Menu
belajar lewat lagu
Education Advice

Manfaat Belajar Lewat Gerak dan Lagu untuk Perkembangan Anak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.19

Pernah bertanya-tanya kenapa kebanyakan metode belajar anak-anak selalu lewat gerak dan lagu? Baik di tempat kursus, di sekolah maupun konten video yang ada di YouTube. Ternyata ada keuntungan tersendiri buat tumbuh kembang anak, lho! Yuk kita bahas manfaatnya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EFparents, apakah kamu masih ingat lagu “Topi Saya Bundar”? Atau lagu “Old MacDonald Had a Farm”? Meskipun lagu itu kita pelajari saat masih kanak-kanak, tapi lagu dan gerakannya masih kita ingat sampai sekarang. Ajaib, ya? Mengkombinasikan gerak dan lagu untuk belajar bisa membantu anak-anak mengingat sebuah informasi dengan lebih baik. Selain itu, masih ada lagi manfaat belajar lewat lagu dan gerakan!

menyanyi dan menari

Anak akan terus mengingat informasi yang mereka terima

Seperti bagaimana kamu mengingat lagu “Old MacDonald Had a Farm”, anak-anak yang belajar lewat lagu dan gerakan cenderung punya daya ingat yang baik. Mereka akan mudah mengingat informasi yang mereka terima, dan menyimpannya dalam memori jangka panjang.

Anak punya pronunciation yang lebih natural

Belajar bahasa Inggris lewat lagu bisa jadi salah satu cara memperbaiki pronunciation. Dengan menggunakan teknik speech shadowing dan mengingat lirik serta melodi sebuah lagu, anak-anak bisa menyanyikannya berulang kali.

Anak lebih mudah berbaur dan bersosialisasi

Terutama di masa sekarang dimana anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Anak-anak bisa ikut kelompok belajar atau les dan bertemu teman-teman sebaya. Dengan bernyanyi dan menari bersama, anak-anak bisa lebih mudah akrab dengan tema-teman baru dan tidak canggung.

Melatih keseimbangan dan koordinasi fisik anak

Terlalu sering bermain dengan gadget menyebabkan anak-anak kurang melakukan kegiatan fisik. Nah, bernyanyi dan berdansa bisa jadi bentuk olahraga buat anak-anak, lho. Selain itu, menyesuaikan lagu dengan gerakannya akan melatih keseimbangan dan koordinasi otak dan tubuh.

Mengenal budaya sejak dini

Lagu dan tarian biasanya membawa unsur budaya. Dengan mengenalkan hal-hal ini ke dalam pembelajaran, anak-anak bisa sekalgus berkenalan dengan beragam budaya dan tradisi. Cara ini akan membentuk anak-anak yang sadar dan mampu mengapresiasi budaya.

Menanamkan perilaku ke alam bawah sadar

Misalnya kamu ingin agar anak melakukan atau tidak melakukan sesuatu, hanya menasihati bisa jadi akan cepat dilupakan. Nah, beda ceritanya kalau kamu mengajarkannya lewat lagu. Contohnya seperti lagu “Johny Johny Yes Papa”, lagu ini menanamkan peraturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak lewat cara yang menyenangkan.

Pada intinya, belajar lewat lagu dan tarian bisa jadi pengalaman menyenangkan untuk tumbuh kembang anak. Anggapan bahwa belajar adalah kegiatan yang menghibur bisa meningkatkan kecintaan anak terhadap belajar dan motivasi mereka mengeksplorasi hal-hal baru.

Selain itu, belajar lewat lagu dan tarian juga bisa juga dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu memilah dan memilih lagu yang sesuai usia anak, serta mendampingi mereka bermain.

EFparents, tahukah kamu kalau belajar lewat lagu dan tarian adalah salah satu metode belajar yang diterapkan di EF? EF punya segudang lagu dan tarian yang akan membuat waktu les anak-anak lebih menyenangkan.

Mau tahu sistem les bahasa Inggris menyenangkan ala EF? Kamu bisa ajak si kecil ke EF dan ikut kelas gratis, lho. Hanya dengan mendaftarkan nomor handphone, kamu akan langsung mendapat kuota untuk ikut kelas gratis. Mudah kan? Yuk segera daftar!