Menu
menulis esai bahasa inggris
Reading and Writing

Menulis Esai dalam Bahasa Inggris

2020.05.14

Siapa pun pastinya setuju bahwa menulis esai merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Kamu diharuskan untuk mengemukakan ide secara sistematis dan mengikuti peraturan academic writing. Persoalannya, jika menulis dalam bahasa Indonesia saja sudah sulit, apalagi menulis esai dalam bahasa Inggris? Tentunya, tingkat kesulitannya akan menjadi lebih tinggi, bukan? Padahal, mulai banyak beasiswa pendidikan yang mengharuskan calon pendaftarnya untuk menuliskan esai sebagai satu prasyarat untuk mengikuti beasiswa tersebut. Karena itu, kamu yang saat ini tengah belajar bahasa Inggris untuk SMA harus mulai mempersiapkan diri dengan tips berikut ini:

Step 1: Riset

Mulailah untuk melakukan riset dan menentukan ide-ide yang ingin kamu tuliskan dalam esai. Ambil waktu untuk mengumpulkan semua informasi yang akan kamu butuhkan. Tentukan tema secara spesifik dan bayangkan keseluruhan struktur esai yang akan kamu tulis. Jangan malas untuk membaca buku yang berhubungan dengan pembahasan esai, pelajari jurnal-jurnal internasional, dan pahami intisari dari semua bahan yang dibaca.

Step 2: Penulisan

Dalam step ini, kamu sudah tahu apa yang ingin kamu tulis, informasi apa saja yang ingin kamu masukkan, dan kamu sudah tahu harus mulai dari mana. Tuliskan ide esaimu dalam satu kalimat yang padat untuk memudahkan para pembaca dalam memahami esai kamu. Lanjutkan dengan meng-elaborate poin tersebut satu persatu. Gunakan kosakata sederhana dan tetap pertahankan konsistensi dalam menulis. Hindari gaya bahasa yang terlalu subjektif dan selalu padukan esaimu dengan fakta-fakta berupa diagram atau grafik.

Step 3: Pengecekan

Setelah esai bahasa Inggris kamu sudah selesai, jangan lupa lakukan pengecekan. Baca kembali esai kamu dan melihat apakah ada salah ketik, salah eja, atau bahkan kesalahan dalam mengeluarkan ide yang diinginkan. Jika semuanya sudah clear, maka esai kamu siap untuk dikumpulkan!

Satu hal yang patut diingat dalam menulis esai dalam bahasa Inggris adalah proses penulisan esai merupakan perjalanan panjang—mulai dari brainstorming ideas to proofreading—yang tidak boleh dianggap sepele. Semuanya saling berkaitan dan jika kita sudah melakukannya dengan sabar, then believe that the good things will come to you. Selamat menulis!

Untuk kamu yang tertarik meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris, yuk isi nomormu pada kolom di bawah dan dapatkan rahasianya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku