Menu
arah mata angin di kompas bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Mengenal Arah Mata Angin di Kompas dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.03.22

Kompas mempunyai peran yang cukup signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu kamu tahu bahwasanya ada berbagai arah mata angin pada sebuah kompas. Namun, dapatkah kamu menyebutkannya dalam bahasa Inggris?

Kompas merupakan barang yang keberadaannya menjadi penting dalam beberapa situasi, seperti halnya ketika mendaki gunung atau menyusuri hutan. Terdapat delapan arah mata angin pada kompas yang bisa membantu mengarahkanmu. Apa sajakah itu dan apa bahasa Inggrisnya? Yuk, cermati artikel berikut untuk mempelajari selengkapnya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. North

North atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan arah utara merupakan acuan utama di kompas yang menjadi titik 0 derajat. Pada kompas, arah mata angin satu ini biasanya terletak di bagian atas/menghadap ke atas.

2. Northeast

Arah mata angin di kompas berikutnya adalah northeast yang berarti timur laut. Di kompas, northeast atau timur laut letaknya 45 derajat dari arah north atau utara. Northeast atau timur laut berada di antara arah north atau utara dan east atau timur.

3. East

Selanjutnya, arah mata angin yang terdapat di kompas adalah east atau timur. Arah east atau timur berada 90 derajat dari arah north atau utara dan 45 derajat dari arah northeast atau timur laut di kompas.

4. Southeast

Southeast merupakan arah mata angin di kompas yang dalam bahasa Indonesia artinya tenggara. Kamu bisa menemukan arah southeast atau tenggara pada kompas sejauh 135 derajat dari arah north atau utara dan 45 derajat dari arah east atau timur. Posisi southeast atau tenggara berada di antara arah east atau timur dan south atau selatan.

5. South

South atau selatan ialah arah mata angin yang berlawanan dengan arah north atau utara. Pada kompas, arah south atau selatan posisinya di bawah/menghadap ke bawah. Letaknya 180 derajat dari arah north atau utara dan 45 derajat dari arah southeast atau tenggara.

6. Southwest

Setelahnya, di kompas ada arah mata angin yang disebut sebagai southwest atau barat daya. Ditilik dari arah north atau utara, southwest atau barat daya berada sejauh 225 derajat. Adapun dari arah south atau selatan berada sejauh 45 derajat. Southwest (barat daya) terletak di antara arah south (selatan) dan west (barat).

7. West

Arah mata angin berikutnya di kompas adalah west yang artinya barat. Di kompas, arah satu ini terletak sejauh 270 derajat dari arah north atau utara. Sedangkan dari arah southwest atau barat daya, letaknya 45 derajat.

8. Northwest

Northwest atau barat laut menjadi arah mata angin terakhir yang ada di kompas. Northwest atau barat laut di kompas berada 315 derajat dari arah north atau utara dan 45 derajat dari arah west atau barat. Posisi northwest atau barat laut di kompas terletak di antara west atau barat dan north atau utara.

Bagaimana? Setelah belajar ulasan di atas, sudahkah kamu bisa mengidentifikasi arah mata angin di kompas dalam bahasa Inggris?

Selain belajar secara mandiri dengan membaca artikel-artikel dari EF Blog, kamu juga perlu menunjang kemampuanmu dengan bergabung kursus di EF agar semakin mahir berbahasa Inggris. Adanya guru yang profesional dan penerapan metode yang unik akan membuatmu semakin mencintai bahasa Inggris sehingga keterampilanmu berkembang dengan pesat.

Pssst, ada penawaran menarik khusus buat kamu yang mendaftar di bulan Maret, loh! Dengan promo seru dari EF, kamu berkesempatan mendapatkan diskon kursus spesial. Kamu juga akan diberikan bonus kelas GRATIS* jika mengisi formulir melalui voucher yang ada di laman ini. Tunggu apalagi? Rasakan pengalaman menyenangkan belajar bahasa Inggris di EF sekarang juga!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben