Menu
naskah drama bahasa inggris
Reading and Writing

Naskah Drama dalam Bahasa Inggris

2020.04.11

Naskah drama dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan play script merupakan tulisan yang dibuat untuk diperformakan - perform, baik itu untuk panggung theatre, radio, TV, atau pun film. Karena bahasa yang umum digunakan adalah bahasa sehari-hari atau informal, maka dari itu penulisannya akan sedikit berbeda dengan kita menulis sebuah novel atau buku ilmiah.

Potongan-potongan kalimat yang tidak lengkap akan sering dijumpai pada naskah drama tersebut. Demikian pula dengan istilah-istilah yang sedang tren pada masa itu - slang, juga terkadang sering digunakan, khususnya naskah drama dalam bahasa Inggris, sebab bahasa Inggris sangat kaya akan istilah-istilah trendy, yang terus berkembang setiap dekade, serta berbeda-beda tergantung letak wilayah geografis bahasa tersebut dikembangkan.

Pada umumnya naskah memiliki dua macam tulisan, yaitu dialogue - percakapan yang akan dilakukan oleh para aktor dan aktris, serta stage directions - merupakan petunjuk atau arahan untuk aktor/aktris serta director drama.

Berikut contoh singkat naskah drama dalam bahasa Inggris:

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

The Curious Child

Scene: A bedroom

Characters: Allie, a four year old girl; Mother, mother of Allie

(Mother is tucking Allie to bed.)

ALLIE: Mom, where do people go when they die?

MOTHER: Well, they go to a faraway land called Heaven.

ALLIE: (Excited) How do they go there? Do they fly if it’s that far? Can we go there Mommy? I want to see Granny!

MOTHER: (Perplexed) We can’t… not now.

ALLIE: Why not?! I missed Gran. I want to go…

(Knocking sound.) (Enter Father.)

FATHER: What’s going on, ladies?

Seperti yang dapat kita lihat, kerangka naskah tersebut terdiri atas title - judul, scene - tempat, situasi atau kondisi dimana adegan tersebut di set, serta characters - karakter yang turut main pada awal adegan, sebaiknya ditulis lebih lagi rincian informasi yang relevan atau patut diketahui, seperti sifat, profil karakter dan semacamnya.

Sekarang, dapatkah kamu membuat naskah dramamu sendiri?