Menu
money talks
Grammar and Vocabulary

Money Doesn't Grow on Trees dan Idiom tentang Uang Lainnya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.08

EFriends! Kali ini Tom akan membahas beberapa idiom dalam bahasa Inggris yang terkait dengan keuangan dan memberikan pelajaran berharga tentang cara mengelola uang dengan bijak. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Idiom-idiom tentang uang mengajarkan kita hal-hal penting tentang bagaimana kita seharusnya berpikir dan bertindak terhadap uang. Seperti, mengingatkan kita bahwa sukses butuh usaha, tidak datang begitu saja. Idiom ini juga mengingatkan kita bahwa uang tidak bisa diperoleh dengan mudah, sehingga kita perlu berpikir sebelum mengeluarkannya. Berikut adalah beberapa idiom tentang uang dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari:

uang tidak tumbuh di pohon

Go Dutch - Berbagi Biaya dengan Adil

Pertama-tama, mari bahas "Go Dutch". Ungkapan ini mengajarkan kita untuk membagi biaya atau pembayaran secara adil. Jadi, ketika kamu dan teman-temanmu sepakat untuk "Go Dutch," artinya setiap orang bertanggung jawab atas bagian mereka sendiri. Prinsip ini dapat membantu menjaga keadilan dalam pembagian biaya. Dalam percakapan sehari-hari, mungkin kita lebih familiar dengan istilah "split bill".

Contoh Kalimat:

"When we went out for dinner, we decided to go Dutch, so everyone paid for their own meal."

"Ketika kita pergi makan malam, kita memutuskan untuk membayar masing-masing, jadi setiap orang membayar makanannya sendiri."

Gravy Train - Sukses yang Mudah Didapatkan

Apakah kamu pernah mendengar istilah "Gravy Train"? Ini menggambarkan sukses atau keuntungan yang mudah didapatkan tanpa usaha besar. Contohnya, jika kamu lulus ujian tanpa banyak belajar, itu bisa dianggap sebagai naik "Gravy Train." Ingat, usaha yang kita lakukan seringkali sebanding dengan hasil yang kita dapatkan.

Contoh Kalimat:

"Ever since she started her new school, it feels like she's on a gravy train with all the opportunities and benefits she's receiving."

"Sejak dia memulai sekolah barunya, rasanya seperti dia naik kereta keberuntungan dengan semua kesempatan dan manfaat yang dia terima."

Cash Cow - Sumber Penghasilan Konsisten

Sekarang, mari berbicara tentang "Cash Cow." Meskipun sebenarnya bukan berarti sapi, tapi istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang bisa menghasilkan uang secara konsisten dan besar. Temukanlah passion atau keahlianmu yang bisa menjadi "Cash Cow." Itu bisa menjadi kunci kesuksesan jangka panjang.

Contoh Kalimat:

"Their latest product turned out to be a real cash cow, bringing in a steady stream of income for the company."

"Produk terbaru mereka ternyata menjadi sumber uang yang stabil, menghasilkan aliran pendapatan yang terus-menerus bagi perusahaan."

Money Doesn’t Grow on Trees - Uang Perlu Diperoleh dengan Usaha

"Money Doesn’t Grow on Trees" dalam bahasa Indonesia bisa dijelaskan dengan pepatah "uang tidak tumbuh di pohon". Idiom ini mengingatkan kamu bahwa uang tidak bisa diperoleh dengan mudah atau instan. Artinya, kita perlu bekerja keras, berusaha, dan mengelola keuangan dengan bijak. Jadi, berpikirlah dua kali sebelum mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Contoh Kalimat:

"Dad always reminds me that money doesn't grow on trees, so I need to be careful with my spending."

"Ayah selalu mengingatkanku bahwa uang tidak tumbuh di pohon, jadi aku harus berhati-hati dalam pengeluaranku."

Money Talks - Kekuatan Uang dalam Berbagai Situasi

Selanjutnya, "Money Talks" mengajarkan kamu, bahwa uang memiliki kekuatan atau pengaruh besar dalam berbagai situasi. Tetapi, kita juga perlu ingat bahwa kebijakan keuangan yang bijak tidak hanya tentang jumlah uang yang dimiliki, tetapi juga bagaimana kita mengelolanya.

Contoh Kalimat:

"In the world of business, it's often said that money talks, influencing decisions and strategies."

"Dalam dunia bisnis, sering dikatakan bahwa Money Talks, mempengaruhi keputusan dan strategi."

A Penny Saved is a Penny Earned - Menabung adalah Penghasilan

Terakhir, "A Penny Saved is a Penny Earned" dapat diartikan sebagai "Sekeping uang yang disimpan sama dengan sekeping uang yang diperoleh". Idiom ini mengajarkan kita untuk menghargai setiap uang yang berhasil dihemat. Sekecil apapun jumlahnya, setiap pengeluaran yang dihindari adalah penghasilan tambahan. Jadi, mulailah menyisihkan sebagian kecil penghasilanmu sebagai investasi masa depan.

Contoh Kalimat:

"Instead of buying a new toy every week, Timmy learned that a penny saved is a penny earned, so he started saving his allowance."

"Daripada membeli mainan baru setiap minggu, Timmy belajar bahwa Sekeping uang yang disimpan sama dengan sekeping uang yang diperoleh, jadi dia mulai menyimpan uang jajannya."

Nah, itulah beberapa pelajaran keuangan yang bisa kita ambil dari idiom dalam bahasa Inggris. Mari terapkan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari kita agar bisa mengelola keuangan dengan bijak.

Di EF, kamu bisa menemukan passion dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, lho! Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan di dalam dan di luar kelas bikin pelajaran bahasa Inggris jadi makin asyik. EF punya banyak cara yang membuat kegiatan belajar jadi seru dan anti bosan!

Sudah siap untuk fasih berbahasa Inggris? Ikut kelas EF gratis, yuk! Di kelas ini, kamu akan mendapat pengalaman belajar yang tidak terlupakan!

Tom tunggu di kelas ya!