Menu
manfaat peran untuk anak
Education Advice

Mengapa Seni Peran Baik untuk Anak? Ini Alasannya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.04.22

Apakah anak Anda gemar bermain peran di rumah? Melihat anak-anak bermain peran sesuai dengan karakter favoritnya memang terlihat sangat menyenangkan. Apalagi jika kita diajak untuk terlibat seakan-akan menjadi tokoh yang sesungguhnya. Jadi, mengapa bermain peran atau role playing penting bagi anak?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mengenalkan anak pada role playing atau bermain peran bukan berarti kita mengarahkannya menjadi seorang pemain film. Pada tahap ini anak-anak sangat suka mengeksplorasi dan bertualang di dunianya. Jadi, jika mereka sudah asyik bermain maka kita pun dapat memberi dukungan dengan menyediakan beberapa atribut tambahan untuk setiap petualangannya.

Berikut ini adalah manfaat seni peran yang positif bagi anak:

1. Meningkatkan kreativitas

cara meningkatkan kreativitas anak

Saat sedang role playing atau bermain peran, anak-anak cenderung berpikir dan berimajinasi tentang karakter yang mereka perankan. Biasanya mereka akan mencontoh dari film yang pernah dilihat sebelumnya atau berdasarkan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengembangkan daya imajinasi ini membuat tingkat kreativitas mereka pun keluar. Misalnya ketika sedang bermain peran raja dan ratu, mereka akan membuat sebuah istana dari tumpukan kardus dan kain yang ditata dengan rapi. Nah setiap hal yang dilakukannya itu adalah caranya berkreasi menggunakan kemampuan imajinasi dan kreativitas dalam membangun dunia impiannya.

Selain itu, dengan bermain peran mereka juga lebih kreatif dalam memecahkan setiap masalah karena mereka dapat mengekspresikan ide, bereksperimen, dan eksplorasi di setiap perannya.

2. Mengembangkan komunikasi verbal

komunikasi verbal anak

Apakah Anda tahu? Ketika bermain peran mereka akan berbicara atau berdialog sesuai dengan karakternya. Nah kemampuan ini merupakan langkah yang tepat bagi mereka untuk mengembangkan komunikasi verbal dan memperluas kosakata.

Dengan begitu mereka akan terlatih untuk lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri dalam kehidupan sehari-hari.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

kepercayaan diri anak

Berdasarkan dua poin di atas, anak-anak akan terlatih dalam meningkatkan kepercayaan dirinya. Setiap karakter yang diperankan mereka secara tidak langsung membuatnya bisa mengetahui rasanya terjun dalam dunia imajinasi dan bebas berekspresi.

Ketika mereka sudah percaya diri bermain peran tersebut maka dapat menjadi sebuah pencapaian yang menarik. Bahkan anak-anak bisa mengetahui tujuan hidup atau cita-cita yang harus diusahakannya dari sekarang. Misalnya ketika mereka senang bermain peran sebagai seorang dokter, akan terbesit dalam pikirannya bahwa menjadi dokter adalah pekerjaan yang mulia karena bisa membantu dalam penyembuhan seseorang yang sakit. Oleh karena itu, anak pun akan berpikir bahwa mereka ingin menjadi dokter di masa depan nanti.

4. Melatih kontrol emosi

cara mengontrol emosi

Setiap tokoh memiliki karakternya masing-masing, ada yang baik, jahat, dan lain-lain. Oleh karena itu, ketika mereka berperan sesuai karakternya dapat memberinya pelajaran bahwa menjadi seorang yang baik dan mampu mengontrol emosi adalah karakter yang harus dicontoh dalam kehidupan sehari-hari.

Selain bermain peran sendiri di rumah, saat anak akan melakukan pentas seni teater di sekolahnya pun dapat membantunya untuk mengelola emosi ketika merasa gugup untuk naik ke atas panggung.

5. Lebih aktif bergerak

anak produktif

Karena perkembangan teknologi yang kian hari semakin pesat, anak-anak menjadi lebih sering bermain gadget dibandingkan beraktivitas fisik. Dengan mengenalkannya untuk bermain peran, Ia pun akan mencoba petualangan baru karena dapat membuatnya lebih aktif bergerak.

Melihat anak berlarian, melakukan improvisasi dengan berakting itu seru, kan?

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendorongnya bereksplorasi dalam mengembangkan kemampuan komunikasi verbal, kepercayaan diri, keterampilan teatrikal, dan berkolaborasi dengan teman-temannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu proses tumbuh kembang anak dalam seni peran yaitu dengan ikut bergabung dalam program EF Holiday Academy – On Stage dan program-program menarik lainnya seperti Storytellers, Phonics, dan Adventures in English.

Kapan lagi bisa bermain seru sambil belajar bahasa Inggris dengan pengajar yang profesional? Yuk, daftar sekarang sebelum promonya berakhir!