Menu
penggunaan upon dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Menggunakan Upon dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

grammarstructure
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.30

Jika kamu sedang mempelajari bahasa Inggris, ada banyak kata-kata yang memiliki fungsi tertentu untuk membuat sebuah kalimat menjadi efektif. Selain belajar tenses dan vocabulary, penting juga untuk mengetahui cara penggunaan bentuk-bentuk kata tertentu supaya semakin mahir berbahasa Inggris.

Salah satu bentuk kata dalam bahasa Inggris adalah preposisi atau preposition yang berfungsi sebagai kata depan. Preposisi diletakkan sebelum kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) untuk menjelaskan hubungan di antara keduanya. Pada penjelasan kali ini kita akan membahas salah satu contoh kata preposisi yaitu upon. Kata ini memiliki beberapa makna yang berbeda-beda tergantung dari konteks kalimatnya.

Penasaran bagaimana cara menggunakan upon yang benar? Simak penjelasannya berikut ini ya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Penggunaan Preposisi Upon

Ada 4 cara penggunaan upon yang bisa kamu pelajari dalam bahasa Inggris. Keempat contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

1. Menuju atau Pada Sesuatu

Pada bentuk ini, upon memiliki makna sebuah noun atau prounoun sedang menuju yang lainnya. Contohnya kalimatnya seperti di bawah ini:

- He is carrying his bag upon the hill. (Dia membawa tasnya menuju ke atas bukit.)

- The lights are flashing upon the roof. (Cahayanya berkedip di atas atap.)

- That sound is echoing from here upon the second floor. (Suara itu menggema dari sini sampai ke lantai dua.)

2. Setelah Melakukan Sesuatu atau Terjadi Sesuatu

Upon juga bisa digunakan untuk menjelaskan sesuatu telah dilakukan atau terjadinya suatu peristiwa. Contohnya adalah sebagai berikut:

- She got her first job upon graduation from university. (Dia mendapatkan pekerjaan pertamanya setelah lulus dari universitas.)

- Ron has set his new goal upon winning the competition. (Ron telah menentukan tujuan barunya setelah memenangkan kompetisi.)

- Jane starts working her new assignment upon completing the previous one. (Jane memulai mengerjakan tugas barunya setelah menyelesaikan yang sebelumnya.)

3. Memberi penekanan terhadap sesuatu

Jika ingin menekankan sesuatu, upon juga bisa digunakan di antara dua kata yang berulang. Contohnya adalah seperti ini:

- It has been a long year after month upon month we passed. (Ini telah menjadi tahun yang panjang setelah bulan demi bulan kita lalui.)

- I am surprised knowing the project have taken year upon year. (Aku terkejut mengetahui projek ini telah berlangsung dari tahun ke tahun.)

- I have been waiting for him, day upon day, but he doesn’t appear yet. (Aku telah menunggunya, hari demi hari, tetapi dia belum muncul.)

4. Menunjukkan sesuatu akan terjadi

Dalam bentuk ini, upon berfungsi menjukkan bahwa sesuatu akan segera terjadi atau dialami. Penggunaan kalimatnya adalah seperti berikut:

- It is the third week of Ramadan, the Eid al-fitr is upon us. (Ini sudah minggu ketiga bulan Ramadhan, Idul Fitri akan segera tiba.)

- John have passed the final examination, his graduation is upon him. (John telah lulus ujian akhir, dia akan segera lulus.)

- The time is about to end, victory is upon them. (Waktunya akan segera habis, kemenangan akan jadi milik mereka.)

Semoga pembahasan ini dapat dipahami dan membantu kamu untuk memperlancar bahasa Inggrismu. Menguasai bahasa Inggris akan berkembang pesat apabila kamu terus belajar mengenai tata bahasa dan penggunaan bentuk kata-kata tertentu. Jangan lupa untuk selalu mencari tahu contoh-contoh kalimat dari bentuk kata tersebut.

Jika merasa kesulitan untuk belajar bahasa Inggris sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena EF akan membantu kamu mencapai mimpimu itu. Bersama EF kamu akan lebih banyak mengetahui penggunaan kata-kata bahasa Inggris dengan tepat. Jadi kamu akan semakin mahir nantinya. Selain itu kamu mendapat kesempatan memperoleh diskon kursus spesial, jika kamu mendaftar di bulan ini. Ditambah lagi dengan bonus kelas Demo Gratis, kalau kamu mengisi formular voucher disini.

Bagaimana menarik bukan? Yuk daftar EF sekarang.

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben