Menu
mata pelajaran
Grammar and Vocabulary

Nama-nama Mata Pelajaran Sekolah dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.28
Bahasa Arab

Kembali ke sekolah menjadi momen yang telah dinanti-nanti oleh para siswa. Selain bisa bertemu dengan teman-teman, kegiatan belajar mengajar juga telah dimulai kembali. Terutama pada momen kenaikan kelas, biasanya kembali ke sekolah artinya akan mempelajari mata pelajaran baru yang tidak pernah dipelajari pada tingkat sebelumnya.

Nah, kamu pasti sudah hafal apa saja mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Misalnya, mata pelajaran umum seperti bahasa Indonesia, Matematika, Kimia, atau mata pelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam atau sosial untuk semua tingkatan sekolah dari mulai Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apakah kamu bisa menyebutkan nama mata pelajaran sekolah tersebut dalam bahasa Inggris? Kira-kira mata pelajaran mana yang memiliki penyebutan berbeda? Tidak perlu bingung tulisan di bawah ini akan membantumu!

1. Arabic: Bahasa Arab

bahasa arab

Mata pelajaran bahasa Arab dalam dunia pendidikan bertujuan untuk mengarahkan, membimbing, mengembangkan, dan menumbuhkan sikap positif siswa terhadap apa yang mereka didapatkan dari pelajaran ini.

Pada dasarnya, bahasa Arab memberikan ajaran Islam yang berorientasi pada keterampilan mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis bahasa Arab. Beberapa hal yang dapat kita temukan pada pelajaran bahasa Arab yaitu tata bahasa, kosakata (mufrod atau jamak), pelafalan, dan aspek budaya yang terkandung dalam teks bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan.

Selain itu, dengan mempelajari bahasa Arab, kita bisa lebih memahami Al-Quran dan As-Sunnah yang merupakan pedoman bagi setiap umat Islam di bumi ini.

2. Biology: Biologi

biologi

Apakah kamu masih ingat mata pelajaran biologi saat berada di Sekolah Dasar? Pada saat itu, kita diberikan sebuah materi yang mempelajari tentang sel dan strukturnya, virus, hingga macam-macam tumbuhan dan hewan beserta klasifikasinya dengan konsep yang mudah dimengerti.

Kemudian saat beranjak ke tingkat SMP, pelajaran biologi yang kita terima mungkin masih terdengar mudah namun sedikit rumit karena materi yang diberikan mencakup ciri-ciri dan keanekaragaman hayati makhluk hidup, komponen ekosistem, serta interaksinya antar makhluk hidup dalam lingkungan. Sementara itu, pada tingkat SMA konsep biologi menjadi mata pelajaran yang wajib dipelajari khusus jurusan IPA dengan materi yang lebih luas dari apa yang dipelajari di bangku SMP.

3. Art and Culture: Seni Budaya

seni budaya dan keterampilan

Apakah kamu suka menari atau bermain musik? Jika iya, melalui mata pelajaran Seni Budaya kita bisa mengembangkan jiwa kreativitas melalui ide-ide atau gagasan estetika yang dituangkan dalam bentuk karya.

Beberapa hal yang dapat kita pelajari dari mata pelajaran ini di antaranya yaitu seni rupa, seni tari, dan beragam keterampilan lainnya yang mengandung unsur seni budaya dan keterampilan (SBK).

Hal yang menarik dari mata pelajaran ini adalah praktik yang dilaksanakan secara langsung, seperti menari tarian tradisional dengan kostum yang khas, hingga mempelajari budaya dengan melakukan pertunjukkan drama.

4. Chemistry: Kimia

kimia

Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang akan kita temui di SMA. Konsep yang ada pada materi kimia ini mencakup struktur, sifat zat, dan materi tentang atom hingga molekul.

Sebagai salah satu mata pelajaran wajib SMA jurusan IPA, materi kimia SMA kelas 10 hingga kelas 12 pada dasarnya saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, perlu pemahaman terkait konsep-konsep dasar hingga apa saja besaran penting dalam kimia seperti massa, volume, tekanan, suhu, densitas, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu kamu memahami mata pelajaran kimia dengan mudah dan mendapatkan skor tertinggi di kelasmu dan memberikan kesempatan untuk berhasil mendapatkan kuliah di PTN.

5. Civic Education: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

pendidikan kewaranegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan atau lebih umum disebut sebagai PKn ini merupakan mata pelajaran yang fokus pada pembentukan ‘diri kita’ sebagai warga negara dan generasi penerus bangsa agar mampu memahami dan melaksanakan hak serta kewajiban menjadi warga negara di Indonesia, sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Mata pelajaran PKn juga merupakan mata pelajaran wajib dari jenjang SD hingga ke Perguruan Tinggi. Saat kita mendapatkan mata pelajaran PKn saat masih duduk dibangku SD, materi yang kita pelajari seputar Pancasila dan cara mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin tinggi jenjang pendidikan yang kita tempuh maka mata pelajaran PKn yang didapatan akan semakin detail terkait dengan materi bidang politik, moral, dan hukum.

