Menu
dynamic verb
Grammar and Vocabulary

Mari mengenal Dynamic Verb dan Contohnya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.13

Apakah kamu pernah mendengar istilah "Dynamic Verb" dalam bahasa Inggris? Dynamic Verb atau kata kerja dinamis adalah salah satu hal penting dalam Bahasa Inggris. Kali ini, Tom akan mengenalkan EFriends pada dynamic verbs dan memberikan beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat sehari-hari.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Saat berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris, kamu ingin terdengar lebih jelas dan ekspresif? EFriends bisa lho menggunakan dynamic verbs. Jika kamu ingin berbicara tentang apa yang kamu lakukan sehari-hari atau hobi kesukaanmu, kamu pasti akan sering menggunakan kata kerja dinamis ini.

Apa itu Dynamic Verb?

dynamic verbs

Dynamic Verbs atau kata kerja dinamis adalah kata kerja yang menggambarkan tindakan atau aktivitas yang sedang dilakukan oleh subject, serta menyatakan bahwa suatu hal sedang terjadi. Kata kerja dinamis digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan atau proses.

Dynamic verbs membantu kamu untuk lebih jelas dan spesifik dalam berkomunikasi. Jenis verbs ini akan membantu menggambarkan apa yang sedang terjadi dengan lebih baik daripada menggunakan kata kerja lain yang lebih umum. Dalam percakapan sehari-hari atau dalam menulis, penggunaan dynamic verbs dapat membuat percakapan sehari-hari yang kamu lakukan lebih hidup dan mengesankan.

Kapan Menggunakan Dynamic Verbs?

dynamic verbs examples

Kamu dapat menggunakan dynamic verbs untuk menggambarkan rutinitas sehari-hari kamu. Kata kerja ini juga sering digunakan dalam cerita, deskripsi atau saat kamu ingin menjelaskan kegiatan yang sedang berlangsung.

Fungsi dari dynamic verbs atau action verbs ini adalah menjelaskan suatu ciri di dalam sebuah kalimat seperti memberi keterangan pada aktivitas yang sedang dilakukan. Ingat! bahwa dynamic verbs sering digunakan dalam tenses tertentu, seperti simple present tense, present continuous tense, dan lainnya, untuk menunjukkan tindakan yang berlangsung atau tindakan yang sering terjadi.

Namun, tidak semua kata kerja adalah dynamic verbs. Beberapa kata kerja, seperti "know", "love", dan "believe" adalah contoh dari kata kerja stative yang lebih menggambarkan perasaan. Agar Efriends tidak bingung, berikut contoh penggunaan dynamic verbs pada kalimat:

  • She is eating pizza for lunch.
    Dia sedang makan pizza untuk makan siang.

  • I'm writing an article about Dynamic Verbs.
    Aku sedang menulis artikel tentang kata kerja dinamis.

  • They danced all night at the party.
    Mereka menari sepanjang malam di pesta.

  • She sings beautifully in the choir.
    Dia bernyanyi dengan indah di paduan suara.

  • The kids love to jump on the trampoline.
    Anak-anak suka melompat di trampolin

Jadi, ketika kamu ingin menggambarkan sebuah tindakan atau aktivitas yang sedang terjadi, ingatlah untuk menggunakan dynamic verbs agar pesanmu lebih jelas dan mudah dimengerti.

Sekarang kamu sudah mengenal dynamic verbs dan beberapa contoh penggunaannya. Yuk, praktikkan penggunaan kata kerja dinamis ini dalam percakapan sehari-hari atau dalam tulisanmu dan lihat bagaimana pesan yang kamu sampaikan lebih hidup dan ekspresif. Jangan ragu untuk mencoba dan bereksperimen dengan dynamic verbs ya! Karena semakin sering menggunakannya, kamu akan semakin terampil seperti para native. Keep practicing, and happy learning!

Ingin mahir Bahasa Inggris seperti para native? Yuk, ambil peluang kamu untuk bergabung dalam kelas GRATIS belajar bahasa Inggris di EF dengan guru yang profesional. Segera isi formulir yang ada pada laman ini sekarang!