Menu
EF English First

Mendalami Subjek dan Predikat dalam Bahasa Inggris

grammarstruktur kalimat
2020.05.01

Memahami bahasa dalam bentuk wacana tulis dan tutur kata adalah memahami kalimat-kalimat sebagai unit bahasa terkecil dengan konsep tatanan kata dan maknanya yang lengkap. Apabila kalimat dalam suatu wacana dapat dipahami, dapat dipastikan bahwa isi atau makna dalam wacana tersebut pasti dapat dipahami pula.

Namun sayangnya, kesalahan-kesalahan yang sering dijumpai oleh kita sekalipun sebagai pembelajar bahasa Inggris adalah karena kita tidak mengenal subjek dan predikat saat belajar bahasa Inggris.

Subjek dan predikat, itulah hal yang paling mendasar dalam membentuk kalimat bahasa Inggris. Untuk memahami kalimat dalam bahasa Inggris memang membutuhkan kemampuan untuk menganalisa kalimat secara struktural-fungsional dimanakah letak subjek dan predikat kalimat tersebut. Inilah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris, mengenal Subjek dan predikat.

UNSUR DASAR KALIMAT

Setiap kalimat dalam bahasa Inggris pada dasarnya mempunyai subjek dan predikat. Berikut adalah beberapa contoh simple sentence lengkap dengan analisisnya:

Sentence

1. I work in a post office.

2. Greg works in a bank.

3. They live in Washington.

4. I eat breakfast at 8.00 a.m.

5. I do not drink alcohol.

Subject

I

Greg

They

I

I

Predicate

Work in a post office

Works in a bank

Live in Washington

Eat breakfast at 8.00 a.m

Do not drink alcohol


Sudah jelas kan sekarang apa itu subjek dan predikat? Yuk pelajari lebih banyak lagi materi bahasa Inggris lainnya.

Kamu bisa membaca artikel-artikel di EF Blog, atau jika kamu ingin lebih cepat jago bahasa Inggris, daftarkan segera dirimu di EF English First.