Menu
eufoni
Grammar and Vocabulary

Mengenal Euphony dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.06.13

Apakah kamu tahu apa itu euphony? Dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan eufoni. Mungkin kamu pun sering mendengar contoh eufoni berdasarkan alunan lagu di masa kecil, seperti Twinkle, Twinkle, Little Star yang sudah dipopulerkan sejak abad ke-19 oleh Jane Taylor.

Jadi, apa yang dimaksud euphony dalam bahasa Inggris?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sudah pernah mendengar atau membaca puisi dalam bahasa Inggris? Nah, euphony juga kerap dikatakan sebagai puisi karena terdiri dari kombinasi frasa yang enak didengarkan dalam waktu yang bersamaan dan mudah diucap dengan suara lembut atau teredam. Pada dasarnya, eufoni bukan hanya kita temukan dalam sebuah puisi saja, biasanya sebuah lagu juga dapat dikatakan sebagai euphony.

Apa Itu Euphony?

eufoni

Menurut kamus Merriem-Webster, euphony memiliki arti pleasing or sweet sound atau a harmonious succession of words having a pleasing sound. Atau, dapat disebutkan jika euphony memiliki arti “suara yang merdu” dan “rangkaian kata yang harmonis dengan suara yang merdu.” Kata euphony sendiri memang berasal dari bahasa Yunani “euphonos” yang memiliki arti suara yang merdu.

Ciri-ciri dari kalimat Euphony

1. Menggunakan lebih banyak huruf vokal

huruf vokal

Euphony menggunakan lebih banyak huruf vokal panjang yang lebih merdu dibandingkan kata konsonan.
Di dalam bahasa Inggris, kita mengetahui bahwa terdapat huruf vokal panjang dan vokal pendek. Huruf vokal panjang atau long vowels terdiri dari [u:], [i:], [ɑ:], [ɔ:], dan [ɜ:].

Contoh kata:
[u:] – food, you, too
[i:] – see, eat, meet
[ɑ:] – car, dark, father
[ɔ:] – call, saw, also
[ɜ:] – shirt, bird, purse

2. Menggunakan konsonan yang bersuara harmonis

cara bernyanyi

Euphony menggunakan konsonan yang bersuara harmonis seperti l, m, n, r dan suara lembut seperti f dan v.

Contoh dari kata pada konsonan tersebut adalah:
L – look, leg
M – mouse, mine
N – name, night
R – write, run
F – free, fan
V – never, very

3. Menggunakan konsonan lunak/ semi vokal

konsonan

Melibatkan penggunaan konsonan lunak atau semi-vokal seperti w, s, y dan th atau wh secara luas untuk menciptakan suara yang lebih merdu.

Contoh kata untuk konsonan lunak atau semi-vokal:
W – well, win
S – vice, sun
Y – year, new
Th – this, that

Penggunaan vokal panjang untuk euphony ditujukan agar pelafalan kata lebih proporsional dan lebih menarik atau enak didengar. Tujuan utama dari euphony adalah untuk meningkatkan suara yang dihasilkan dari serangkaian kata.

“Twinkle Little Star” merupakan salah satu contoh lagu yang memiliki euphony. Berikut liriknya:

Twinkle, twinkle, little star,
How I wonder what you are.
Up above the world so high,
Like a diamond in the sky.

Nah, saat menyanyikan lagu ini, kamu pasti menyadari ada rima di akhir setiap baitnya yang terdengar enak atau lembut, kan?

Dalam lagu Twinkle Little star, euphony yang digunakan berasal dari pengulangan konsonan seperti l, r, w, n, dan h. Selain itu, euphony juga muncul dari rima melodi AABB dan ritme yang teratur.

Contoh selanjutnya adalah sebuah potongan puisi karya Robert Frost yang berjudul “Stopping by Woods on a Snowy”. Berikut liriknya:

Evening.
The woods are lovely, dark and deep,
But I have promises to keep,
And miles to go before I sleep,
And miles to go before I sleep.

Tanpa disadari, belajar bahasa khususnya bahasa Inggris menggunakan puisi juga cukup efektif. Banyak orang mungkin menghindari membaca puisi, padahal dengan puisi kamu bisa menambah kosakata-kosakata bahasa inggris yang tidak umum digunakan.

Selain belajar lewat puisi, kamu juga bisa loh ikut bergabung dalam kelas demo GRATIS EF dengan mendaftarkan nomor telepon pada formulir di halaman ini untuk merasakan metode pembelajaran bahasa Inggris seru!

Bukan hanya kelas GRATIS saja loh yang bisa kamu dapatkan, KLAIM juga diskon kursus hingga JUTAAN RUPIAH sekarang juga! 😉