Menu
belajar bahasa inggris dengan cepat
Education Advice

Mau Cepat Mahir Berbahasa Inggris? Lakukan Tips Ini

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.19

Mungkin nggak sih belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan waktu yang cepat? Agaknya kamu merasa ragu, apalagi dengan adanya anggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit. Sebenarnya, apakah mungkin? Hal yang perlu kamu lakukan untuk jadi makin jago berbahasa Inggris?

Belajar bahasa Inggris dalam waktu yang singkat sebenarnya bukanlah hal yang mustahil. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, berusaha dengan sungguh-sungguh, dan mengembangkan kecintaanmu pada bahasa Inggris, pasti kamu bisa menguasai bahasa Inggris sesuai dengan yang kamu harapkan. Mau tahu caranya?

Berikut tipsnya ala EF Blog!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menjadikan Bahasa Inggris Sebagai Bagian dari Hidup

belajar bahasa inggris online

Wah, gimana tuh maksudnya? Menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari hidup dapat terwujud dalam berbagai bentuk. Kamu bisa memulainya dengan mengubah pengaturan bahasa di handphone ke dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu jadi terbiasa untuk memahami istilah-istilah yang terdapat di ponselmu dalam bahasa Inggris.

Berikutnya, pastikan bahwa kamu telah meng-install kamus di handphone, dan jadikan setiap kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. Tidak jarang kan kamu melihat iklan di televisi atau tulisan di jalan yang mengandung bahasa Inggris? Jika ada kata atau kalimat baru, cari tahu artinya untuk menambah panjang daftar pengetahun kosa kata dan frasamu!

Menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari merupakan fondasi utama yang harus kamu miliki. Kamu dapat menjadikan segala sesuatu yang kamu temui sebagai sumber belajar, sehingga hari-hari kamu selalu terisi dengan bahasa Inggris. Tanpa disadari, kamu belajar sangat banyak dan kemampuanmu meningkat dengan cepat.

Membuat Target yang Ingin Dicapai

tujuan pembelajaran

Agar proses belajarmu berlangsung dengan cepat, kamu harus membuat target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya:

  • Menguasai 16 tenses dalam bahasa Inggris dengan waktu 2 minggu

  • Menghafal 100 kosa kata bahasa Inggris dengan waktu 1 minggu

  • Mampu bercakap-cakap tentang hobi dalam bahasa Inggris dengan waktu 3 hari

Jika sudah membuat target seperti itu, kamu akan lebih rajin dan sungguh-sungguh dalam belajar bahasa Inggris dan target dapat tercapai dengan cepat.

Meluangkan Waktu Khusus untuk Belajar

jadwal belajar di rumah

Di sela-sela aktivitas sehari-hari, usahakan untuk meluangkan waktu belajar bahasa Inggris. Kamu dapat menjadwalkannya, seperti satu atau dua jam dalam sehari, atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhanmu. Lewat cara ini, kamu akan terpapar dengan materi bahasa Inggris secara rutin, dan kemampuanmu dapat berkembang pesat. Kamu bisa belajar dari buku, aplikasi belajar bahasa, podcast, youtube dan sebagainya.

Melakukan Hal-hal yang Disukai

mata pelajaran

Dengan hal-hal yang disukai, belajar akan terasa menyenangkan. Tidak ada lagi kata terpaksa sehingga kamu menikmati proses belajar. Melalui cara ini, kamu akan menyerap apa yang dipelajari dengan mudah dan cepat. Apabila kamu suka musik, kamu dapat belajar bahasa Inggris melalui lagu. Adapun jika kamu senang dengan cerita, membaca buku berbahasa Inggris juga bisa menjadi pilihan. Bisa juga dengan menonton film dalam bahasa Inggris kalau kamu menyukainya.

Banyak Berlatih

latihan

Sebuah pepatah dalam bahasa Inggris berbunyi "practice makes perfect". Giat berlatih bahasa Inggris secara serta merta akan memberi pengaruh yang positif. Semakin banyak kamu berlatih, maka semakin cepat pula kemampuan bahasa Inggrismu meningkat!

Mempraktikkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dapat melatih kemampuanmu. Contohnya, mulai menyebutkan nama-nama barang yang ada di rumah dengan bahasa Inggris hingga mengobrol dan menulis dengan bahasa Inggris. Seiring dengan kebiasaanmu menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa jadi fasih dalam waktu yang singkat.

Peer Support / Community Support

komunitas belajar bahasa inggris

Lingkungan memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mendukung proses belajarmu. Adanya teman / komunitas dengan tujuan yang sama akan menjadi support bagi kamu untuk terus belajar. Di samping itu, teman seperjuangan juga bisa menjadi partner belajar, baik untuk saling bertukar pengetahuan maupun berlatih percakapan. Mereka juga bisa menjadi pengingat ketika kamu sedang merasa tidak bersemangat.

Speak Up!

ucapan bahasa inggris

Speaking merupakan salah satu skill yang paling penting untuk dikuasai dalam bahasa Inggris. Kendala dalam speaking biasanya bukan hanya karena kemampuan yang minim, tetapi juga karena masalah kepercayaan diri. Program Speak Up! dari EF hadir untuk menjawab kedua persoalan tersebut. Kamu akan jadi jago dan percaya diri untuk berkomunikasi secara verbal dalam bahasa Inggris dalam waktu singkat.

Sistem belajar dirancang dengan unik, di mana tidak ada buku, soal ataupun kuis. Satu-satunya hal yang dilakukan siswa adalah Speak Up! Hmm, terdengar menarik bukan?

Kini, setelah membaca tips di atas, kamu sudah mengetahui cara awal untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu kunci yang terpenting saat membangun pondasi pembelajaranmu, adalah dengan membuat dirimu mencintai bahasa Inggris.

Setelah melakukan tips-tips di atas, jangan lupa bahwa kamu harus memperdalam pengetahuanmu dalam bahasa Inggris dengan mempelajari metode yang tepat. Di kelas EF, kami akan memastikan bahwa kamu dapat memperoleh bekal pengetahuan yang dapat membantumu di masa depan nanti.

Selamat belajar!

Ben Small Stars
Author
Ben