6. Economy: Ekonomi

mata pelajaran ekonomi

Mata pelajaran ekonomi adalah salah satu mata pelajaran yang akan kita temukan saat duduk di bangku SMA. Materi yang didapatkan dari pelajaran ekonomi ini di antaranya mulai dari ilmu ekonomi, kegiatan ekonomi, teori produksi, struktur pasar, pendapatan, pembangunan ekonomi, hingga materi tentang akuntasi.

7. Entrepreneurship: Kewirausahaan

kewirausahaan

Di SMA, kita akan menemukan mata pelajaran kewirausahaan ini dengan sebutan Prakarya dan Kewirausahaan. Mata pelajaran ini dipandang sangat seru dan mengasyikkan karena banyak sekali praktik-praktik yang memancing tingkat kreativitas siswa di sekolah.

Mata pelajaran kewirausahaan ini memberikan segudang manfaat bagi kita untuk mengembangkan keterampilan serta menciptakan peluang untuk membuka usaha.

Bagi kamu yang suka sekali berbisnis maka wajib sekali mendalami mata pelajaran ini agar dapat menemukan produk atau jasa yang inovatif serta kreatif hingga memiliki daya tarik bagi para pembelinya.

8. France: Bahasa Perancis

bahasa perancis

Apakah kamu memiliki mimpi untuk pergi ke Menara Eiffel? Sebelum itu, kamu harus menguasai bahasa Prancis dulu ya agar tidak kesulitan berbicara dengan orang Prancis secara langsung.

Salah satu tujuan utama mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Prancis di sekolah yaitu untuk mempersiapkan siswa agar dapat memiliki kemampuan berbahasa selain bahasa Indonesia. Biasanya, beberapa sekolah diajarkan bahasa Prancis oleh native speaker secara langsung sehingga suasana belajar bahasa Prancis menjadi lebih seru.

9. Geography: Geografi

geografi

Umumnya, mata pelajaran geografi mempelajari tentang bentuk fisik bumi yang mencakup topografi, iklim, lingkungan, ekonomi, budaya, sosial, studi perkotaan, dan terapan geografi yang membahas hubungan antara manusia dan alam.

Pada tingkat pendidikan SD hingga SMA, mata pelajaran geografi termasuk dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam terkait mata pelajaran ini maka direkomendasikan untuk mengambil jurusan geografi di jenjang perguruan tinggi.

10. History: Sejarah

mata pelajaran sejarah

Pernahkah kamu mendengar istilah jas merah? Istilah ini memiliki arti sebagai ‘jangan sekali-kali meninggalkan sejarah’. Oleh karena itu, tujuan dari adanya mata pelajaran sejarah di sekolah ialah agar kita dapat mengetahui sejarah bangsa Indonesia dari sebelum merdeka hingga sekarang.

Mata pelajaran ini memberikan kita ilmu tentang manusia di masa lampu yang mencakup aspek politik, hukum, sosial, militer, keagamaan, kreativitas, dan sebagainya.

11. Indonesian: Bahasa Indonesia

mata pelajaran bahasa Indonesia

Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan studi yang sangat penting dipelajari saat sekolah. Mulai dari sekolah dasar, hingga tingkat perguruan tinggi.

Tujuan dari mata pelajaran ini yaitu agar siswa memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar, serta dapat menguasai dan memahami sastra Indonesia sesuai dengan kurikulum di jenjang pendidikan tersebut.

12. Information and Communication Technology: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

pelajaran tik

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini merupakan salah satu pelajaran yang dapat kita temui di tingkat SMP dan SMA, dan kamu juga nantinya bisa melanjutkan mengambil jurusan ini jika kamu melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Materi yang diberikan dalam pelajaran ini yaitu seputar operasi dasar komputer, perangkat lunak, perangkat keras, hingga cara menggunakan perangkat lunak untuk membuat desain, animasi, dan lain sebagainya.

13. Japanese: Bahasa Jepang

mata pelajaran bahasa jepang

Sama seperti mata pelajaran bahasa Prancis, bahasa Jepang merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan siswa untuk berbahasa asing, yaitu bahasa Jepang.

Materi bahasa Jepang pada tingkat SMA yang diberikan pun sesuai dengan kurikulum, mulai dari latihan menulis, mendengar, dan berbicara bahasa Jepang.

14. Mathematics: Matematika

matematika

Mata pelajaran matematika memang terdengar cukup sulit bagi sebagian orang. Materi yang diberikannya pun beragam, tergantung pada jenjang pendidikan yang kita tempuh.

