Menu
silent letter bahasa inggris
Listening and Speaking

Mengenal Silent Letter dalam Bahasa Inggris

speaking tipstips belajarpronunciation
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.08.21

Apa itu silent letters? Silent letters adalah istilah informal untuk huruf alfabet(atau kombinasi huruf) yang biasanya tidak diucapkan dalam pengucapan dalam satu kata. Yuk, kita lihat penjelasannya dalam artikel berikut!

Seperti yang kita tahu, pengucapan atau pronunciation sebuah kata dalam bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah dilakukan, terutama jika kita membandingkannya dengan bahasa ibu kita, bahasa Indonesia. Jika pengucapan sebuah kata dalam bahasa Indonesia lebih mudah untuk dipelajari, terdapat beberapa pengecualian dan hal yang unik dalam bahasa Inggris; di antaranya adalah silent letters.

Contoh silent letters dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘b’ dalam huruf subtle, ‘c’ pada scissors, ‘g’ dalam design, ‘t’ dalam listen, dan ‘gh’ dalam thought. Silent letters sendiri juga dapat disebut dengan istilah dummy letters.

Pada artikel ini, EF Blog akan memberikan beberapa contoh silent letter yang sering kita temui dalam pengucapan atau pronunciation dalam bahasa inggris. Beberapa contoh silent letter yang sering ditemukan adalah:

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

The Silent K

the silent k

'K' dalam bahasa Inggris adalah huruf yang terdengar keras seperti ‘cah’ atau ‘kah’, terutama ketika diletakkan pada akhir kata; misalnya seperti kata back. Namun, ketika huruf ‘k’ mendahului huruf ‘n’ di awal kata, huruf ‘k’ akan menjadi sunyi; seperti kata ‘know’.

Beberapa contoh kata lain yang memiliki silent K didalamanya adalah; knock, knee, knack, kneel, knowledge.

The Silent C

the silent c

Sama seperti huruf ‘k’, huruf ‘c’ biasanya berbunyi keras (kecuali diikuti oleh ‘h’; ‘ch’ akan berbunyi lunak, seperti ‘cheese’ atau ‘cheers’). Namun, jika huruf ‘c’ mengikuti huruf 's', huruf ‘c’ akan berubah menjadi silent letter. Kata-kata seperti ‘muscle’ dan ‘miscellaneous’ merupakan beberapa contoh yang dapat diambil.

Kata-kata lain yang dapat dijadikan contoh adalah: ascend, fascinate, fluorescent, descent, obscene, scene.

The Silent B

the silent b

Pada ‘b’, biasanya huruf ini akan menjadi silent letter pada akhir kata setelah huruf ‘m’ (seperti bomb) atau sebelum huruf ‘t’ (seperti debt). Namun silent ‘b’ ini akan melembutkan dan memanjangkan pengucapan suatu kata, seperti tomb yang pengucapannya akan berbeda dengan tom.

Beberapa contoh lainnya adalah: numb, plumb, thumb, doubt, subtle.

The Silent T

the silent t

Huruf ‘t’ sebagai silent letter memang sedikit lebih membingungkan jika dibandingkan dengan silent letter lainnya. Pengucapan huruf ‘t’ merupakan salah satu yang paling dikenal dan kuat dalam bahasa Inggris. Aturan umum bagi huruf ‘t’ sebagai silent letter adalah jika terdapat huruf dengan -STEN, -FTEN, atau -STLE, bisa di asumsikan bahwa ‘t’ merupakan silent letter. Namun ada juga beberapa kata lain yang memiliki silent letter ‘t’ di dalamnya, seperti rapport atau ballet.

Contoh-contoh kata dengan silen letter ‘t’ yaitu: often, whistle, listen, castle, soften, fasten.

The Silent P

the silent p

‘P’ akan menjadi sebuah silent letter jika huruf tersebut diikuti oleh huruf ‘s’. Kata yang diawali dengan huruf ‘ps’ biasanya merupakan kata yang terkait dengan istilah medis seperti psychiatrist. Namun, ada juga beberapa saat ketika huruf ‘p’ mengawali sebuah kata, dan membuatnya menjadi sebuah silent letter. Ada juga beberapa kata lain yang mempunyai huruf ‘p’ di tengah kata, dan huruf tersebut kontan menjadi sebuah silent letter.

Beberapa contoh kata dengan huruf ‘p’ yang menjadi silent letter adalah: psyche, psychological, receipt, raspberry, pneumonia.

The Silent N

the silent n

Tidak jauh berbeda dengan huruf ‘b’, huruf ‘n’ akan menjadi sebuah silent letter saat ditulis di akhir kata, terutama jika huruf ‘n’ mengikuti huruf ‘m’.

Beberapa kata dengan silent letter ‘n’ adalah: condemn, solemn, column, damn, autumn.

The Silent G

the silent g

Huruf ‘g’ biasanya akan menjadi sebuah silent letter jika diikuti oleh huruf ‘N’, seperti kata gnat. Bisa dikatakan, huruf ‘g’ bukanlah merupakan sebuah silent letter yang sepenuhnya silent, karena terdapat perbedaan dalam pengucapan kata seperti kata sign yang akan berbeda pengucapannya jika huruf ‘g’ tidak ditulis.

Beberapa contoh kata dengan silent letter ‘g’ yaitu: foreign, sovereign, gnome, campaign, align.

Setelah membaca mengenai silent letter di atas, tugasmu selanjutnya ada mempraktikkan pronunciation dari kata-kata di atas untuk mengembangkan kemampuanmu. Ingat, bagaimanapun juga, latihan ada kunci utama jika kamu ingin jago dalam bahasa Inggris!

Masih kesulitan untuk melatih pronunciation-mu? Kamu juga bisa mengikuti kelas eksklusif di EF untuk mendapatkan hasil yang maksimal, loh. Khusus untuk kamu yang membaca artikel ini, EF memberikan penawaran khusus yang lengkapnya bisa kamu temukan dengan klik tombol di bawah.

Yuk, sama-sama jadi generasi penerus Indonesia berkompetensi global!

Ben Small Stars
Author
Ben