Menu
belajar inggris lewat lagu apakah efektif
Listening and Speaking

Melatih Listening Melalui Lagu: Apakah Efektif?

listening tipstips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.10.02

Saat mencoba belajar bahasa Inggris secara otodidak, apakah kamu pernah mendengar bahwa salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu? Kira-kira, apakah hal ini benar adanya?

Melatih kemampuan listening adalah salah satu hal penting yang perlu dikuasai saat mempelajari bahasa baru. Kemampuan listening atau mendengarkan ini tidak bisa terjadi begitu saja, tapi harus dibiasakan dan dilatih terus menerus.

Selama ini, salah satu metode yang banyak digunakan untuk melatih listening adalah melalui lagu, karena dianggap efektif sekaligus menyenangkan. Benarkah demikian? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Terbiasa mendengarkan bahasa yang ingin kita pelajari

melatih bahasa asing dengan lagu

Salah satu kunci untuk meningkatkan kemampuan listening kita adalah dengan membiasakan diri mendengarkan bahasa tersebut. Meskipun pada awalnya kita belum memahaminya, jika sehari-hari kita terekspos dengan bahasa itu, dengan sendirinya kita akan lebih terbiasa dan berusaha mencari tahu artinya. Lagu memungkinkan kita untuk melakukan hal ini.

Aktivitas mendengarkan lagu adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan banyak orang sehari-hari secara alamiah. Jika sudah menyukai musik dalam suatu lagu, pasti kita akan mendengarkan lagu itu berulang-ulang dan pada akhirnya menjadi terbiasa mendengarkan bahasa asing tersebut.

Memudahkan belajar listening melalui lirik

lirik lagu bahasa inggris

Apakah kamu termasuk orang yang cepat menghafal lirik sebuah lagu? Yap, lirik lagu biasanya lebih mudah dihafal oleh banyak orang karena ada musik yang menyertai.

Musik pada suatu lagu juga pada umumnya memiliki pola yang repetitif, sehingga tanpa disadari lagu tersebut akan menempel dan terngiang-ngiang di kepala kita. Proses ini pun akan memudahkan kita dalam mengenali kosakata-kosakata baru dalam bahasa asing yang ingin dipelajari.

Meningkatkan kemampuan kognitif

manfaat lagu bahasa inggris

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa musik atau lagu memiliki sejumlah efek positif terhadap otak dan tubuh manusia. Saat mendengarkan musik, otak kiri dan kanan kita aktif secara bersamaan, dan aktifnya kedua otak bisa memaksimalkan proses belajar serta meningkatkan memori kita.

Selain itu, musik juga bisa memberikan efek positif dan rasa bahagia ke pendengarnya, terutama jika jenis musik yang mereka dengarkan adalah yang biasa mereka nikmati dan sukai. Dengan kondisi ini, proses belajar kita akan menjadi lebih efektif dan maksimal, tak terkecuali jika kita ingin melatih kemampuan listening kita.

Nah, apakah kamu semakin tertarik untuk untuk melatih kemampuan listening melalui lagu? Supaya tambah seru, setelah mendengarkan suatu lagu kalian bisa mencoba aktivitas seperti bermain tebak lirik lagu atau melengkapi lirik lagu bersama teman-temanmu.

Untuk belajar bahasa Inggris, kamu juga harus menemukan cara yang menyenangkan dan paling efektif bagimu. Hal ini yang EF lakukan melalui metode belajarnya yang unik dan akan membuatmu mencintai bahasa Inggris.

Penasaran? Kamu bisa mendapatkan penawaran khusus dari EF hanya dengan menemukan voucher di halaman ini.

Yuk, jadi jago bahasa Inggris sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben