Menu
tips belajar tenses
Grammar and Vocabulary

Masih Sulit Belajar Tenses? Coba Pakai Tips Ini!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.24

Apakah yang kamu rasakan ketika mendengar kata "tenses"? Mungkin untuk sebagian dari kamu mendengar kata tenses termasuk ke dalam hal yang sangat menyeramkan, bukan? Mengapa? Apakah karena belajar tenses merupakan hal yang sangat sulit?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kalau kamu masih kesulitan untuk belajar tenses artikel ini sangat tepat untuk kamu, karena pada artikel ini Tom akan membahas tips belajar tenses dengan mudah. Simak terus artikel ini ya!

Tips Belajar Tenses dengan Mudah

1. Mengetahui dan memahami rumus tenses

artikel tentang tenses

Tips pertama yang harus kamu ketahui adalah dengan mengetahui rumus tenses, tidak hanya mengetahui tapi kamu juga harus memahami rumus-rumus tenses. Konteks penggunaan dan bentuk tenses tersebut juga sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu mudah mempelajari tenses.

Terdapat 16 Tenses utama yang bisa kamu pelajari. Penasaran apa saja? Yuk, baca pada artikel tenses ini.

2. Membaca buku berbahasa Inggris

membaca buku berbahasa inggris

Tips kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris. Dengan membaca buku berbahasa Inggris, kamu akan menemukan beberapa tenses. Mulailah dengan bacaan yang mudah saja, selagi kamu membaca carilah tenses-tenses yang terdapat pada buku tersebut.

Kamu tidak perlu mencari seluruh tenses yang ada kok, mulailah cari dari tenses yang mudah seperti present tenses atau past tenses.

3. Membuat catatan tenses

catatan tenses

Tips selanjutnya adalah membuat catatan tenses. Catatan yang dimaksud di sini adalah rumus-rumus tenses yang sudah kamu pelajari pada poin nomor 1. Buatlah catatan sesuai dengan pemahamanmu, ya.

Setelah membuat catatan tenses tempelkan lah catatan tersebut pada dinding atau benda-benda yang mudah dan sering di lihat olehmu, seperti pintu, lemari, dinding, laptop, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat membuat kamu menjadi lebih mudah untuk mengingat rumus-rumus tenses. 

4. Berlatih menulis dengan tenses yang tepat

berlatih menulis tenses

Nah, tips keempat adalah berlatih menulis dengan tenses yang tepat. Kamu kan sudah mempelajari rumus-rumus tenses dan konteks penggunaannya. Sekarang saatnya kamu berlatih menggunakan tenses yang sudah kamu pelajari. Mulailah dengan kata-kata yang sederhana. Jika kamu sudah mulai lancar kamu bisa melanjutkan dengan membuat paragraf.

Semakin sering kamu berlatih, maka kamu akan semakin terbiasa juga menggunakan tenses yang tepat saat menulis dalam bahasa Inggris. Jika kamu sudah terbiasa menulis dengan tenses yang tepat, kamu akan sangat mudah menulis kalimat lain menggunakan tenses yang tepat.

5. Bergabung dengan kursus bahasa Inggris

bergabung di kelas kursus

Tips terakhir belajar tenses untuk kamu adalah dengan bergabung dengan kursus bahasa Inggris, ada banyak sekali kursus bahasa Inggris yang ada di Indonesia. Salah satunya EF, EF sendiri sudah tersebar di banyak tempat di Indonesia, loh! Yuk, cari tahu daftar lokasi EF dekat dengan tempatmu tinggal.
Nah, Kalau kamu bergabung di EF kamu akan diajarkan materi tenses dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan tentunya mudah untuk di pelajari. Selain itu, guru yang mengajar adalah guru-guru yang profesional di bidangnya, jadi kamu jangan khawatir.


Itu tadi tips belajar tenses dengan mudah. Kalau kamu berminat untuk melatih kemampuan bahasa Inggris kamu, EF memiliki program Free Demo Class, Selain belajar tenses kamu juga akan diajarkan materi bahasa Inggris lainnya

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang, sebelum kehabisan! 😉