Menu
Daftar Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan
Grammar and Vocabulary

Memahami Peribahasa Inggris Sehari-hari

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.12.16

Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat ingin menyampaikan sesuatu? Peribahasa hadir untuk membalut kata-kata menjadi rangkaian kalimat yang lebih menarik dan mudah dimengerti. Peribahasa adalah sekelompok kata yang memiliki bentuk tetap dan biasanya mengandung makna khusus tertentu. Dalam bahasa Inggris, peribahasa sering disebut proverbs.

Mengungkapkan sesuatu melalui peribahasa merupakan cara yang dianggap sopan. Sama halnya dengan peribahasa Inggris yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penutur asli bahasa Inggris menggunakan peribahasa sebagai alat untuk memberi pendapat, nasihat, atau teguran agar pesan yang dimaksud dapat tersampaikan secara mendalam.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dengan pemilihan kata-kata implisit yang apik pada setiap kalimatnya, peribahasa dapat memberikan kesan lebih mengena pada orang yang dituju. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari contoh dan pengertian peribahasa Inggris sehari-hari disertai dengan terjemahannya sebagai berikut:

1. Absence makes the heart grow fonder

(Semakin lama tidak bertemu semakin sayang)

Merupakan ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan rasa sayang atau cinta ketika sudah lama tidak berjumpa dengan seseorang.

2. As you sow, so shall you reap

(Setiap orang akan menuai apa yang telah ditanamnya)

Peribahasa Inggris ini hampir serupa dengan peribahasa Indonesia yang biasa kita jumpai. Maknanya adalah untuk memperingatkan bahwa setiap orang akan mendapat ganjaran atas segala hal yang diperbuat.

3. The bait hides the hook

(Umpan menyembunyikan mata kail)

Bermaksud untuk memberi tahu bahwa janganlah kamu mudah tergiur oleh penawaran seseorang karena bisa saja ada maksud tersembunyi yang dapat membahayakan diri.

4. Books and friends should be few but good

(Buku dan teman tak perlu terlalu banyak, namun harus baik dan bermutu)

Digunakan untuk menjelaskan bahwa tak masalah jika hanya memiliki buku dan teman yang sedikit asalkan berkualitas. Karena keduanya dapat mempengaruhi pola pikir dan sikap diri. Berhati-hatilah dalam memilih keduanya.

5. The child is father of the man

(Anak adalah cikal bakal manusia dewasa)

Dimaksudkan untuk memberi tahu bahwa apa pun yang pernah dipelajari dan dialami seorang anak saat kecil akan membentuk karakternya ketika ia dewasa kelak.

6. Discontent is the first step in progress

(Ketidakpuasan adalah langkah awal menuju kemajuan)

Merupakan sebuah ungkapan motivasi yang menjelaskan bahwa kepuasan mengakibatkan seseorang berhenti berusaha. Oleh sebab itu, ketidakpuasan diperlukan untuk membuat kita berusaha untuk terus maju menggapai mimpi yang lebih tinggi.

7. Experience is the best teacher

(Pengalaman adalah guru yang terbaik)

Salah satu peribahasa Inggris yang paling umum dijumpai. Bermaksud untuk menjelaskan bahwa mempelajari sesuatu dengan mempraktikkanya secara langsung akan lebih efektif dari pada hanya melalui teori.

8. Forbidden fruit is the sweetest

(Buah terlarang adalah buah paling manis)

Merupakan suatu ungkapan peringatan bahwa sesuatu yang dilarang biasanya terlihat sangat menggiurkan dan membuat orang tergila-gila karenanya. Maka janganlah mudah tergoda.

9. Good fences make good neighbours

(Pagar yang baik menjadikan kehidupan bertetangga baik)

Dalam hidup ini, kita harus menghormati dan menjaga rahasia orang lain, termasuk di antaranya tidak terlalu mencampuri urusan orang agar pertemanan dapat bertahan lebih lama.

10. Honesty is the best policy

(Kejujuran adalah yang utama)

Suatu ungkapan nasihat yang menjelaskan bahwa kebohongan memang dapat membawa keberuntungan, namun hanyalah bersifat sementara. Sedangkan kejujuran dapat memberikan keuntungan yang abadi.

Itulah beberapa contoh penggunaan peribahasa Inggris sehari-hari yang dapat kamu praktikkan bersama teman, saudara, dan keluarga. Mengungkapkan sesuatu melalui peribahasa Inggris dapat memperbanyak kosakata lebih cepat.

EF menyediakan kelas berbasis internasional, bahasa yang digunakan saat proses belajar dan mengajar adalah bahasa Inggris. Sehingga setiap siswa tak hanya mempelajari bahasa Inggris secara teori, tetapi juga praktiknya.

Ayo, daftarkan dirimu segera di EF dan dapatkan promo menarik dengan menemukan voucher yang dapat kamu temukan di halaman ini!

Sampai jumpa di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben