Menu
hidden gems
Grammar and Vocabulary

Makna Hidden Gem dalam Bahasa Inggris dan Rekomendasi yang Memukau

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.09.04

Pasti sering diantara kalian yang menggunakan kata hidden gem saat mengajak teman untuk berkunjung ke suatu tempat yang tersembunyi. Kalian tahu hidden gem artinya apa? Kali ini Tom akan mengajak kamu untuk mencari tahu arti hidden gem dan memberi rekomendasi berbagai hidden gem yang memukau di Indonesia.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya yang luar biasa telah lama menjadi salah satu tujuan wisata di dunia. Dari keindahan pantai pasir putih hingga hutan hujan yang rimbun, Indonesia menawarkan beragam pengalaman yang memikat bagi para pelancong dalam negeri hingga luar negeri. Namun, di antara destinasi alam dan budaya populer yang sudah sangat terkenal, terdapat juga keajaiban tersembunyi yang sering kali belum diketahui oleh banyak orang. Inilah yang dikenal sebagai "hidden gem".

Arti Hidden Gem

hidden gem artinya

Hidden gem dalam bahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi "permata yang tersembunyi." Biasanya, hidden gem digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki nilai atau keindahan yang luar biasa tetapi belum banyak diketahui atau diakui oleh orang banyak. Hidden gem sering kali mengarah kepada hal-hal berikut ini:

Tempat Wisata
Destinasi wisata yang kurang populer tetapi memiliki pesona dan daya tarik yang unik. Misalnya, sebuah pantai terpencil yang indah atau kota kecil yang mempesona yang belum ditemukan oleh banyak pengunjung.

Restoran atau Kafe
Tempat makan yang tidak terlalu terkenal tetapi menawarkan hidangan yang luar biasa, dengan harga yang terjangkau.

Karya Seni atau Hiburan
Film, buku, musik, atau pertunjukan yang belum mendapat banyak perhatian, tetapi dianggap sangat berharga oleh mereka yang menemukannya atau menyaksikannya.

Produk
Produk dapat menjadi hidden gem karena belum banyak yang mengenalnya di pasaran tetapi dianggap berkualitas tinggi oleh orang yang telah mencoba atau mengenalnya.

Orang yang Berbakat
Individu dengan bakat atau keterampilan luar biasa yang belum dikenal secara luas dan memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan yang besar juga bisa menjadi hidden gem.

Rekomendasi Hidden Gem di Indonesia

Hidden gem adalah sesuatu yang istimewa, berharga, atau indah, tetapi belum banyak dikenal atau diakui. Bagi kamu yang menemukan hidden gem, kamu akan merasakan pengalaman yang memuaskan karena merasa telah menemukan sesuatu yang eksklusif atau jarang diketahui orang lain. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi hidden gem yang ada di Indonesia.

Situ Gunung, Sukabumi

Situ Gunung adalah danau yang terletak di sekitar kaki Gunung Gede Pangrango. Saat berkunjung ke Situ Gunung kamu akan menemukan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Suspension Bridge namanya. Di sana kamu akan disuguhkan pemandangan hutan luas dan asri. Selain Suspension Bridge kamu juga akan menemukan danau, Danau ini merupakan tempat yang bagus untuk berjalan-jalan santai, berkemah, atau bersepeda di sekitar danau. Pemandangan alamnya yang damai dan tenang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai. Siapa yang mau ke Situ Gunung?

Jenang Leci, Tegal

buah leci untuk jenang leci

Dari tempat wisata di Sukabumi saatnya kamu mencicipi Jenang Leci. Kamu tahu Jenang? Jenang adalah makanan manis yang terbuat dari beras ketan. Di Tegal, ada variasi jenang yang unik yang disebut Jenang Leci. Makanan ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan air kelapa dan gula aren, dan dicampur dengan buah leci. Kamu bisa menyantap jenang leci ini sebagai hidangan penutup atau dessert lho. Tom jadi ingin mencobanya, deh!

Gonggong, Batam

keong laut gonggong

Kembali terbang menuju Batam. Menyajikan banyak pemandangan indah membuat Kota Batam mejadi salah satu kota yang menjadi destinasi wisata bagi para turis lokal dan luar negeri. Selain kaya dengan keindahan alamnya, Batam juga terkenal dengan makanan yang unik yang menjadi hidden gem di sana namanya Gonggong.

Apa itu Gonggong? Gonggong adalah sejenis kerang laut yang dimasak dengan bumbu pedas dan gurih. Gonggong umumnya direbus atau dikukus, kemudian disajikan dengan sambal kacang atau saus pedas. Hidangan ini cukup populer di Batam dan merupakan favorit para pecinta seafood.

Taman Nasional Zamrud, Riau

Dari Batam kita akan terbang lagi menuju Kepulauan di Sumatera yang menghadirkan Taman Nasional Zamrud. Taman ini merupakan salah satu taman nasional di Provinsi Riau. Keunikan dari taman nasional ini yaitu bentuknya berupa rawa gambut yang merupakan ekosistem khas dan cukup langka. Berbagai jenis flora dan fauna pun dapat dijumpai dengan berbagai keunikannya, mulai dari jenis endemik hingga langka. Taman nasional ini dikelola dan juga dimanfaatkan menjadi obyek wisata lho. Tertarik berkunjung?

Bagaimana seru bukan jalan-jalan bareng Tom kali ini? Wah seru sekali ya mengelilingi tanah air kita yang penuh dengan kekayaan alam dan budayanya. Banyak sekali hidden gem yang ada di Indonesia yang belum begitu terekspos. Yuk, mari kita jaga semua hidden gem ini supaya bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Selanjutnya, kita akan menelusuri hidden gem yang mana lagi ya? Jangan lupa untuk menggunakan kata hidden gem ini saat kamu melakukan conversation ataupun writing. Supaya level Bahasa Inggrismu semakin meningkat.

Bersama EF, kamu bisa mengetahui level Bahasa Inggrismu juga lho. Penasaran kamu ada di level apa? Yuk tes kemampuanmu cukup dengan mendaftarkan nomor handphonemu dan mengunjungi EF Center terdekat.

Tom tunggu kamu ya!