Menu
pengertian tujuan literasi
Education Advice

Literasi: Ini Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.09.08

Apakah kamu tahu apa yang disebut dengan literasi? Literasi merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki semua orang, termasuk kamu sebagai generasi muda di Indonesia. Yuk, cari tahu apa yang dimaksud dengan literasi!

Pada tahun 2020 tingkat kebiasaan membaca di Indonesia telah mengalami peningkatan dari dua tahun ke belakang. Berdasarkan info grafik Kebiasaan Membaca Dunia, Indonesia akhirnya menduduki peringkat ke 16 yang ditandai oleh lamanya waktu membaca per minggu dengan rata-rata 6 jam.

Kebiasaan membaca ini juga disebut sebagai budaya literasi. Nah, di dunia internasional, dukungan untuk meningkatkan budaya literasi ini juga ditandakan dengan dirayakannya Hari Literasi Internasional setiap tanggal 8 September setiap tahunnya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Meningkatkan budaya literasi ini sangat penting loh! Hal ini selaras dengan tujuan literasi yang dapat membantu kita untuk berpikir secara kritis sebelum menindaklanjuti sesuatu. Pada dasarnya, semakin kuat budaya literasi pada diri seseorang maka tingkat pemahaman orang tersebut akan semakin tinggi terhadap fenomena-fenomena yang sedang terjadi di sekitarnya.

Lalu, apa itu literasi? kenapa literasi itu sangat penting? Untuk mengenal lebih jauh lagi dengan literasi, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Literasi?

membawa buku

Terdapat beragam definisi yang diartikan oleh para ahli dan peneliti tentang literasi. Mengutip pada buku yang ditulis oleh Ni Nyoman Padmadewi dan Luh Putu Artini, literasi dapat diartikan sebagai kemampuan berbahasa mencakup kemampuan dalam menulis, berbicara, menyimak, dan kemampuan berpikir lainnya.

Kemampuan literasi ini menjadi sangat penting dimiliki oleh setiap orang dan harus ditanamkan sejak dini. Terdapat ungkapan yang menyebutkan “Buku Adalah Jendela Dunia”.

Apakah berarti buku ini memiliki fungsi sebagai pintu ajaib ala kartun favoritmu yang bisa membawa kita pergi ke mana saja? Tentu tidak! Ungkapan ini menyiratkan kepada kita bahwa dengan membaca buku, kita bisa melihat dunia dari ilmu yang kita dapatkan di dalamnya.

Misalnya, ketika kamu membaca sebuah buku yang berjudul “Paris, My Sweet” karya Amy Thomas, kamu akan diajak keliling Paris walau hanya membacanya. Bayangan kamu akan apa yang kamu baca dari buku tersebut dapat membawa imajinasi kamu berada dalam pikiran penulis tersebut.

Tentunya, bukan hanya imajinasi kamu saja yang diajak oleh penulis. Kemampuan kamu dalam menyimak dan bertindak berdasarkan ilmu-ilmu yang diterapkan di dalamnya juga menjadi target tersendiri dari diciptakannya buku ini.

Salah satu hal yang dikutip dari buku karya Amy Thomas ini adalah

Jika ada satu hal yang kupelajari dari musim dingin Paris yang panjang dan gelap, itu adalah kalau kau mengubah sikapmu, hidup akan mengikutinya

Dari sini, apakah bayangan kamu akan pentingnya literasi sudah tergambar?

Tujuan Literasi

tujuan literasi adalah

Jika pengertian dari literasi itu ditandai oleh kemampuan menulis dan membaca, maka terdapat tujuan atau hal yang menjadi sasaran dari diciptakannya sumber literasi tersebut. Nah, sumber-sumber literasi ini dapat berupa buku, maupun bacaan yang bersumber dari media elektronik seperti platform jurnal, berita, e-book, dan yang lainnya.

Berikut tujuan literasi yang wajib kamu tahu:

  • Meningkatkan pemahaman yang positif

  • Meningkatkan pola pikir yang kritis dalam segala hal

  • Meningkatkan budaya literasi

  • Memperkuat dan mengembangkan budi pekerti yang baik

Contoh Literasi

contoh dari literasi

Budaya literasi adalah kebiasaan membaca yang harus dijaga agar tujuan dari setiap program literasi dapat tercapai dengan baik. Berikut contoh literasi yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Membaca buku selain buku pelajaran seperti buku novel, filsafat, dan artikel di internet yang menyajikan ilmu positif untuk menambah wawasan

  • Membuat sticky note atau poster yang diletakkan di dinding berisi kata-kata mutiara atau pembangkit semangat sebagai sumber motivasi

  • Menyimak video pembelajaran dan membuat resume

Berdasarkan contoh literasi di atas, hal apa yang sudah kamu lakukan? Yuk, mulai biasakan membaca dari sekarang karena selain kamu dapat berinteraksi dengan sumber-sumber literasi, kamu juga bisa ikut merayakan International Literacy Day juga, loh!

Bagaimana caranya? Gampang banget!

Saat ini, EF tengah mengadakan EF International Literacy Day Competition? Nah, bagi kamu yang gemar menulis, cocok banget ikutan kompetisi ini karena ada banyak sekali hadiah yang sudah menantimu! Dari mulai grand prize bernilai puluhan juta rupiah, serta puluhan hadiah menarik lain!

Penasaran? Yuk, daftar sekarang juga!

Selamat merayakan hari literasi!

Ben Small Stars
Author
Ben