Menu
berhitung dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Mari Belajar Berhitung dalam Bahasa Inggris

2020.05.09

Menghafalkan angka-angka dalam bahasa Inggris mungkin sudah menjadi hal yang pasti dipelajari saat belajar bahasa Inggris untuk anak. Hal ini wajar, karena ini memang sebuah materi dasar yang harus dipahami oleh seorang siswa saat sedang belajar bahasa Inggris. Biasanya, siswa akan diminta untuk menghafalkan angka dari 1 hingga 10, kemudian semakin bertambah hingga akhirnya menghafalkan setidaknya hingga angka ke 100.

Setelah proses menghafalkan angka ini selesai, tentunya proses belajar tidak berhenti sampai di sini saja. Selanjutnya, anak akan diminta untuk memulai belajar berhitung menggunakan bahasa Inggris. Nah, untuk mempermudah proses belajar berhitung ini, yuk mengenal istilah yang akan digunakan untuk berhitung dalam bahasa Inggris:

1. Addition

Istilah ini digunakan untuk penambahan. Kata yang digunakan untuk proses ini yaitu plus, and, atau added by. Untuk proses perhitungannya sendiri tidaklah berbeda dengan perhitungan dalam bahasa Indonesia, begitu juga hasilnya. Untuk kata “sama dengan”, dalam bahasa Inggris akan menggunakan equals atau is. Namun, lebih banyak orang yang menggunakan is dibandingkan dengan equals.

Berikut ini, adalah contoh perhitungan addition:

  • 1+5=6, yaitu one plus five is six.

2. Substraction

Istilah ini digunakan untuk pengurangan. Kata yang digunakan untuk proses ini yaitu minus. Berikut ini, adalah contoh untuk pengurangan:

  • 12-8=4, yaitu twelve minus eight is four.

3. Multiplication

Istilah ini digunakan untuk perkalian. Kata yang digunakan untuk proses ini yaitu times, atau multiplied by. Berikut ini, adalah contoh untuk perkalian:

  • 4x2=8, yaitu four times two is eight atau four multiplied by two is eight.

4. Division

Istilah ini digunakan untuk pembagian. Kata yang digunakan untuk proses ini yaitu divided by. Berikut ini, adalah contoh untuk pembagian:

30:2=15, yaitu thirty divided by two is fifteen.

Sebenarnya masih ada beberapa istilah lain yang juga digunakan, namun itu dipelajari pada materi lanjutan. Sementara, empat istilah tersebut adalah perhitungan matematika dasar yang umum digunakan. Jika kita yang ingin bertanya “berapakah 15–4?”, kita bisa menanyakannya dengan “what is fifteen minus four?”. Mudahkan belajar berhitung dengan bahasa Inggris?

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan, yuk isi nomormu pada kolom di bawah. Temukan jawabannya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku