Menu
batavia
News and Lifestyle

Menengok Sejarah Batavia sambil Belajar Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.17

Berjalan-jalan ketika akhir pekan memang menyenangkan. Apalagi ketika berkunjung ke berbagai objek wisata yang menakjubkan. Nah, pada petualangan kali ini kita akan menelusuri beberapa tempat bersejarah di πŸ“Œ Jakarta yang awal mulanya bernama πŸ“Œ Batavia dan yang pastinya akan seru banget! Yuk, ikut petualangannya!

Tidak hanya itu, pada kali ini kamu akan menempatkan diri kamu sebagai local tour guide untuk turis asing sehingga kita dapat menengok sejarah Batavia sekaligus belajar bahasa Inggris.

Penasaran? Β Sebelum dimulai kamu bisa menggunakan dialog berikut ketika kamu ingin memperkenalkan kotamu:

β€œWelcome to … (city/place/building/etc)” (Selamat datang di … (kota/tempat/bangunan/dll)

So, welcome to Batavia!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Melihat Kota Jakarta dari Atas Monas

monas

Siapa yang tidak kenal dengan πŸ“Œ Monas? πŸ“ Monumen Nasional atau yang sering disingkat Monas menjadi ciri khas dari kota Jakarta. Dengan bentuk khas yang menjulang tinggi Monas dibangun dengan tujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia.

Apakah kamu tahu bahwa Monas tidak hanya terdiri atas monumennya saja tetapi juga ada museum didalamnya. Museum di dalam Monas berisikan diorama sejarah bangsa Indonesia dan Jakarta dari masa ke masa.

Monas bisa menjadi destinasi wisata yang bagus ketika kamu ingin melihat kota Jakarta karena kamu bisa naik ke pelataran puncak Monas.

Untuk mengajak seseorang mengunjungi tempat wisata, kamu bisa mengunakan frasa bahasa Inggris berikut:

β€œI’ve heard that … is really nice” (Saya pernah mendengar kalau… sangat bagus)

Kamu juga bisa mengganti kata nice dengan kata lain seperti beautiful (indah) atau amazing (menakjubkan)

2. Napak Tilas di Kota Tua Jakarta

kota tua jakarta

Beralih dari Monas, kita akan menuju kawasan πŸ“Œ Kota Tua Jakarta. Destinasi wisata ini menjadi favorit wisatawan lokal atau internasional karena bisa merasakan suasana kota Jakarta tempo dulu. Pada kawasan wisata Kota Tua, kamu bisa mendapati gedung kuno peninggalan sejarah Batavia sekaligus.

Lokasi ini cocok sekali untuk kamu yang ingin berwisata sambil napak tilas sejarah Kota Jakarta. Adanya banyak bangunan dengan nuansa gaya arsitektur tempo dulu yang masih kental, kamu akan merasakan serunya menelusuri sepanjang kawasan Kota Tua.

Kira-kira apa saja yang bisa dikunjungi di Kota Tua Jakarta? Kamu bisa memulai dari Museum Fatahillah yang menjadi saksi sejarah kota Jakarta. Di Museum Fatahillah kamu bisa mendapatkan cerita sejarah kota Jakarta sebelum zaman penjajahan hingga hari ini.

Selanjutnya kamu bisa menelusuri Museum Wayang untuk melihat berbagai koleksi wayang yang penuh dengan cerita. Tidak hanya wayang, museum ini juga memiliki berbagai koleksi boneka dari luar Indonesia seperti India, Cina, Thailand, Kamboja, dan Paris.

Pada perjalanan terakhir, kamu bisa menuju Museum Bank Indonesia dan menyaksikan sejarah sistem perbankan ketika zaman kolonial Belanda hingga sekarang.

Jika kamu ingin memberikan saran bahwa tempat ini bagus untuk memulai perjalanan, kamu bisa menggunakan frasa berikut:

β€œThis is a good place for you to start” (Ini adalah tempat yang bagus/pas untuk memulai)

3. Menelusuri Pelabuhan Sunda Kelapa

sunda kelapa

Berpindah dari Kota Tua, kita akan menelusuri πŸ“Œ Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di Jakarta Utara. Di tempat ini, kita bisa melihat banyak kapal-kapal kayu yang bersandar di pinggir pelabuhan.

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat bongkar muat barang tetapi Pelabuhan Sunda Kelapa kental dengan sejarah kota Jakarta. Kala itu, pelabuhan ini menjadi titik awal pembangunan kota Jakarta. Hal ini karena Pelabuhan Sunda Kelapa sudah tersohor sejak abad ke 12 dan dianggap sebagai pelabuhan yang penting karena menjadi jalan komoditas perdagangan tempo dulu.

Saat ini kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa masih aktif digunakan untuk kapal-kapal kecil internal dan seringkali dijadikan objek wisata bagi sebagian orang penyuka sejarah.

Ketiga objek wisata di atas hanya sebagian dari banyak sekali objek wisata sejarah Batavia. Kira-kira dari Monas, kawasan Kota Tua, dan Pelabuhan Sunda Kelapa tempat mana yang ingin kalian kunjungi?

Atau kalian punya tempat lain yang direkomendasikan untuk jalan-jalan? Untuk mengungkapkan hal tersebut kalian bisa menggunakan frasa:

β€œInstead of going to …, why not visit…?” (Daripada pergi ke…, kenapa tidak berkunjung ke…?)

Pada akhir perjalanan yang menyenangkan, kalian bisa mengungkapkan kekaguman kalian terhadap tempat tersebut seperti:

β€œWow, that place is amazing!” (Wow, tempat ini menakjubkan!) atau β€œWhat an amazing place!” (Tempat yang luar biasa!)

Jangan lupa untuk menanyakan pendapatan dan kesan kepada orang yang telah kamu ajak berjalan-jalan dengan menggunakan frasa:

β€œWhat do you think about that place?” (Bagaimana pendapatmu tentang tempat itu?) atau β€œDo you think the place is great?” (Apakah kamu pikir tempatnya bagus?)

Ucapkan juga rasa terima kasih dalam akhir percakapan:

β€œThank you so much for today.” (Terima kasih banyak atas hari ini) dan β€œI hope you like …” (Saya harap kamu suka)

Ternyata menengok sejarah kota Jakarta sekaligus belajar bahasa Inggris menyenangkan bukan? Di EF, kamu akan menjumpai banyak dialog lainnya yang akan membuat kamu semakin mahir berbahasa Inggris. Dengan metode pembelajaran yang seru, kamu bisa memahami materi yang disampaikan dengan mudah.

Pas banget nih, untuk kamu yang ingin mendaftar di bulan ini, ada promo khusus yang bisa kamu dapatkan sekaligus gratis kelas demo yang bisa kamu klik pada laman ini. Tunggu apalagi? Yuk segera latih kemampuan bahasa Inggrismu di EF!

Ben Small Stars
Author
Ben