Menu
6 Tahap Perkembangan Membaca pada Anak dan Remaja
Education Advice

Mengenali Jenjang Pendidikan Anak

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.05

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa tingginya tingkat edukasi seseorang cenderung akan berpengaruh pada masa depannya. Tak heran jika orang tua menginginkan anaknya menempuh pendidikan setinggi mungkin. Lalu, apa saja jenjang pendidikan yang harus Anda ketahui?

Setiap negara di dunia memiliki sistem yang berbeda terkait hal tersebut. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa tahapan pendidikan. Berikut adalah jenjang pendidikan umum yang harus Anda ketahui sebagai orang tua, dan wajib Anda persiapkan untuk putra-putri Anda.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pendidikan Prasekolah

Prasekolah juga dikenal dengan istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Prasekolah merupakan jenjang pendidikan yang paling awal. Di sini, anak-anak diajarkan kemampuan dasar membaca dan berhitung. Di samping itu, proses pembelajaran dikombinasikan dengan bermain. Pasalnya, siswa yang diajar masih berada pada usia bermain, yaitu dalam rentang 2-6 tahun.

Prasekolah termasuk ke dalam pendidikan informal sehingga seorang anak tidak harus tamat dari jenjang ini untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Namun, secara umum masyarakat mulai menyekolahkan anak mereka pada jenjang ini. Mereka menganggap hal ini penting agar sang anak lebih siap ketika memasuki dunia sekolah formal yang sesungguhnya.

Sekolah Dasar (SD)

Sekolah Dasar (SD) menjadi jenjang pendidikan formal yang pertama. Sekolah Dasar diperuntukkan bagi siswa yang berumur 6-12 tahun. Mereka belajar di Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun untuk menyelesaikan 6 tingkatan kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Mata pelajaran di Sekolah Dasar lebih beragam daripada di Prasekolah, meski yang disampaikan masih berupa materi-materi dasar. Beberapa diantaranya:

  • Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

  • Bahasa Indonesia

  • Bahasa Inggris (Kelas 4 ke atas)

  • Matematika

  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

  • Seni Budaya

  • Olahraga

Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Setelah menyelesaikan jenjang Sekolah Dasar (SD), siswa akan masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di Sekolah Menengah Pertama (SMP), siswa menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk belajar. Tingkatan kelas di Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdiri dari Kelas 1, 2 dan 3. Jumlah mata pelajaran yang diajarkan lebih banyak ketimbang jenjang sebelumnya. Begitupun dengan materi pelajaran yang lebih kompleks dan berkembang. Sebagai contoh, percabangan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mencakup Biologi, Kimia dan Fisika.

Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah jenjang lanjutan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), sekaligus jenjang paling akhir yang harus ditempuh siswa jika menerapkan wajib belajar 12 tahun yang dimulai dari Sekolah Dasar (SD). Sama seperti jenjang sebelumnya, Sekolah Menengah Atas (SMA) mensyaratkan siswa belajar dalam kurun waktu 3 tahun dengan 3 tingkatan kelas; 1,2 dan 3. Di Sekolah Menengah Atas (SMA) siswa dapat memilih salah satu di antara tiga peminatan yang terdiri dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa.

Pada jenjang yang sama, ada pula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ditujukan untuk mencetak siswa yang siap bekerja. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menekankan pada kegiatan belajar yang berbasis praktik sehingga siswa memiliki keahlian pada bidang-bidang tertentu.

Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi hadir untuk memenuhi kebutuhan siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang hendak mendalami suatu bidang keilmuan secara mendalam. Perguruan tinggi menduduki tingkat yang paling tinggi dalam jenjang pendidikan. Institusi pendidikan tinggi meliputi universitas, akademi, institut serta politeknik. Tingkatan pada pendidikan tinggi terdiri dari D1, D2, D3, S1, S2 dan S3. Terdapat pilihan jurusan kuliah dan spesialisasi yang sangat beragam bagi siswa yang mendaftar di perguruan tinggi.

Selain melalui jenjang-jenjang pendidikan di atas, anak Anda juga bisa belajar dengan mengikuti kursus untuk menunjang kemampuannya di luar sekolah. Di EF, kami menyediakan kursus dengan program-program menarik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris.

EF juga menyediakan program-program yang didekasikan khusus untuk siswa-siswi di tingkatan pendidikan tertentu. Sehingga, anak-anak akan mendapatkan pendidikan bahasa Inggris terbaik yang telah disesuaikan dengan kemampuannya belajar melalui metode unik yang kami miliki.

Terdapat penawaran dengan harga terbaik khusus pendaftaran di bulan Januari. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini dengan menekan tombol pink pada bagian bawah laman!

Selamat belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben