Menu
pohon
Grammar and Vocabulary

Leaf dan Bagian-Bagian Pohon dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.16

Alam semesta ini penuh dengan keindahan, dan pohon adalah salah satu ciptaan alam yang mempesona. Tahukah kamu bahwa setiap pohon punya bagian-bagian yang unik dan menarik? Mari ikut Tom mempelajari lebih lanjut tentang daun, ranting dan bagian-bagian pohon lainnya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pohon adalah tanaman yang memiliki batang dan cabang, dan biasanya ukurannya tinggi besar. Pohon punya manfaat besar bagi kita dan lingkungan, lho EFriends. Mereka adalah bagian penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem bumi. Manfaat pertama, mereka menghasilkan oksigen yang kita hirup setiap hari. Pohon juga berguna untuk menyerap karbon dioksida, dan membantu mencegah perubahan iklim.

Selain itu, pohon menjadi tempat tinggal bagi banyak hewan dan serangga, serta mencegah tanah dari erosi dan longsor. Manfaat lainnya, beberapa jenis pohon memberikan kayu yang kita gunakan untuk bahan bangunan dan kertas. Mereka juga membantu menyaring polusi udara dan menciptakan tempat teduh yang nyaman untuk beristirahat. Oleh karena itu, menjaga pohon berarti kita juga menjaga kualitas hidup kita sendiri EFriends.

Bagian-Bagian Pohon

bagian-bagian pohon

Akar (Roots)

Pertama, akar adalah bagian pohon yang tersembunyi di dalam tanah. Mereka menyerap air dan nutrisi dari tanah untuk memberikan kekuatan pada pohon.

Batang (Trunk)

Kedua, batang merupakan bagian pohon yang tegak dan kuat. Ini adalah tulang punggung pohon yang mendukung cabang-cabangnya. Batang juga bertugas mengangkut air dan nutrisi dari akar ke daun.

Cabang (Branches)

Cabang-cabang pohon tumbuh dari batang. Mereka memberikan tempat bagi daun untuk tumbuh dan menciptakan bentuk yang indah.

Daun (Leaves)

Lalu, daun adalah bagian yang paling menarik perhatian kita. Daun adalah tempat pohon membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Daun juga menghasilkan oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernapas.

Ranting (Twig)

Kemudian, ranting adalah cabang yang lebih kecil di dalam pohon. Ranting memiliki peran penting dalam mendukung kehidupan pohon. Mereka membawa air dan nutrisi dari akar ke daun-daun, serta membantu menyebarkan makanan yang dihasilkan melalui fotosintesis ke seluruh pohon

Bunga (Flower)

Bunga merupakan salah satu bagian pohon yang paling cantik dan menarik perhatian. Mereka muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan aroma yang mengagumkan. Bunga memiliki peran khusus dalam proses reproduksi pohon. Beberapa bunga memiliki benang sari dan putik yang mengandung sel telur. Serbuk sari yang dihasilkan oleh bunga dapat dibawa oleh angin atau serangga untuk membuahi sel telur, sehingga muncul buah.

Buah (Fruit)

Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya, adalah buah. Buah, di sisi lain, adalah hasil dari proses pembuahan bunga dan mengandung biji-bijian untuk memulai siklus kehidupan pohon yang baru.

Idiom tentang Pohon

idiom tentang tumbuhan

Terdapat banyak idiom dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan pohon Berikut adalah beberapa idiom yang sering digunakan dalam bahasa Inggris beserta maknanya:

  • "The apple doesn't fall far from the tree."
    Maknanya : Anak-anak cenderung mirip dengan orang tua mereka, baik dari segi sifat maupun penampilan.

  • "Can't see the forest for the trees."
    Maknanya : Kesulitan melihat gambaran besar karena terlalu fokus pada detail kecil.

  • "Bark up the wrong tree."
    Maknanya : Mencari jawaban atau solusi di tempat yang salah atau kepada orang yang salah.

  • "Money doesn't grow on trees."
    Maknanya : Uang tidak mudah didapat dan harus dihargai.

  • "Turn over a new leaf."
    Maknanya : Memulai hidup baru atau membuat perubahan positif dalam perilaku atau kebiasaan.

  • "A family tree."
    Maknanya : Garis keturunan atau silsilah keluarga.

Sebagai bagian dari alam, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga pohon dan lingkungan. Jadi, mari kita jaga dan hargai keindahan pohon serta seluruh ekosistemnya. Dengan begitu, kita ikut serta dalam melestarikan kehidupan di Bumi untuk generasi mendatang. Ayo kita jadi pahlawan alam!

Di EF, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, lho! Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan di dalam dan di luar kelas bikin pelajaran bahasa Inggris jadi makin asyik. EF punya banyak cara yang membuat kegiatan belajar jadi super seru!

Sudah siap untuk fasih berbahasa Inggris? Ikut kelas EF gratis, yuk! Di kelas ini, kamu akan mendapat pengalaman belajar yang tidak terlupakan!

Tom tunggu di kelas ya!