Mata pelajaran matematika di sekolah dasar masih terbilang mudah. Hal ini karena materi yang diberikannya pun tidak serumit dari kurikulum yang telah ditetapkan pada jenjang pendidikan SMP dan SMA. Materi yang diberikan pada tingkat SMA di antaranya yaitu aritmetika, aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, bilangan, statistika, logika, dan harapan.

15. Natural Sciences: Ilmu Pengetahuan Alam

mata pelajaran IPA

Ilmu Pengetahuan Alam atau sering disebut sebagai IPA ini merupakan studi yang mempelajari tentang alam beserta isinya.

Mata pelajaran IPA wajib untuk siswa sejak duduk di bangku SD. Hal ini karena IPA memberikan kita wawasan dan pengetahuan alam agar dapat berfikir secara ilmiah dan logis. Materi pelajaran IPA yang dapat kita temukan di SD yaitu mulai dari ciri makhluk hidup, keseimbangan ekosistem, perubahan benda, gaya, energi, dan lain sebagainya.

16. Physical Education (PE): Pendidikan Jasmani (Olahraga)

mata pelajaran penjaskes

Pendidikan Jasmani yang sering disebut sebagai Penjas ini merupakan mata pelajaran olahraga di sekolah tentang pentingnya melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

Mata pelajara Penjas juga diklaim dapat meningkatkan kesehatan mental siswa di sekolah. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat yang kita per oleh saat berolahraga yaitu dapat mengurangi setress dan depresi.

17. Physics: Fisika

fisika

Mata pelajaran fisika ini biasanya akan kita temukan di tingkat pendidikan SMA. Fisika juga termasuk ke dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berkaitan dengan fenomena alam secara sistematis.

Materi yang didapatkan dari fisika di antaranya yaitu terkait dengan fakta, konsep, prinsip, dan hal lainnya dengan perhitungan sesuai dengan rumus.

Jika kamu suka belajar tantangan maka recommended untuk mempelajari mata pelajaran fisika lebih dalam lagi hingga ke tingkat Perguruan Tinggi.

18. Islamic Religious Education: Pendidikan Agama Islam

mata pelajaran PAI

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pelajaran wajib dari SD hingga tingkat Perhuruan Tinggi.

Materi yang diberikannya pun sesuai dengan pedoman kurikulum sekolah seperti materi tentang Al-Quran, materi tentang iman kepada Allah, iman kepada malaikat, taharah, pedoman untuk shalat wajib dan sunah, dan lain sebagainya.

19. Social Sciences: Ilmu Pengetahuan Sosial

mata pelajaran IPS

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan studi wajib untuk kita pelajari dari tingkat SD hingga SMA. Mata pelajaran ini mempelajari tentang interaksi antara indvidu dengan individu maupun kelompok masyarakat, serta individu dengan lingkungan.

Materi yang dapat kita temukan pada pelajaran ini berkaitan tentang perilaku manusia dan fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Tujuan dati mata pelajaran ini yaitu agar siswa dapat lebih peka terhadap masalah pribadi maupun fenomena sosial yang terjadi di masyarakat sehingga lebih terampil dalam mengatasi masalah sosial kedepannya.

20. Sociology: Sosiologi

mata pelajaran sosiologi

Pada dasarnya, sosiologi mempelajari tentang masyarakat dan kebudayaan yang dianalisis secara sistematis.

Mata pelajaran sosiologi ini melatih cara pikir siswa di sekolah untuk mengungkapkan realitas sosial dan budaya yang ada di masyarakat sesuai dengan teori yang telah diajarkan seperti teori Auguste Comte, Karl Marx, dan Max Weber.

Dari daftar di atas apakah ada mata pelajaran yang menjadi favoritmu? Untuk menyebutkan nama mata pelajaran favoritmu, kamu bisa mengatakan “My favorite subject in school is….” (Mata pelajaran favoritku di sekolah adalah…)

Setelah membaca tulisan di atas perbendaharaan kata yang kamu miliki semakin bertambah ‘kan? Kamu tidak perlu bingung lagi ketika ditanya bahasa Inggris dari nama mata pelajaran yang ada di sekolah. Nah, sekarang kamu sudah siap untuk kembali lagi ke sekolah dengan wawasan dan ilmu yang baru.

Berbicara mengenai kembali ke sekolah, yuk persiapkan kemampuan bahasa Inggrismu bersama EF. Kamu bisa mendapatkan berbagai materi seru dan pastinya akan dibimbing oleh guru-guru yang profesional.

Tidak hanya itu, kamu juga berhak mendapat FREE Demo Class! Caranya sangat mudah, lho! Kamu hanya perlu mengisi data diri pada voucher yang ada di halaman ini, lalu kamu berhak untuk mendapatkan penawaran tersebut.

Jadi, kenapa masih ragu?

Sampai berjumpa di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben