Menu
modals
Grammar and Vocabulary

Latihan Soal Modals beserta Jawabannya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.06

Hi! Tak terasa sudah hari senin bukan? Saatnya kamu kembali bersemangat ke sekolah dan menuntut ilmu. Nah, bicara mengenai ilmu, bagaimana nih perkembangan bahasa Inggrismu? Apa kamu sering mengerjakan soal latihan?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Di hari senin ini, Tom mau ajak kamu untuk lebih rajin lagi berlatih bahasa Inggris. Latihan kali ini akan membahas mengenai modals. Masih ingat apa itu modals? Yup, modals berfungsi untuk mengekspresikan kemauan (willingness), kemampuan (ability), kebutuhan (necessary), dan kemungkinan (possibility).

Dalam latihan soal ini, kamu akan fokus pada modals yang mengekspresikan kemampuan dan kemungkinan. Kamu harus memilih jawaban yang benar dari dua pilihan yang tersedia. Yuk, kerjakan soal di bawah ini!

Latihan Soal Modals

1. She’s a concert violinist and she can/manages to play all of Mozart’s sonatas.

2. He didn’t get good enough grades to go to his first choice of university, but he could/was able to get a place at another one.

3. Next year he can/will be able to join the club, but he’s not old enough yet.

4. They worked all night and could/managed to finish the report just in time.

5. He must/might be Canadian. He has a Canadian passport.

6. I may/must come to the lecture this afternoon. It depends if I finish my essay before then.

Jawaban yang benar adalah

1. Can (Can adalah bentuk modals yang mengekspresikan kemampuan. Dalam soal tersebut, Ia bisa atau mampu bermain biola)

2. Was able to (Was able to digunakan untuk hal spesifik yang dilakukan di masa lampau. Sedangkan could untuk menggambarkan hal umum)

3. Will be able to (Sama seperti was able to, bedanya ini will be able to. Karena terdapat keterangan “next year”, pasti kita menggunakan future tense)

4. Managed to (Managed to adalah modals yang digunakan ketika suatu hal sulit dicapai. Pada soal di atas, mereka bekerja setiap malam dan sulit menyelesaikan laporan tepat waktu)

5. Must (Must digunakan saat sesuatu sedang terjadi. Saat ia melihat passport orang Kanada tersebut, ia langsung refleks mengatakan pasti orang itu orang Kanada)

6. May (May adalah modals yang digunakan saat sesuatu mungkin terjadi, namun belum pasti akan terjadi)


Bagaimana? Sudah bisa menjawabnya? Hayo, berapa yang benar? Kalau benar semua, kamu keren! Kalau belum, jangan khawatir. Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu di EF Kids & Teens. Semangat terus ya. Kamu pasti bisa!

Jangankan soal latihan modals, kamu juga bisa jago di materi lainnya loh. Dengan guru yang berpengalaman dan materi yang menyenangkan, kamu bisa coba Kelas EF! Gratis! Caranya hanya tinggal mengisi no hpmu di kolom yang terdapat pada halaman ini.

Mudah bukan? Yuk, daftarkan dirimu segera! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 06-02-2023