Menu
rasi bintang
Grammar and Vocabulary

Legenda Rasi Bintang di Langit Utara

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.12.11

Apakah kamu gemar melihat bintang di langit? Jika kita perhatikan, terdapat banyak sekali rasi bintang di langit yang indah dan bersejarah. Kira-kira apa saja ya nama-nama bintang itu?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Jika kita perhatikan dengan sesama, terdapat ribuan bintang yang indah dan jika dihubungkan akan membentuk suatu konfigurasi khusus yang sering disebut sebagai rasi bintang atau konstelasi.

Sayangnya, beberapa rasi bintang hanya dapat kita lihat di belahan bumi utara dan selatan. Jadi, melihat rasi bintang secara langsung dapat menjadi pengalaman yang paling legendaris dan memorable bagi para penikmatnya.   

Bagi kamu yang belum pernah melihat rasi bintang secara langsung, jangan khawatir! Artikel ini akan membahas tentang fakta di balik keindahan rasi bintang yang harus kamu tahu. Yuk, kita telusuri bersama!

1. Lyra

rasi bintang lyra

Pernahkah kamu mendengar suara musik kecapi? Kecapi adalah alat musik dawai yang menghasilkan suara merdu. Namun, apa hubungannya dengan konstelasi Lyra?

Asal mula penamaan konstelasi atau rasi bintang Lyra yaitu berasal dari kebudayaan mitologi Yunani yang artinya adalah ‘kecapi’. Berdasarkan hal tersebut tidak jarang kebanyakan orang lebih sering menyebut rasi bintang Lyra sebagai rasi bintang kecapi.

Sama seperti alunan musik kecapi yang indah dan merdu, rasi bintang Lyra ini juga memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Berbeda dengan rasi bintang lainnya, Lyra dapat dengan mudah ditemukan karena bintang ini tergabung dalam summer triangle yang dapat menunjukkan bahwa musim panas akan segera tiba.

Cara tepat melihat rasi bintang Lyra yaitu dengan melihat ke arah timur laut setelah matahari terbenam. Jika kamu menemukan gemerlap cahaya terang bintang yang berwarna biru dan putih maka kamu telah berhasil menemukan rasi bintang Lyra.

2. Ursa Major dan Ursa Minor

ursa major

Apakah kamu pernah mendengar istilah ‘bintang biduk’? Nah, nama bintang biduk ini merupakan salah satu rasi bintang yang sering dikenal sebagai Ursa Major dan Ursa Minor. Selain terkenal akan asterisme biduk, rasi bintang ini juga disebut sebagai rasi bintang beruang yang selalu dikaitkan dengan mitos di sebagian besar budaya dunia tertentu.

Mitologi yang berkaitan antara Ursa Major dan Ursa Minor yaitu sejarahnya yang berasal dari Yunani Kuno tentang mitos Callisto dan Arcas. Pada saat itu, Arcas merupakan anak dari Callisto dan Zeus. Ketika Hera yang merupakan istri Zeus mengetahui terdapat hubungan antara Callisto dan Zeus, Hera mengubah Callisto menjadi seekor beruang.

Setelah bertahun-tahun lamanya, Arcas tidak sengaja bertemu dengan Callisto dalam bentuk beruang dan hampir membunuh beruang tersebut. Pada akhirnya, Zeus pun mencegah niat Arcas dengan mengubahnya menjadi seekor beruang dan mengangkat mereka berdua ke langit sebagai Ursa Major (Callisto) dan Ursa Minor (Arcas).

3. Orion

orion

Berdasarkan mitologi Yunani, rasi bintang Orion dilambangkan sebagai pemburu yang handal dan memiliki kisah yang begitu menarik. Pada dasarnya, Orion merupakan rasi  bintang tertua yang paling terang dan memiliki tiga bintang paling terang sebagai sabuknya, yaitu Mintaka, Alnilam, dan Alnitak.

Bentuk rasi bintang Orion memang terlihat seperti seorang pria yang mengacungkan pedang dan perisai seperti pemburu. Akibat kesombongan Orion sebagai pemburu ini membuat semua makhluk murka dan mengutus kalajengking untuk membunuhnya.

Uniknya, mitos ini terhubung dengan kehadiran bintang Scorpio. Ketika Scorpio muncul maka rasi bintang Orion akan menghilang. Konon katanya, alasan Orion menghilang karena ia lari ketakutan oleh Scorpio yang kita tahu bahwa rasi bintang ini memiliki lambang seperti kalajengking.

4. Pegasus

pegasus

Siapa yang tidak tahu Pegasus? Rasi bintang ini kerap dibicarakan oleh sebagian orang karena merupakan rasi bintang terbesar di urutan ke-7.

Menurut sejarah mitologi Yunani, Pegasus melambangkan kuda putih bersayap yang muncul dari leher Medusa ketika Perseus memenggal kepalannya. Kisah ini bermula ketika Bellerophon, planet yang mengorbit bintang tersebut diutus oleh Raja Lobates dan Kerajaan Lycia untuk menghancurkan membunuh Chimaera.

Pada akhirnya, Bellerophon menjadi sombong dan pergi ke Olympus menunggangi Pegasus. Namun, kesombongannya itu membuat Zeus marah dan mengirim lalat sehingga Bellerophon terjatuh ke bumi dan hanya Pegasus saja yang berhasil sampai ke Olympus sehingga Zeus pun mengangkat Pegasus menjadi rasi bintang di langit.

5. Andromeda

andromeda

Andromeda merupakan galaksi besar yang berdekatan dengan Bimasakti dan paling mudah kita lihat dengan mata telanjang dari bumi di langit utara. Berbeda dengan Bimasakti, Andromeda memiliki sekitar satu triliun bintang yang terang, sehingga rasi bintang Andromeda ini juga sering disebut sebagai rumah bagi berbagai objek di langit.

Asal mula munculnya rasi bintang Andromeda yaitu berdasarkan dongeng Putri Andromeda yang merupakan pahlawan pada era Yunani Kuno.  

Berdasarkan fakta unik dan kisah menarik rasi bintang di atas, apakah kamu memiliki nama-nama bintang yang memiliki sejarah unik lainnya?

Mempelajari rasi bintang dan legendanya adalah hal yang menakjubkan. Namun kebanyakan referensi terkait sejarah Yunani Kuno tentang rasi bintang ini biasanya ditulis dalam bahasa Inggris.

Bagi kamu yang merasa masih butuh belajar cara mempelajari bahasa Inggris dengan baik dan benar, kini EF tengah membuka kelas demo GRATIS khusus untuk kamu!

Cara daftarnya juga sangat mudah, loh! Hanya dengan mengisi nomor kamu pada formulir yang tertera di halaman ini maka kamu sudah memiliki kesempatan terbaik untuk belajar bersama di EF.

Jadi, tunggu apalagi? DAFTAR SEKARANG juga!

Ben Small Stars
Author
Ben