atau "New Years"?

Pada kesempatan kali ini, Tom ingin mengajak kamu untuk belajar menulis pesan selamat tahun baru ke teman-temanmu dalam bahasa Inggris.

cara menulis happy new years

1. "New Year," "New Year's," atau "New Years": Apa Bedanya?

New year artinya pergantian tahun atau tahun baru adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan saat perubahan tahun dari satu tahun ke tahun berikutnya. Perayaan ini sering ditandai dengan pergantian tanggal dari 31 Desember ke 1 Januari dalam kalender Masehi.

Contoh: "I'm excited for the new year!" (Aku senang menyambut tahun baru!)

Kalau new year's sendiri melibatkan kepemilikan atau sesuatu yang terkait dengan hari libur. Apakah kamu masih merasa bingung? Jadi dalam bahasa Inggris, pada nama hari libur selalu disertai dengan -'s untuk mengekspresikan keterkaitan atau kepemilikan terhadap suatu peristiwa atau hari libur. Istilah New Year's ini berarti perayaan dan momen khusus saat tahun berganti dari satu tahun ke tahun berikutnya. Jika kita mengatakan "New Year's Eve" atau "New Year's Day," itu berarti kita sedang berbicara tentang malam atau hari yang spesifik saat perayaan tahun baru berlangsung.

Contoh: "Let's have a New Year's celebration!" (Ayo adakan perayaan Tahun Baru!)

"New Years" merupakan penulisan yang salah dalam mengucapkan selamat tahun baru, tentunya kamu seringkali dihadapkan dengan kesalahan itu bukan? Kalau new years artinya adalah tahun-tahun yang baru. Kalau kamu ingin mengucapkan selamat tahun baru, penulisan yang benar adalah "Happy New Year!"

Contoh yang salah: "Happy New Years!"

2. Tips Menulis Ucapan Tahun Baru yang Keren dalam Bahasa Inggris

  • Pastikan kamu menulis "New Year" atau "New Year's" dengan benar untuk tata bahasa yang baik.
    Contoh: "Wishing you a fantastic New Year filled with joy and success!" (Mengharapkan kamu tahun baru yang fantastis penuh kebahagiaan dan kesuksesan!)

  • Kreatif dan hangat. Buat ucapanmu lebih personal dengan menambahkan sentuhan kreatif.
    Contoh: "May the coming year bring you new adventures and endless happiness!" (Semoga tahun yang akan datang membawa petualangan baru dan kebahagiaan tak terbatas untukmu!)

  • Ucapan formal dan informal
    Ucapan formal dan informal itu seperti dua bahasa yang berbeda, EFriends. Ucapan formal biasanya dipakai di situasi resmi atau dengan orang yang kurang kita kenal, kata-katanya juga cenderung lebih sopan dan terstruktur.

    Sementara itu, ucapan informal lebih santai dan akrab, biasanya digunakan saat kita bicara dengan teman atau keluarga. Bahasa yang digunakan juga lebih simpel dan penuh ekspresi keakraban.

    Berikut contoh ucapan formal dan informal mengucapkan happy new year dalam bahasa Inggris!


    Formal:
    "Wishing you a prosperous New Year filled with achievements and success."
    (Semoga tahun baru yang sejahtera penuh dengan prestasi dan kesuksesan)

    Informal:
    "Cheers to another year of laughter and awesome moments together!"
    (Selamat menyambut satu tahun lagi yang penuh tawa dan momen kebersamaan yang luar biasa!)

Sekarang, kamu sudah tahu bedanya, kan? Jadi, saat kamu mengirim ucapan tahun baru dalam bahasa Inggris, pastikan kamu pilih yang benar supaya pesanmu lebih tepat sasaran.

Selain itu, kamu juga bisa melatih bahasa Inggrismu dengan mencoba kelas gratis di EF! Di sini, kamu akan belajar dan bermain untuk meningkatkan bahasa Inggrismu karena banyak hal menyenangkan yang akan kamu dapatkan ketika kamu belajar di EF!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftar!

Selamat Tahun Baru, EFriends! Semoga tahun ini penuh kebahagiaan dan sukses untuk kita semua! 🎉